Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Rumah dengan kolam ikan tentu akan memberikan sentuhan yang menarik untuk dinikmati pemilik rumahnya. Untuk itu tidak ada salahnya dalam mencari tahu mengenai cara membuat kolam ikan yang tepat. Pembuatan kolam ikan dengan perancangan yang tepat dan pemikiran yang inovatif akan membuat tampilan kolamnya menjadi sangat menarik.

Nyatanya dalam membangun kolam ikan ini juga membutuhkan beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk hasil yang maksimal.

 

Cara membuat kolam ikan minimalis sederhana

1. Perhitungkan isian kolam

Isian kolam dengan ikan-ikan kecil tentu sangat cocok untuk kolam ikan yang minimalis. Namun ada juga seseorang dengan keinginan desain kolam ikan lain yakni yang mampu menampung ikan dengan ukuran yang besar. Untuk pemilik yang masih awam dalam pembangunan kolam ikan disarankan untuk memelihara ikan dengan ukuran kecil ke sedang saja.

Selain hanya membutuhkan kolam dengan ukuran yang kecil sehingga tidak begitu merepotkan untuk membersihkannya. Beberapa isian ikan yang direkomendasikan berupa Koi, ikan mas, ikan mungil dan juga ikan kecil. Perawatan dari ikan yang satu ini cukup mudah hanya perlu mengganti airnya secara berkala.

Hal ini juga penting untuk dipertimbangkan dimana perawatan yang mudah dijangkau juga akan membuat Anda tidak mudah bosan dengan kolam ikannya. Kemudian perhatikan juga mengenai ornamen sebagai hiasan di dalam kolamnya. Jangan terlalu banyak meletakkan ornamen yang tidak begitu penting karena kolam ikan yang terlalu penuh menghalangi gerak ikannya.

Ornamen ini bisa saja diletakkan dipinggir luar kolam ikan ataupun di dalamnya. Asalkan proporsionalnya benar-benar dijaga. Hal ini akan membantu Anda untuk menerapkan cara membuat kolam ikan minimalis.

 

Baca Juga : Menghitung Estimasi Renovasi Rumah Minimalis 2 Lantai

 

2. Material pembangunan kolam

Hal kedua yang juga tidak boleh luput dari pertimbangan adalah mengenai material yang digunakan untuk membangun kolam ikannya. Material ini juga menyangkut ketersediaan budget yang dimiliki oleh Anda. Jadi jangan terlalu fokus dengan material unik dan mahal namun tidak terjangkau oleh kemampuan budget yang dimiliki.

Dalam pembelian material ini yang diutamakan adalah tingkat kekukuhan yang diberikan dari masing-masing pembentuk kolamnya. Kolam yang kokoh akan meminimalisir kebocoran yang terjadi dan juga keselamatan dari ikan yang ada di dalamnya. Jadi utamakan dahulu kualitas baru segi keindahannya.

Beberapa kolam yang tahan lama justru terbuat dari material sederhana tanpa dekorasi yang berlebihan namun sesuai dengan tingkat ketahanannya. Perhatikan juga umur perkiraan dari kolam ikan yang telah dibuat. Jangan sampai terlena di awal namun akhirnya menimbulkan kerugian dan perawatan yang susah di akhir.

Jika dirasa kolam yang dibuat terlalu sederhana namun budget yang dimiliki masih ada sisa gunakan budget tersebut untuk membeli dekorasi yang simpel. Dekorasi ini bebas bisa dimasukkan ke dalam kolam atau cukup diletakkan dipinggir kolam saja.

3. Ukuran dari kolam

Cara membuat kolam ikan minimalis modern berikutnya adalah dengan memperhatikan ukuran kolam ikan yang digunakan. Untuk ukuran kolam ikan yang direkomendasikan haruslah minimalis dan tidak memakan tempat terlebih untuk rumah dengan lahan yang sempit. Ukuran yang bisa digunakan adalah 2,5 meter untuk ukuran kolam yang minimalis.

Ukuran yang satu ini bukan hanya berbentuk kotak persegi panjang biasa namun Anda bebas berkreasi dengan batas yang satu ini. Bisa juga dengan mengubah bentuk kolam menjadi bulat dengan penambahan bulatan kolam yang berguna untuk kolam air mancur. Kemudian sisa lahannya bisa diakali dengan penempatan batu alam.

Penempatan dari kolam ini juga menjadi pendukung keindahan yang diberikan. Letakkan pada lokasi yang strategis dan mudah terlihat dari sudut mana pun agar membuat ketertarikan untuk melihat kolam ikannya.

4. Desain kolam yang mendukung

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah dengan memakai desain kolam yang kekinian. Ada banyak desain yang ada di internet maupun majalah dengan pemberian keindahan yang menonjol. Anda bebas memilih desain kolam ikan yang mana saja sesuai dengan kebutuhan dan tema rumah yang diinginkan.

Tips membuat kolam ikan yang menarik

Ingin mendapatkan desain yang lebih tegas? Jangan khawatir untuk mendapatkannya bisa dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Perhatikan ornamen yang digunakan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah lebih memperhatikan pada jenis ornamen dan jumlah yang digunakan di dalam kolam maupun sekitarnya. Utamakan hiasan yang digunakan ini haruslah memiliki fungsi yang berguna bagi kolamnya. Seperti contohnya adalah penggunaan lampu hias yang mampu menerangi kolam pada malam hari.

Selain mampu menerangi keberadaan lampu ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan keestetikaan kolam ikan yang ada. Dengan begitu Anda bisa lebih betah menghabiskan waktu dekat kolam ikan atau tempat ini bisa digunakan sekaligus sebagai taman bersantai dengan tanaman yang menawan di sekitarnya.

  • Gunakan filter air

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk mempermudah perawatan pada kolam ikan ini adalah dengan menggunakan filter air pada kolam ikannya. Filter ini bisa dipasang menggunakan pompa mekanik agar lebih praktis dan otomatis dalam cara kerjanya. Filter ini memiliki fungsi untuk membuat air tetap jernih dan pasokan oksigen tetap terjaga di dalam airnya.

Filter ini memiliki ukuran yang beraneka ragam dan harus disesuaikan dengan ukuran kolam yang menggunakannya. Semakin besar kolam yang digunakan juga harus diimbangi dengan penggunaan filter yang besar juga.

  • Saluran kolam ikan yang tepat

Cara membuat kolam ikan minimalis lahan sempit berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai saluran kolam ikan yang dibuat tepat. Penggunaan pipa yang ada harus dihubungkan dengan keran pengisi air atau pompa listriknya. Hal ini mampu menunjang pergantian air yang bisa dilakukan secara berkala.

Saluran ikan yang dibuat cukup lengkap dan praktis bisa digunakan untuk mempersingkat kerja dari pemilik kolamnya. Tidak perlu melakukan penggantian air secara manual dan juga bisa dilakukan pada saat tertentu saja.

  • Gunakan keramik yang tepat

Pemilihan keramik nyatanya juga mempengaruhi bagus tidaknya kolam yang dibuat salah satu keramik yang bisa digunakan adalah bentuk mozaik. Sebagai dasar kolam keramik ini memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Bisa dipadukan dengan warna cat dinding dengan warna putih.

  • Besar galian

Galian ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ukuran kolam yang menggunakannya. Buatlah galian sesuai dengan ukuran kolam yang dikehendaki karena hal ini juga mempengaruhi kebutuhan atas material sebagai pembangunnya. Lapisi galian menggunakan material yang telah dibeli untuk membuat dindingnya lebih aman dan tahan dari kebocoran.

  • Jangan lupa untuk menyiapkan material yang dibutuhkan

Jangan lupa untuk selalu mendekatkan material yang dibutuhkan selama proses pembuatan kolam ikan ini. Hal ini akan membantu mempersingkat dan mempercepat proses pengerjaan kolam ikan sesuai dengan impian Anda.

Itulah beberapa cara membuat kolam ikan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kolam ikan minimalis dan sesuai dengan konsep rumahnya. Jika Anda tidak bisa membuat sendiri maka Anda bisa menyewa jasa desain interior Bintoro Build untuk membuatkan kolam ikan!

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini