cara pasang keramik 60x60

Cara Pasang Keramik 60×60 Sendiri Agar Letaknya Pas dan Rapi

Saat ini pemasangan keramik bisa Anda lakukan sendiri dengan mengetahui ukuran dan cara pasang keramik 60×60 yang tepat. Tentunya dengan melakukannya sendiri berarti Anda juga wajib tahu mengenai hal-hal penting mengenai urutan kerja yang tidak boleh tertukar. Pemilihan jenis keramik dan jumlah juga harus diperhatikan agar tidak ribet saat mulai pemasangan.

Dalam pemasangan keramik mandiri Anda wajib mengukur menggunakan meteran dengan perhitungan berulang untuk memastikan ukuran tepat dengan aslinya.

cara pasang keramik 60x60

Cara pasang keramik 60×60 sendiri di rumah

 

1. Persiapan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memulai persiapan. Dalam proses ini yang semua bahan dan alat harus sudah siap seperti halnya keramik yang akan dipasang. Anda bisa membeli keramik pada toko online maupun offline yang terpenting sesuaikan dengan kebutuhannya.

Ada dua jenis keramik secara umum yakni untuk pemasangan dinding dan juga lantai. Keramik ini sangat krusial karena biasanya untuk keperluan lantai tidak memiliki tekstur licin yang membahayakan. Setelah selesai dengan fungsi keramik Anda bisa lanjut untuk memilih motif dan warnanya.

Anda juga harus tahu ukuran keramik yang akan dipakai dan juga banyaknya keramik yang harus ada. Umumnya seseorang harus membeli keramik dengan jumlah yang lebih banyak dari jumlah kebutuhan aslinya untuk jaga-jaga jika ada yang rusak. Anda bisa melebihi pembelian keramik sebanyak 10-15 keping.

2. Lakukan pengukuran

Cara pasang keramik 60×60 dengan mudah adalah pengukuran. Dalam hal ini Anda memerlukan meteran, pensil dan juga benang untuk memberikan tanda. Lakukan dengan menarik meteran mulai dari dinding pojok ke dinding lainnya. Lakukan juga untuk keperluan penghitungan atas dan bawah dari dinding.

Jangan lupa selalu memberikan tanda dari setiap pengukuran yang sudah ada agar tidak lupa. Tarik lagi untuk mendapatkan satu titik utama dalam luas ruangan yang sudah terukur tersebut. Lanjut dengan menempelkan benar mengikuti meteran dan potong sesuai berhentinya meteran.

Pastikan pemasangan benang tidak melenceng dan harus lurus karena akan berpengaruh penting pada saat pemasangan keramik nantinya. Saat ini area yang ada sudah terbagi menjadi empat bagian besar tentunya dengan ukuran yang sama.

 

Baca Juga : Cara Menentukan Titik Awal Pasang Keramik Lantai Agar Pas

 

3. Percobaan

Setelah selesai dengan proses pengukuran lantai maka langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan pemasangan keramik tanpa semen untuk percobaan. Keramik yang belum ada semennya masih bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan mengenai peletakannya.

Percobaan ini juga berguna untuk mengetahui kekurangan jumlah keramik dan juga hasil akhir ketika keseluruhan keramik sudah terpasang. Anda masih bisa mengganti desain letak keramiknya sebelum diberikan semen. Terlebih jika keramik yang akan dipasang memiliki rangkaian motif tertentu.

Bagi pemasang pemula tentu masih memerlukan banyak kehati-hatian, perlu Anda tahu bahwa keramik yang sudah tertata rapi tersebut harus kembali dibereskan untuk proses perendaman. Sehingga Anda perlu mengabadikan hasil penataan keramik yang sudah ada dalam bentuk foto sebagai acuan.

4. Lakukan perendaman keramik

Setelah mendapatkan rangkaian pemasangan keramik yang sesuai Anda bisa mengambil semua keramik yang ada dan melakukan perendaman. Perendaman pada keramik ini memiliki fungsi yang krusial untuk keawetannya. Keramik yang sudah terendam air akan memiliki pori-pori yang besar sehingga menyerap air dengan baik.

Keramik ini juga memiliki struktur bahan yang lebih elastis sehingga tidak mudah pecah ketika proses pemasangan terjadi. Bahkan ketika sudah diberikan lem, keramiknya tidak mudah terlepas dan terkunci dengan baik. Perendaman ini juga tidak perlu waktu yang lama hanya sekitar beberapa menit saja.

Lakukan perendaman dengan menumpuk keramik dengan hati-hati untuk menghindari adanya benturan atau gesekan yang akan merusak keramik. Lanjut dengan mengangkat keramik satu persatu untuk dikeringkan menggunakan lap agar tidak licin saat proses pemasangannya.

5. Mulai pemasangan

Cara pasang keramik 60×60 untuk pemula kelima adalah memulai pemasangan. Buatlah adonan semen dan air untuk lem keramik. Jangan lupa gunakan selalu sarung tangan dan alat pendukung lain untuk membuat prosesnya semakin lancar. Mulailah dari satu area baris terlebih dahulu barulah lanjut dengan area berikutnya.

Tempelkan keramik dengan hati-hati, lanjut untuk memberikan tekanan cukup menggunakan papan. Cara ini bertujuan untuk membuat permukaan keramik menjadi rata. Anda harus memperhatikan setiap ketinggian dari keramik jangan sampai ada yang berbeda.

Setelah berhasil pada satu baris maka lanjutkan untuk memasang pada baris berikutnya. Pastikan semua keramik sudah terpasang dengan sempurna. Pada tahap ini yang lebih penting adalah menentukan titik awal dari pemasangan keramik karena titik ini menentukan keberhasilan dan kelurusan keramik berikutnya.

6. Berikan nat

Nat keramik ini bisa berguna untuk mengisi sela-sela jarak yang sengaja ada pada setiap keramiknya. Gunakan alat pembantu untuk meratakan nat agar tidak tercecer. Pemasangan nat ini berguna untuk membuat penguapan air menjadi lebih baik dan juga keramik bisa lebih cepat kering.

Diamkan sampai dengan 15 menit sampai natnya kering. Lanjut dengan membersihkan sisa nat menggunakan bantuan spons. Namun jangan sampai air dari spons ini menetesi nat karena akan merusaknya. Banyak yang tidak sabar dalam memasang nat akibatnya nat masih berongga dan membuat keramik kurang melekat dengan baik.

Tips mengetahui kebutuhan keramik untuk ruangan

 

Untuk pemasangan keramik pemula tentunya Anda masih kebingungan dalam menentukan kebutuhan keramik ketika membeli. Ada beberapa tips untuk mengetahui jumlah ubin yang Anda butuhkan seperti di bawah ini:

• Perhatikan jenis produknya

Biasanya ubin atau keramik akan dijual berdasarkan dus dan berbeda jenis ubin tentu memiliki jumlah keping yang berbeda juga dalam satu dusnya. Jadi jangan lupa untuk membaca informasi mengenai banyaknya ubin dalam satu dus berdasarkan ukuran keramik yang digunakan.

• Hitunglah luas lantai

Anda wajib juga melakukan perhitungan mengenai lantai yang akan diberikan keramik terlebih dahulu. Dengan memperkirakan ukuran lantai dengan ukuran keramik yang dipilih tentu akan mempermudah Anda untuk mendapatkan jumlah keramik yang harus dibeli.

• Perhitungkan volume

Selain ukuran luas asli dari lantai Anda juga wajib memperhatikan mengenai volume lain yang mempengaruhi seperti adanya pemasangan plin atau pembatas dari setiap keramiknya. Biasanya pemasangan skirting ini untuk keperluan batas dari keramik dinding dan lantai.

• Antisipasi

Cara pasang keramik 60×60 dari awal ini juga penting dalam melakukan pembelian keramik dalam jumlah yang lebih banyak dari keperluan aslinya. Antisipasi kebutuhan keramik yang harus dipotong sesuai kebutuhan sudut ruangan dan juga jika ada keramik yang rusak nantinya.

• Berikan volume cadangan

Anda juga wajib memperkirakan mengenai kebutuhan volume cadangan untuk keramik jika sewaktu-waktu persediaan sudah tidak ada. Anda wajib mencari kode keramik dengan motif yang sama agar tidak aneh ketika berada dalam satu lantai.

Itulah beberapa hal mengenai cara pasang keramik 60×60 sendiri agar letaknya pas ala Bintoro Build. Jika Anda tetap kesusahan dalam memasang lantai keramik, maka silahkan sewa jasa kontraktor interior yang bagus.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini