cara pasang keramik dinding

5 Cara Pasang Keramik Dinding dan Pemilihan Keramik Terbaik

Selain pemasangan keramik untuk lantai Anda juga wajib mengetahui cara pasang keramik dinding secara mandiri agar lebih praktis. Dalam pemasangan keramik ini juga memerlukan beberapa langkah yang tepat agar keramik dindingnya bisa terpasang lebih rapi dan estetik. Anda juga wajib memadukannya dengan pemilihan warna untuk keramik lantainya.

Saat ini sudah banyak jenis dan tipe keramik yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, namun jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tema ruangan tersebut.

cara pasang keramik dinding

Cara pasang keramik dinding untuk pemula

 

1. Gunakan perbandingan yang tepat

cara pasang keramik dinding

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan perbandingan yang tepat dalam setiap hal sebelum pemasangannya. Perbandingan yang paling krusial adalah mengenai campuran untuk perekat keramik yang akan digunakan. Biasanya untuk kebutuhan perekat ini bahannya berupa semen, beton dan pasir.

Umumnya untuk pembuatan perekat keramik Anda bisa menggunakan perbandingan 15:1:1 dengan artian 15 untuk semen, 1:1 untuk keperluan pasir dan betonnya. Jadi bahan yang paling banyak ada dalam campurannya adalah semen. Jangan lupa untuk menambahkan air agar adonannya bisa merata sempurna sebagai bahan pasta perekat.

Perbandingan yang kurang sesuai akan membuat keramik susah merekat pada dinding, terlebih pada dinding memiliki kemiringan yang sangat sulit. Jadi kemungkinan keramik terlepas lebih besar dari pada pemasangan untuk lantai.

2. Rendamlah keramik

cara pasang keramik dinding

Sebelum melakukan proses perendaman Anda bisa memulai dengan penyortiran mengenai keramik yang telah dibeli untuk memilih bentuk yang utuh dan sempurna. Keramik yang retak atau geripis tentu harus disisihkan karena kurang berfungsi dengan maksimal ketika dipasang. Kecuali jika sudah mengalami proses pemotongan terlebih dahulu.

Cara pasang keramik dinding yang benar berikutnya adalah melakukan perendaman pada keramik. Sama halnya dengan pemasangan keramik untuk lantai Anda juga wajib melakukan perendaman untuk keramiknya terlebih dahulu. Perendaman keramik ini tidak membutuhkan waktu yang lama yakni sekitar setengah jaman saja.

Keramik yang sudah mengalami proses perendaman ini memiliki kelebihan seperti penyerapan air yang lebih baik dan juga pori-pori keramik yang lebih terbuka. Hal ini akan membuat keramik bisa menempel cepat dan kering maksimal. Keramik yang sudah direndam ini juga tidak mudah pecah ketika melalui proses pemasangan nantinya.

 

Baca Juga : Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah di Aci Paling Mudah

 

3. Ukur dinding

cara pasang keramik dinding

Langkah berikutnya adalah Anda bisa mengukur area dinding yang akan dipasang keramik tersebut. Dalam proses pengukuran ini tentu Anda membutuhkan beberapa perlengkapan seperti beton, paki, meteran dan juga benang untuk mempermudah proses kinerjanya.

Kemudian ambil ukuran dinding menggunakan meteran dan berikan tanda untuk mempermudah kinerja selanjutnya. Dalam proses pemasangannya, untuk keramik dinding bisa dimulai dari yang paling tengah terlebih dahulu. Barulah Anda bisa membaginya menjadi dua area besar dengan membentanginya menggunakan benang.

Benang ini berfungsi untuk membuat jalur pemasangan menjadi lebih praktis tentunya harus ada jarak dari 1 cm sampai 1,5 cm untuk ukuran yang lebih luas. Anda bisa menyesuaikannya dengan ketinggian dari lapisan dinding atau perekat untuk keramik dindingnya.

4. Tempel keramik

cara pasang keramik dinding

Keramik yang sudah Anda rendam jangan lupa untuk melalui proses penirisan terlebih dahulu. Keramik yang baru terkena air akan lebih licin sehingga perlu pengeringan agar lebih kesat ketika dipegang. Barulah Anda bisa memulai pemasangan keramik untuk dinding dari bagian yang paling bawah agar lebih mudah.

Awali dengan mengoleskan perekat yang telah dibuat sebelumnya pada dinding dan jangan lupa untuk meratakannya sampai kalis. Barulah letakkan keramiknya dengan gerakan menekan agar keramik kuat tertahan pada dindingnya. Lakukan gerakan mengetok menggunakan benda tumpul untuk mengetahui tingkat kerataan dari keramiknya.

5. Finishing

cara pasang keramik dinding

Cara pasang keramik dinding dengan mudah kelima adalah melalui finishing. Dalam proses ini yang perlu Anda lakukan adalah menyelesaikan semua proses pemasangan dari bawah sampai yang paling atas. Lanjut dengan memasukkan nat sampai semuanya terisi dengan sempurna.

Pemasangan nat ini juga memerlukan waktu tertentu untuk menunggunya sampai benar-benar kering dan menempel dengan sempurna. Lanjut dengan membersihkan sisa nat yang ada pada sekitar keramik untuk membuatnya lebih rapi dan menarik ketika dilihat.

Tips memilih keramik yang benar untuk dinding

Dalam memilih sebuah keramik Anda ternyata juga harus memperhatikan beberapa hal krusial seperti di bawah ini:

• Harga keramik

Harga memang menentukan kualitas dari sebuah keramik yang akan dibeli namun Anda juga harus menyesuaikannya dengan kemampuan budget untuk membelinya. Rancang dengan baik harga persatuan dari keramik dan bandingkan dengan budget tersedia serta kebutuhan keping dari keramiknya.

Dengan begitu Anda akan tahu cukup tidaknya dana yang dimiliki untuk membeli keramik tersebut. Jangan lupa untuk selalu melebihkan pembelian keramik dari jumlah kebutuhan aslinya. Hal ini berguna sebagai antisipasi jika ada kerusakan pada keramik baik dalam perjalanan ataupun saat eksekusi.

• Tata sesuai ukuran ruangan

Anda bebas saja untuk memilih keramik dengan ukuran yang besar maupun kecil sesuai dengan kebutuhan. Namun secara umum untuk keramik berukuran kecil biasanya berfungsi untuk mempercantik dinding kamar mandi dengan motif yang lebih bercorak segar.

Sementara untuk keramik berukuran besar banyak terdapat pada ruangan yang lebih memerlukan ukuran luas seperti ruang tamu, kamar tidur dan juga ruang keluarga. Luas dan sempitnya ruangan ternyata juga mempengaruhi kebutuhan keramik yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk membuat perbandingannya agar tidak timpang.

• Warna keramik

Cara pasang keramik dinding untuk pemula ketiga adalah mengenai pemilihan warna yang sesuai. Pemilihan warna ini juga mempengaruhi keindahan dalam suatu ruangan dan juga harus sesuai dengan fungsinya. Seperti contohnya ruangan dapur harus menggunakan warna gelap untuk menyamarkan noda akibat memasak di dapur.

Sementara untuk kamar mandi harus yang bercorak cerah untuk membuatnya lebih berwarna dan tidak mudah mengalami kelembaban. Namun selebihnya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan juga kesesuaiannya dengan tema ruangan tersebut.

• Pemilihan motif

Selain pemilihan warna yang pas jangan lupa untuk memilih motif yang sesuai juga. Sebenarnya untuk kedua hal ini Anda harus menyesuaikannya dengan pas agar tidak timpang. Secara umum untuk kebutuhan dinding memang fokus terhadap motif dan juga pemilihan warna yang menarik.

Saat ini banyak juga terdapat keramik dinding dengan model puzzle yakni ketika sudah selesai terpasang semua akan membentuk sebuah gambar yang mengesankan untuk dinikmati. Keramik ini tidak hanya memiliki motif yang mengesankan namun juga ada tekstur timbul sehingga membuat keramiknya terlihat seperti gambar yang nyata.

• Material keramik

Hal terakhir yang tidak boleh Anda lupakan juga adalah mengenai pemilihan material keramik yang sesuai. Pemilihan material keramik ini harus sesuai dengan fungsi ruangannya. Seperti contohnya kamar mandi harus yang mampu bertahan pada ruangan lembap dan juga dapur yang bisa tahan panas. Begitu pun dengan ruangan lainnya.

Itulah beberapa hal mengenai cara pasang keramik dinding dan tips pemilihan keramik yang tepat. Jika bingung cara pasangnya sendiri, maka coba minta bantuan dari jasa kontraktor Bintoro Build.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini