kolam renang buatan sendiri

Cara Buat Kolam Renang Buatan Sendiri Agar Hemat Anggaran

Memiliki kolam renang terkadang memang menjadi hal yang menyenangkan. Terutama untuk Anda yang memang suka untuk berenang. Kolam renang buatan sendiri terkadang akan lebih menyenangkan karena Anda bisa membuat bentuk kolam renang tersebut sendiri sesuai dengan keinginan.

Selain itu membuat kolam renang sendiri juga bagus untuk menambah skill Anda. berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin membuat kolam renang sendiri.

 

Cara buat kolam renang buatan sendiri agar hemat anggaran

 

1. Menggali lubang

kolam renang buatan sendiri

Pertama yang perlu Anda lakukan sudah pasti adalah menggali lubang untuk digunakan menjadi kolam renang. Namun jika Anda melalukannya sendiri dan manual, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk itu lebih baik Anda menggunakan bantuan dari jasa profesional untuk membuat lubang dengan mesin. Sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan lebih presisi karena dilakukan menggunakan mesin. Jika menggunakan mesin, maka waktu yang dibutuhkan untuk menggali lubangnya bisa sekitar 1 sampai 2 hari saja sudah cukup.

2. Memperkuat fondasi

kolam renang buatan sendiri

Walaupun kolam renang bukanlah seperti rumah, namun kolam renang tetap harus memiliki fondasi yang kuat dari guncangan gempa bumi. Anda bisa menggunakan plat baja untuk membantu membuat kerangka dinding dan juga pada bagian lantainya. Anda bisa meminta bantuan teman juga untuk melakukannya karena pekerjaan dengan baja yang cukup berat juga bisa membahayakan Anda.

 

Baca Juga : 10 Model Plafon PVC yang Mudah Dipasang dan Tampilannya Bagus

 

3. Lantai kolam

kolam renang buatan sendiri

Tahapan yang selanjutnya adalah membuat lantai kolam. Jika baja tersebut sudah dipasang maka selanjurnya Anda bisa menggunakan beton untuk membuat bagian dasar dari kolam tersebut. Cari tahu seberapa banyak adukan semen yang dibutuhkan untuk kolam dengan ukuran yang sudah Anda buat tersebut.

4. Membuat penutup dinding

kolam renang buatan sendiri

Jika lantai yang Anda buat menggunakan beton tersebut sudah solid atau sudah mengeras, maka selanjutnya Anda bisa membuat bagian dindingnya. Bagian dinding bisa Anda gunakan dari bahan beton. Pastikan juga agar dinding tersebut memiliki lapisan sehingga lebih kuat dan juga tidak mudah runtuh.

5. Menuangkan beton

Ketika Anda hendak membangun atau membentuk dindingnya, tuangkan beberapa lapis beton hingga dinding tersebut terasa lebih kuat dan lebih solid. Gunakan juga vibrator semen untuk membantu menghilangkan udara yang biasanya menempel pada bagian di antara lapisan beton.

6. Sistem tahan air

Cara membuat kolam renang sendiri selanjutnya adalah dengan membuat beberapa lapisan yang tahan air pada bagian dalam lantai dan juga dindingnya. Untuk pekerjaan yang satu ini bisa Anda lakukan sendirian, hanya saja pastikan juga Anda sudah menggunakan produk yang benar dan sesuai.

7. Keramik kolam renang

Kolam renang pastinya akan dipasang keramik agar lebih menarik dan juga bisa lebih bagus. Selain itu juga akan lebih aman jika digunakan. Untuk itu Anda bisa memilih beberapa jenis keramik yang mungkin bagus dan cocok untuk digunakan pada kolam renang Anda.

Biasanya kolam renang akan menggunakan dua jenis keramik dengan warna yang berbeda. seperti warna biru untuk bagian dasar atau lantainya dan warna yang lain untuk bagian dinding atau tepiannya. Tujuannya untuk membedakan antara dinding dengan lantai sehingga orang lain yang sedang berenang juga tidak akan mudah tenggelam.

8. Kolam renang dengan ukuran kecil

Membuat kolam renang tidak harus selalu harus dengan lahan yang luas. Anda juga bisa memanfaatkan sisa lahan di rumah yang kecil untuk membuat kolam renang. Ada juga kolam renang yang bisa dibangun berbagi dengan fondasi rumah.

Kolam renang tersebut hanya dibatasi dengan pohon-pohon pada sekelilingnya. Bahkan kolam renang yang kecil banyak dibuat hanya untuk bermain-main air saja. Jadi tidak seterusnya digunakan untuk berenang. Anda juga bisa menambahkan shower pada bagian salah satu sisi dinding untuk tempat membasuh badan.

Tips merawat kolam renang agar terus bersih

Jika Anda sudah mengetahui tips membuat kolam renang buatan sendiri, maka selanjutnya juga penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara untuk merawat kebersihan dari kolam renang tersebut. kebersihan dari kolam renang tersebut memang sangatlah penting agar ketika Ana berenang juga bisa menggunakan kolam renang yang sehat dan tetap bersih.

Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kolam renang agar bisa tetap bersih:

1. Menyikat kerak yang ada pada kolam renang

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyikat kerak-kerak yang ada pada kolam renang tersebut. biasanya pada bagian dinding atau lantai kolam renang, akan ada lumut yang tumbuh. Lumut tersebut jika dibiarkan dalam waktu yang lama bisa saja menyebabkan kerak sehingga nantinya juga akan lebih sulit untuk Anda bersihkan.

Untuk itu sangat penting jika Anda melakukan penyikatan dengan merata agar kolam renang bisa tetap bersih. Lumut yang sudah terlalu banyak bisa membuat bagian dasar lantai kolam renang menjadi lebih licin sehingga bisa berbahaya untuk digunakan berenang.

2. Mencegah pertumbuhan lumut

Selain membersihkan kolam dengan rutin, perawatan kolam renang buatan sendiri juga bisa Anda lakukan dengan cara menanam pepohonan di sekitar kolam renang. Pohon-pohon tersebut akan membantu untuk menghindari atau meminimalisir agar alga bisa tumbuh dengan lebih lambat karena kurangnya pasokan sinar matahari.

Selain itu penggunaan pohon-pohon dipinggir kolam juga akan membantu menambah suasana kolam yang lebih asri.

3. Menggunakan filter air

Bagus tidaknya kualitas dari air yang digunakan pada kolam renang bisa ditentukan dari penggunaan filter air atau alat penyaring. Jika semakin baik kapasitas filter airnya untuk bekerja, maka juga akan semakin bagus kualitas air yang dihasilkan juga akan lebih baik.

Adanya filter tersebut bisa membantu agar air bisa lebih berkualitas. Jika Anda menggunakan filter tersebut maka, juga bisa membantu agar air kolam renang Anda bisa lebih bersih dari kotoran yang mungkin terbawa air.

4. Selalu menjaga kejernihan air

Untuk merawat kolam renang yang terakhir adalah dengan selalu menjaga kejernihan dari air kolam renang tersebut. air kolam renang yang tidak dijaga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal atau alergi yang lainnya, terutama untuk kulit karena air tersebut sudah kotor dan tercemar dengan berbagai macam bakteri.

Untuk itu merawat kolam renang memang sangat diperlukan. Membersihkan kolam renang sebaiknya bisa dilakukan setidaknya 2 minggu sampai satu bulan sekali. Selain itu Anda juga bisa menggunakan bantuan obat seperti:

    • Kaporit: untuk membantu menjaga konsentrasi klorin
    • HCL: menjaga keseimbangan pH air kolam renang.
    • Tawas: membantu untuk menjernihkan kolam
    • Anda juga bisa menggunakan soda dengan tawas untuk membantu menjernihkan air kolam renang

 

Beberapa jenis obat-obatan tersebut tidak harus Anda lakukan setiap hari. Anda bisa menggunakannya beberapa bulan sekali atau setidaknya satu bulan sekali untuk menjaga kebersihan air kolam.

Demikian adalah artikel mengenai cara membuat kolam renang buatan sendiri. Tapi kalau Anda bingung atau tidak punya keahlian membuat kolam renang, bisa sewa jasa kontraktor Bintoro Build.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini