biaya bangun rumah sendiri

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

Ingin membangun rumah sendiri? Jangan lupa pengguna juga harus menghitung biaya bangun rumah sendiri. Dengan mengetahui perhitungan yang tepat, tentunya membantu pengguna untuk menyiapkan berapa banyak dana yang dibutuhkan dalam pembangunan. Perhitungan yang tepat juga membuat rumah cepat selesai sesuai perkiraan.

Adapun agar tidak salah langkah dalam melakukan perhitungan pengguna bisa menggunakan beberapa langkah di bawah ini. Simak cara menghitung biaya jasa bangun rumah sendiri ala Bintoro Build .

 

Mulailah cara menghitung biaya bangun rumah sendiri

1. Rincikan Biaya Administrasi

biaya bangun rumah sendiri

Perhitungan pertama yang bisa dilakukan adalah dalam hal biaya administrasi yang dikeluarkan selama masa pembangunan. Perlu diketahui oleh pengguna bahwa pengurusan administrasi mengenai rumah ini juga membutuhkan yang banyak. Biaya tersebut meliputi pajak, IMB dan juga surat penting lainnya.

2. Anggarkan untuk Biaya yang Tak Terduga

biaya bangun rumah sendiri

Tips menghitung biaya bangun rumah sendiri agar tidak melebihi anggaran yang telah ditentukan adalah dengan menganggarkan biaya yang tidak terduga di luar biaya inti. Biaya ini nantinya akan digunakan untuk membiayai hal-hal lain yang tidak masuk dalam anggaran yang seharusnya.

Hal-hal lain tersebut bisa berupa pekerja yang sakit, perlunya pekerja tambahan atau bahkan bencana alam yang membuat proses pembangunannya menjadi lebih lama. Jadi ketika sewaktu-waktu terjadi hal-hal pengguna bisa langsung mengambil uang anggaran biaya tak terduga tersebut tanpa harus mengambil uang tabungan lainnya.

Baca Juga :  Biaya Bangun Rumah Type 45

3. Instalasi Pemasangan Listrik

biaya bangun rumah sendiri

Banyak orang yang hanya fokus dengan biaya material dan pertukangan saja dalam pembangunan rumahnya. Padahal ada biaya lain yang juga membutuhkan biaya yang cukup besar dan wajib dimasukkan dalam anggarannya agar tidak membuat Anda panik jika waktu pemasangannya sudah tiba.

Biaya pemasangan listrik ini tergantung dengan besar dan luasnya rumah serta tegangan yang dibutuhkan untuk semua peralatan listrik yang ada di rumahnya. Perhatikan ukuran rumah, ukuran tiap-tiap ruangan sampai dengan daya listrik yang dipilih untuk rumahnya.

4. Kebutuhan Material Pembangunan

biaya bangun rumah sendiri

Untuk menekan biaya pembangunan yang dapat dilakukan pengguna adalah mencari bahan borongan yang harganya terjangkau bahkan jika bisa mendapatkan keuntungan atas kerja sama tersebut. Kemudahan dalam hal pemasokan dan pengiriman material kapan saja dibutuhkan juga harus tersedia.

Semakin sulit jalur pengiriman dan lokasi penjual dengan rumah maka biaya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Jadi jangan lupa untuk mencari alternatif pemasok yang dekat dan juga harga yang pas dengan kantong. Jangan lupa untuk menganggarkan dengan jumlah yang dilebihkan untuk menghindari kerugian di tengah pembangunan.

Banyak orang yang mengambil alih materi borongan tanpa terlebih dahulu terlebih dahulu karena akibat yang mempengaruhi pembengkakan biaya untuk pembelian materi ini. Jadi sebelum proses pembangunan dimulai jangan lupa untuk mencari referensi harga material yang sesuai.

5. Perhatikan Luas Bangunan

biaya bangun rumah sendiri

Kemudian langkah berikutnya untuk menghitung biaya bangun rumah sendiri dengan mudah adalah pengguna harus memperhatikan luas bangunannya. Pengguna harus memperkirakan luas yang pas untuk ruangan dan juga banyaknya ruangan yang ada di dalam rumah yang dibangun tersebut.

Secara umum untuk mengetahui luasnya pengguna bisa memakai ukuran luas meter persegi. Sementara biaya rumah untuk pembangunan mulai dari tiga sampai lima juta dalam ukuran per meter perseginya. Sehingga untuk menghitung pengguna hanya perlu mengalikan ukuran meter persegi rumah dengan harga referensi tersebut.

Luas bangunan ini juga harus dilebihkan anggarannya untuk mengeluarkan biaya dan tidak bingung mencari biaya tambahannya. Dengan begitu jika terjadi kesalahan menghitung biaya maka pengguna bisa lebih mudah mengganti yang dibutuhkan.

6. Luas Tanah

biaya bangun rumah sendiri

Hal berikutnya yang menjadi pertimbangan dalam menghitung anggaran pembangunan rumah adalah luas tanah yang akan dibangun. Untuk membeli tanah sesuai kebutuhan pengguna juga harus menyesuaikan dengan kondisi anggaran yang dimiliki. Jangan sampai membeli tanah yang terlalu luas kemudian proses pembangunan rumahnya justru terbengkalai.

Untuk membeli tanah pengguna juga perlu mengetahui beberapa kriteria yang diperhatikan. Kriteria tersebut meliputi status kepemilikan tanah, jangan sampai tanah yang dibeli masih sengketa karena akan memudahkan proses pengurusannya. Kemudian mengenai kelengkapan suratnya, jangan mau membeli tanah tanpa diberi surat yang lengkap.

Yang terakhir mengenai kondisi tanah dan akta jual yang juga membutuhkan biaya untuk merawat dan mengurusnya. Pengguna juga wajib memasukkan hal-hal ini untuk belanja di rumahnya.

7. Buatlah Rancangan Kebutuhan

Yang jelas untuk membuat anggaran pembangunan yang mudah pengguna harus merincikan kebutuhan yang akan dibeli dengan jelas terlebih dahulu. Setelah semua terdaftar dengan baik dan diteliti maka tidak akan ada yang tertinggal untuk dihitung biaya pembeliannya.

kebutuhan ini juga tidak boleh dikerjakan secara mepet dan asal-asalan bahkan membutuhkan banyak waktu untuk merancangnya. Pengguna harus berkonsentrasi dalam memasukkan setiap kebutuhan yang akan dianggarkan pada catatannya.

Tips menekan biaya pembangunan rumah

Ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menekan biaya pembangunan agar tidak membengkak. Pengguna bisa melihat tips-tips yang bisa digunakan di bawah ini:

1.Gunakan Jasa Tukang Borongan

Ada banyak alasan yang mengharuskan pengguna langsung memesan ke tenaga tukang bangunan secara borongan karena harganya semakin murah dan praktis. Pengguna tidak perlu mencari satu orang melainkan langsung mendapat sekelompok orang hanya dengan memesannya pada satu orang.

Sistem yang digunakan juga menentukan kendalanya biaya ataupun tidak dimana untuk sistem harian pengguna wajib mengawasi kinerjanya karena akan merugikan jika pekerjaan asal-asalan. Sementara untuk borongan pengguna tidak perlu pusing karena mereka sudah mendapatkan beban batas waktu kapan bangunan jadi.

Banyak orang yang masih bimbang untuk memakai jasa tukang borongan karena dianggap kinerjanya tidak profesional. Namun cara ini dapat membantu pengguna menghitung biaya bangun rumah sendiri agar hemat. Pengguna bisa langsung mengetahui berapa banyak biaya dengan deadline pengerjaan yang disepakati.

2. Buat Desain yang Minimalis

Untuk menekan biaya pengeluaran pembangunan jangan lupa membuat desain yang minimalis. Desain yang minimalis tidak memerlukan banyak tanah dan juga material untuk dibangun di rumahnya. Bahkan desain minimalis ini memiliki banyak keuntungan seperti di bawah ini:

  • Pengguna tidak perlu membeli banyak properti
  • Pengguna tidak perlu memesan jasa arsitek
  • Ruangan yang memiliki banyak fungsi
  • Pengurangan biaya karena tidak banyak ruangan

3. Pemilihan Bahan Bangunan

Hal ini sangat penting dan memerlukan pemikiran yang cerdas untuk menemukan bahan dengan harga terjangkau namun kualitasnya bagus. Pengguna bisa memilih bahan impor maupun ekspor sesuai keinginannya. Bahkan untuk pembuat tiang dan kerangka harus dibuat dengan maksimal.

Sesuaikan semua dengan anggaran yang dimiliki agar tidak memberikan beban pada saat pembangunannya nanti. Pastikan kerangka rumah cukup kuat untuk menopang rumah yang didirikan. Minimalkan pembangunan untuk ruangan yang belum begitu penting dan dahulukan ruangan yang lebih penting untuk dibangun terlebih dahulu.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu pengguna dalam menghitung biaya bangun rumah sendiri.

Leave a comment

Klik Disini
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum,

Ada yang bisa kami bantu Pak/Bu?