Bingung Bagaimana Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah ? Berikut Estimasinya !

Ketika Kita ingin mencapai suatu hunaian yang lebih nyaman, maka Anda bisa merenovasi rumah , dengan berbagai jenis macam renovasi rumah yang ada dan Anda inginkan.Berikut Cara menghitung biaya renovasi, Di mulai dari renovasi yang kecil hingga renovasi yang besar, Setidaknya Anda harus mempunyai perhitungan (Estimasi) Agar tidak terjadi pembengkakan dana yang terbuang sia sia dan mewujudkan rumah idaman yang anda inginkan sesuai dengan bujet yang Anda miliki.

Cara Menghitung Biaya Renovasi

biaya renovasi rumah

sesuai dengan topik kita yaitu cara menghitung biaya renovasi , Sekarang Kita akan membantu Anda untuk menghitung biaya yang anda perlukan sesuai dengan biaya yang Anda miliki, berikut akan kami berikan biaya estimasi renovasi rumah mulai dari Pembiayaan Tengara Kerja (Tukang), Perkiaraan harga per meter persegi, dan contoh RAB.

Biaya Tukang (Tenaga Kerja)

biaya renovasi rumah

Jika ingin meronovasi sebuah rumah, yang harus Anda ketahui ada beberapa metode pembayaran yang berlaku, Yaitu ;

  • System Harian
  • System Borongan Jasa
  • System Borongan Penuh

Untuk biaya system harian perkiraan, Kenek dibayar Rp 100.000 – 110.000 , Tukang dibayar Rp 120.000 – 150.000 per hari, belum termasuk biaya matrial, makan dan lain – lain. Untuk system ini kemungkinan terjadinya pembengkakan biaya tukang bisa terjadi, karena waktu sangat berpengaruh dalam melakukan pekerjaan harian.

Untuk biaya system borongan jasa perkiraan, dibayar Rp 1.100.000 – Rp 1.300.000 /m2, belum termasuk matrial dll. System ini hampir sama dengan system harian, tapi kelebihan system borongan jasa yaitu, lebih efesien waktu karna si tukang (Pekerja) akan di tuntut waktu, dan biaya yang Anda keluarkan untuk biaya tukang , akan lebih jelas berapa yang Anda akan bayar, karena situkang berpacuan kepada harga per meter (luas bangunan) bukan waktu yang di hitung.

Borongan Penuh (Biaya Jasa & Matrial)

biaya renovasi rumah

Jika Anda sebagai pelaku bisnis yang sibuk atau pekerja yang sangat sibuk ingin merenovasi rumah Anda sesuai dengan keinginan Anda , saya sangat merekomendasikan untuk memakai jasa borongan penuh, karena Anda tidak perlu lagi membeli barang matrial Anda sendiri, tidak perlu menyediakan makanan untuk tukang, tidak perlu menyediakan tempat tinggal untuk si tukang,karena semua akan tercover oleh si penyedia jasa ini , misal salah satu jasa renovasi rumah terpercaya yaitu Bintoro Build, Anda bisa langsung berhubugan dengan orang orang yang professional dan bersertifikat. Harga harga yang di tawarakan kisaran dari Rp 3.000.000 – 4.000.000 /m2 harga ini bisa menyusaikan tergantung dari jenis matrial yang Anda inginkan.

Estimasi Total Biaya Renovasi Rumah

biaya renovasi rumah

Sesudah menghitung keselurahan yang sudah kita bahas sebelumnya maka tahap berikutnya adalah membuat estimasi total biaya yang akan Anda keluarkan berapa keseluruhanya. Misal Anda memiliki tanah 100 m2 maka yang Anda harus bangun untuk bangunan rumah itu 60% dari LT. jadi 60 m2 yang Anda haru bangun , jadi 60 m2 x (dengan harga jasa renovasi yang anda inginkan) maka akan ketemu jumlahnya yang harus Anda keluarkan biayanya.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Jika ingin membangun sebuah bangunan rumah , sangat penting Anda harus membuat RAB untuk mengetahui anggaran apa saja yang perlu Anda keluarkan dan bahan matrial apa saja yang Anda perlukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut contoh RAB yang sudah kami buat.

biaya renovasi rumah

1 comment

  1. Anda ingin renovasi rumah? Segera hubungi 0813 4000 8080

Leave a comment

× Whatsapp Kami Disini