Cover Harga Pagar

Harga Pagar Besi Per Meter Terbaru

Harga pagar besi per meter saat ini memang selalu berubah-ubah tergantung pada situasi ekonomi yang sedang melanda negara ini. Kenaikan harga yang sering terjadi juga dipengaruhi oleh sejumlah pengusaha yang lebih memilih menghadirkan besi dari luar negeri. Jarak tempuh dari tempat produksi ke rumah juga menjadi salah satu pengaruhnya.

Daftar Harga Pagar Besi Per Meter Persegi Terbaru

Harga Pagar Besi
Image: PIRO4D on pixabay

1. Pagar Besi Standar

Terbuat dari rangka besi hollow, pagar standar ini pada umumnya berwarna putih atau hitam. Jenis pagar besi ini biasanya digunakan untuk tipe rumah kecil hingga sedang. Kisaran harga untuk pagar besi standar ini antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu.

2. Pagar Besi Biasa

Pagar besi biasa ini biasanya terbuat dari rangka besi hollow galvanis. Keunggulan dari pagar besi ini adalah bisa terhindar dari karat. Harga pagar besi biasa ini berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp600 ribu.

3. Pagar Besi Tempa

Untuk rumah bergaya klasik namun tetap menyodorkan konsep mewah, pagar besi yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Pagar yang terbuat dari hollow galvanis ini memiliki ketebalan kurang lebih 2mm. Cat yang digunakan untuk pagar besi ini adalah cat tempa klasik. Berbicara tentang harga, pagar besi tempa ini berkisar antara Rp1juta hingga Rp2 juta.

4. Pagar Besi Balkon

Pagar besi yang dikhususkan untuk balkon rumah ini biasanya menggunakan bahan rangka besi hollow hitam. Untuk menghadirkan desain yang senada, pagar besi ini juga bisa diaplikasikan pada pagar rumah. Untuk harga pagar besi per meter nya berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp500 ribu.

5. Pagar Besi Terali Tempa

Jenis pagar besi yang satu ini adalah pilihan tepat untuk diaplikasikan pada balkon dan pagar rumah. Memiliki keunggulan untuk keamanan dan perlindungan, pagar besi ini juga menonjolkan desain yang cantik. Desainnya bisa disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Selain untuk pagar rumah, pagar ini juga bisa digunakan untuk sejumlah kebutuhan rumah seperti jendela dan pintu model klasik. Harga pagar besi ini berkisar antara Rp600 ribu hingga Rp750 ribu.

6. Pagar Pintu Besi

Menggabungkan pagar dan pintu yang terbuat dan material besi adalah kiat yang bisa diaplikasikan demi mendapatkan keamanan yang optimal. Jenis pagar ini bisa membuat hunian lebih aman karena awet dan kokoh. Pagar pintu besi biasanya digunakan untuk tipe rumah sedang hingga besar. Harga pagar pintu besi ini berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1.8juta.

7. Pagar Besi Terali Minimalis

Besi terali juga bisa diaplikasikan untuk pagar bukan hanya untuk pintu dan jendela saja. Pagar ini sangat cocok untuk diaplikasikan untuk rumah dengan gaya modern dan minimalis karena desainnya yang sangat sederhana. Pagar ini juga cocok diaplikasikan untuk hunian minimalis bertipe sedang hingga besar. Kisaran harga pagar besi per meter adalah Rp500 ribu hingga Rp800 ribu.

Cara Mengitung Harga Pagar Besi

Menghitung Harga Pagar Besi
Image: sutichak on istockphoto

1. Hitung Luas Sesuai Kebutuhan

Hitunglah lebar pagar besi yang dibutuhkan. Contohnya, jika pagar besi yang dibutuhkan memiliki lebar 3m, maka tinggi pagar yang dibutuhkan adalah 1,5m.

2. Pilih Bahan Dasar Besi

Carilah besi yang memiliki kualitas yang baik namun harganya terjangkau. Hal tersebut untuk bisa menekan budget dan memperhitungkan biaya dengan bijak. Carilah besi yang sesuai dengan kantong. Tanyalah tipe besi yang cocok untuk diaplikasikan di outdoor.

3. Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain juga perlu dihitung untuk bisa mengalokasikan dana dengan tepat guna. Biasanya biaya-biaya lain yang perlu diperhatikan antara lain biaya tukang, biaya cat untuk besi, biaya kawat las dan biaya tak terduga atau tambahan.

Biaya yang dialokasikan untuk tukang sebenarnya beragam, tergantung dari segi daerahnya. jumlah tukang dan proses pemasangan juga menjadi faktor penting yang harus dipikirkan.

Jika harga pemasangan untuk satu hari berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp150 ribu, maka biaya untuk cat pagar besi dan biaya kawat las bisa menyentuh angka Rp500ribu. Sedangkan untuk biaya tambahan atau tak terduga, siapkan budget sekitar Rp100 ribu.

4. Survey Harga Besi

Kunjungi sejumlah toko besi untuk melakukan survey harga besi yang ditawarkan untuk pembuatan sekaligus harga pasangnya. Pergilah ke beberapa tempat untuk melakukan survey agar bisa membuat standar harga untuk dipilih mana yang masuk dengan budget.

5. Merancang Biaya yang Dikeluarkan

Buatlah rancangan biaya dengan cara menghitung harga pagar besi per meter sesuai dengan keinginan. Setelah itu biaya kasar bisa didapatkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Hal tersebut sangat krusial untuk bisa mempersiapkan budget yang tidak meleset dari angka tersebut.

Buatlah desain pagar yang sesuai dengan keinginan agar tukang bengkel las bisa memahami tingkat kerumitannya ketika membuat pagar. Setelah mendapatkan perkiraan harga, harga sudah bisa ditetapkan dengan lebih mudah. Untuk mempermudah teknis pemasangan, berikan foto rumah dan posisi di mana pagar akan diletakkan.

Baca Juga: Kelebihan Rumah Atap Limas dan Cara Menghitung Luasnya

Kelebihan Pagar Besi

Kelebihan
Image: Drazen Zigic on freepik

1. Keamanan

Pagar besi terbuat dari bahan yang tidak mudah untuk dirusak. Untuk itu tingkat keamanan akan semakin baik dengan menggunakan pagar besi. Jika dibandingkan dengan pagar kayu yang mudah dipanjat oleh penyusup, pagar besi ini menghadirkan tingkat kekukuhan yang solid. Untuk lebih menambah tingkat keamanan, pagar besi ini bisa dilengkapi dengan profil dan sudut tajam.

2. Tahan Lama

Pagar yang terbuat dari bahan material besi tentu saja akan tahan lama. Jika dibandingkan dengan pagar kayu yang mudah lapuk, pagar besi ini tahan terhadap terjangan cuaca ekstrem sekalipun. Dengan perawatan yang baik dan rutin, maka pagar besi ini diyakini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan Pagar Besi

Kekurangan pagar besi
Image: maryanaserdynska on freepik

1. Mahal

Dengan kualitas yang paling baik, pagar besi juga bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Faktor itulah yang menyebabkan pagar besi cukup mahal jika dibandingkan dengan pagar berbahan material lainnya. Namun harga yang menjulang tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh pagar besi ini. Hindari membeli pagar besi paling murah karena kualitasnya tidak sebanding.

2. Privasi Kurang

Pagar besi pada umumnya memiliki desain terbuka. Orang dari luar bisa melihat dengan jelas begitu pun penghuni bisa melihat dengan jelas situasi di luar. Hal tersebut penggunaan pagar besi untuk rumah menyebabkan kurangnya privasi. Namun kekurangan ini masih bisa diatasi dengan menambahkan tanaman hijau atau pohon kecil untuk menutupi bagian pagar besi yang terbuka.

Pagar adalah salah satu faktor keamanan yang sangat krusial di rumah. Pagar juga dapat membuat tampilan hunian menjadi lebih menarik. Dari semua bahan material yang ada, besi merupakan pilihan yang cocok untuk pagar rumah.

Pagar besi menawarkan kualitas yang sangat baik karena tahan lama, tidak mudah rusak dan kokoh. Sebelum menggunakan pagar besi, ketahuilah dulu kisaran harga pagar besi per meter. Pada dasarnya, harga pagar besi dihitung tergantung pada luas pagar yang diinginkan. Hal tersebut sangat penting untuk bisa mengetahui budget yang sesuai dengan keinginan.

Untuk kebutuhan pasang pagar besi dengan biaya yang kompetitif dan hasil memuaskan, Anda bisa menggunakan jasa renovasi pagar dari Bintoro Build dengan menghubungi kami di 150130 atau 0813 4000 8080 serta melalui email di [email protected] sekarang juga.

Rate this post

Leave a comment

Klik Disini
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum,

Ada yang bisa kami bantu Pak/Bu?