10 Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat yang Rapi dan Kuat

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui mengenai cara pasang plafon PVC bertingkat. Plafon bertingkat biasanya juga sering disebut dengan plafon drop, trap dan lain sebagainya. Untuk memasang plafon tersebut tidak semua orang bisa melakukannya.

Ada beberapa orang yang mungkin kesulitan ketika memasangnya, jadi Anda juga bisa meminta tolong pada teknisi yang sudah berpengalaman. Tujuannya agar hasil pemasangannya bisa sesuai dan juga bertahan lama.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memasang plafon PVC bertingkat dengan baik dan benar agar kelihatan rapi serta kuat.

cara pasang plafon pvc bertingkat

Cara pasang plafon PVC bertingkat agar rapi dan kuat

 

1. Memasang rangka bawah

Pertama adalah dengan memasang kerangka pada bagian bawah. Hal ini juga karena bentuk dari plafon ini yang bertingkat. Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

    • Ukur ketinggian dari plafon pada sekeliling ruangan kemudian tandai dengan membuat garis menggunakan tali sipat.
    • Pasang hollow dengan ukuran 2×4 dan paku pada tembok yang sebelumnya sudah dibuat. Pasang hollow tersebut ke sekeliling ruangan.
    • Ukur jarak untuk ke setiap sudutnya yang berjumlah 4 sudut.
    • Pasang benang pada tanda 40 cm kemudian tarik lurus untuk setiap sudutnya.
    • Pasang hollow dengan ukuran 4 x 4 sesuai dengan panjang tali.

 

2. Memasang rangka atas

    • Ukur 30 cm dari dinding setiap sudut ruangan dan tandai.
    • Potong hollow sekitar 25 cm dengan ukuran 2×4 sejumlah 8 buah.
    • Pasang hollow dengan ukuran 30 cm menggunakan sekrup.
    • Pasang hollow dengan tanda 20 cm menggunakan bor dan sekrup.
    • Bentangkan hollow dengan ukuran pajang 60 cm 2×4 yang sudah ditandai kemudian pasang menggunakan bor.
    • Untuk pemasangan hollow dengan jarak 80 maka akan dipasang di atas hollow yang jaraknya 60 cm. Pada setiap pertemuannya bisa Anda sekrup menggunakan bor.

 

Baca Juga : Cara Pasang Plafon PVC Rangka Kayu yang Pas dan Anti Bocor

 

3. Menutup rangka atas

Pada bagian rangka atas perlu ditutup dimana hal ini juga sama jika Anda menggunakan plafon dengan model yang biasa. Berikut adalah beberapa cara pasang plafon PVC bertingkat dengan menutup kerangka bagian atasnya.

    • Pada bagian rangka atas tutup menggunakan papan gypsum.
    • Lakukan pemasangan papan tersebut mengikuti rangka hollow yang sebelumnya sudah terpasang dengan jarak sekitar 60 cm.
    • Pemasangan papan gypsum tersebut dilakukan sampai semua kerangka plafon bagian atas bisa tertutupi semua.
    • Jika memang diperlukan, Anda bisa menggunakan tambahan papan gypsum lagi sampai kerangka bagian atas tersebut benar-benar tertutupi.

 

4. Menutup celah pada bagian dalam

Biasanya jarak antara kerangka plafon bagian atas dan bawah bisa mencapai 20 cm, dimana diperkirakan ukuran celahnya bisa sekitar 15 cm. Celah tersebut penting untuk dilakukan penutupan. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menutupnya.

    • Potong papan gypsum dengan ukuran lebar memanjang sekitar 15 cm. Anda bisa memotongnya sejumlah dengan yang dibutuhkan yaitu sekitar 4 lembar.
    • Kemudian gunakan lembaran yang sudah dipotong tadi untuk menutup bagian celahnya hingga sekelilingnya.
    • Untuk menempelkan atau menutup celah tersebut, Anda bisa menggunakan bor dan sekrup.

 

5. Menutup kerangka bagian bawah

Selain bagian atas, kerangka bagian bawah juga perlu ditutup menggunakan papan gypsum. Untuk jarak lebar bagian rangka bawah bisa sekitar 40 cm. sedangkan untuk panjangnya biasanya mengikuti bidang dinding ruangan. Berikut adalah beberapa langkah untuk menutup bagian bawah kerangka tersebut.

    • Potong papan gypsum secara memanjang dengan ukuran lebarnya sekitar 40 cm. Untuk jumlahnya Anda bisa memotongnya sekitar 4 lembar.
    • Pasang papan gypsum yang sudah dipotong tadi pada kerangka plafon bagian bawah.
    • Lakukan pemasangan menggunakan sekrup dan bor hingga semua celahnya bisa tertutupi.

 

6. Menutup bagian pinggir rangka bawah

Cara pasang plafon PVC bertingkat untuk pemula selanjutnya adalah dengan menutup bagian pinggir rangka bawah. Bagian pinggir kerangka bawah adalah bagian tepi pinggir yang kearah plafon bagian atas. Untuk tinggi pinggiran plafon bisa sekitar 5 sampai 8 cm. Sedangkan tinggi bagian celahnya bisa 15 cm.

Jadi jika tinggi bagian pinggir plafonnya 8 cm maka sisa lebar celahnya hanya sekitar 7 cm:

    • Pertama adalah dengan memotong papan gypsum dengan ukuran lebar sekitar 8 cm.
    • Pasang papan gypsum yang sudah dipotong pada bagian pinggir rangka bawah.
    • Lakukan pemasangan hingga semuanya tertutup.

 

7. Pendempulan plafon

Jika semua kerangkanya sudah Anda tutup menggunakan papan gypsum, maka selanjutnya adalah melakukan pendempulan. Pendempulan ini dimaksudkan untuk menghilangkan sambungan-sambungan antar papan yang terlihat sehingga hasilnya nanti akan lebih merata dan halus. Alat yang diperlukan untuk melakukan pendempulan seperti skrap, pisau dempul, dan ember kecil. Biasanya yang digunakan untuk mendempul adalah tepung cornice.

 

8. Memasang lis untuk bahan gypsum

Cara pasang plafon PVC bertingkat dengan mudah selanjutnya adalah memasang lis gypsumnya:

    • Pertama tandai lis gypsum sesuai ukurannya pada setiap sudut dinding.
    • Buat adonan lem cornice yang nantinya akan berguna untuk merekatkan lis gypsum dengan dinding.
    • Oleskan lem tersebut pada list gypsum pada bagian tepi lis atas dan bawah.
    • Tempelkan lis gypsum tersebut pada dinding dan tekan dengan perlahan agar penempel.
    • Untuk menghilangkan sambungannya maka lakukan proses pendempulan pada bagian pinggir atau tepi lis hingga seolah-olah menyatu.

 

9. Melakukan pengecatan

Selanjutnya lakukan pengecatan. Anda bisa mengecat plafon PVC tersebut dengan berbagai macam warna yang Anda inginkan. Namun pastikan jika warna tersebut cukup sesuai dengan konsep atau gaya ruangannya.

Kebanyakan orang akan memilih untuk mengecatnya menggunakan warna putih. Tujuannya untuk memberikan kesan ruangan yang lebih terang dan juga luas. Selain itu ruangan juga tidak akan terlihat lebih penuh atau terlalu ramai.

 

10. Membersihkan noda pada lantai

Sudah menjadi hal yang biasa apabila ketika Anda melakukan pemasangan plafon PVC maka lantai juga akan kotor. Terutama jika Anda juga melakukan pengecatan dan pendempulan. Cat atau bahan untuk mendempul tersebut biasanya akan menetes dan jatuh ke lantai. Dimana bisa mengering dan menempel pada lantai jika tidak segera dibersihkan.

Untuk itu segera bersihkan noda tersebut menggunakan skrap besi. Anda bisa menggosok lantai tersebut menggunakan skrap sehingga noda nya bisa hilang. Terakhir bisa Anda bersihkan dengan mengepelnya seperti biasa.

Proses pemasangan atau langkah pemasangan plafon PVC bertingkat memang cukup banyak. jika Anda baru mencoba dan merasa tidak yakin, maka lebih baik meminta bantuan dari teknisi yang sudah berpengalaman mengenai hal tersebut. Tujuannya agar pemasangan plafon tersebut bisa tetap bagus dan rapi sehingga tidak akan mempengaruhi fungsinya.

Demikian cara pasang plafon PVC bertingkat agar rapi dan juga kuat serta tampilannya pas. Jika merasa kerepotan atau belum ahli dalam memasangnya sendiri maka bisa minta bantuan jasa kontraktor interior berpengalaman seperti Bintoro Build.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini