Cara Pasang Plafon PVC Rangka Kayu yang Pas dan Anti Bocor

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui mengenai cara pasang plafon PVC rangka kayu dengan baik dan benar. Padahal memasang plafon PVC berserta kerangkannya juga bisa menjadi salah satu cara agar rumah Anda bisa tetap kokoh.

Plafon PVC atau juga bisa disebut dengan polyvinyl chloride adalah bahan seperti plastik tebal dimana biasanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan pipa air atau beberapa bahan tekstil lainnya.

Bahan ini memiliki berbagai macam keunggulan sehingga juga banyak dipilih untuk plafon. Berikut adalah beberapa cara untuk memasang plafon PVC kerangka kayu.

cara pasang plafon pvc rangka kayu

Inilah cara pasang plafon PVC rangka kayu sendiri

 

  1. Pertama sudah pasti adalah menyiapkan alat dan juga bahan yang Anda gunakan dan butuhkan selama proses pemasangannya. Seperti meteran, drill siku, cutter, paku, palu, terminal listrik dan juga plafon PVC dan kerangkanya.
  2. Kemudian siapkan plafon PVC da juga kerangka kayu yang nantinya akan menjadi landasan untuk Anda meletakkan atau memasangkan plafon PVC tersebut.
  3. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengukuran pada ruangan yang nantinya akan dipasangi kerangka kayu dan juga plafon PVC. Pengukuran ini harus dilakukan dengan sesuai agar nantinya ketika pemasangan, plafon dan juga kerangka bisa terpasang dengan pas dan tidak kesulitan.
  4. Pasang kerangka plafon dari kayu yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk meletakkan plafon PVC Anda. untuk menjaga kerangka agar tidak miring, maka Anda bisa menggunakan water pass.
  5. Cara pasang plavon PVC rangka kayu dengan mudah selanjutnya adalah dengan memasang lis dan juga siku pada sudut ruangan. Siku tersebut nantinya akan berguna untuk membantu menahan plafon PVC yang akan Anda pasang pada ruangan tersebut.
  6. Selanjutnya dengan memasang bagian lis. Untuk memasang bagian lisnya maka Anda perlu menggunakan sekrup dan juga bor. Pasang sekrup menggunakan bor dengan jarak sekitar 50 cm.
  7. Ketika lis sudah terpasang, Anda bisa mulai memasang plafon PVC. Pasang mulai bagian pinggirnya agar lebih mudah untuk bagian yang selanjutnya. Jika ukurannya masih kurang sesuai seperti ukuran plafon yang terlalu panjang atau lebar, maka Anda bisa memotongnya menggunakan cutter. Pastikan juga untuk memotongnya dengan rapi.
  8. Pasang seluruh plafon PVC tersebut ke semua bagian atap sampai tertutupi dengan sempurna.

Sebenarnya pemasangan plafon tersebut terbilang cukup mudah. Bahkan Anda juga bisa melakukannya sendiri. Namun jika Anda ingin hasilnya bisa lebih rapi dan lebih bagus maka minta tolong pada jasa kontraktor interior atau jasa pasang plafon.

Cara merawat plafon PVC agar tetap awet

Selain mengetahui mengenai cara pasang plafon PVC rangka kayu untuk pemula, Anda juga perlu mengetahui mengenai bagaimana cara untuk merawat plafon PVC tersebut.

Tujuannya sudah pasti agar plafon tersebut bisa bertahan dengan lama sehingga Anda tidak perlu lagi sering mengganti plafon PVC. Berikut beberapa caranya:

• Memperbaiki atap yang bocor

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki atap jika ada yang bocor. Fungsi utama dari sebuah plafon adalah bekerja untuk mencegah air agar tidak jatuh ke lantai. Hal ini karena plafon PVC termasuk yang tahan air.

Namun bukan berarti ketika ada atap yang bocor, Anda akan membiarkannya begitu saja. Atap yang bocor nantinya akan membuat genangan pada plafon PVC Anda. Dengan begitu plafon PVC juga lebih mudah rusak. Untuk mencegah hal tersebut maka lebih baik memperbaiki atap yang bocor jika Anda menggunakan plafon PVC.

 

Baca Juga : 4 Cara Pasang Rangka Plafon PVC Sendiri Agar Rapi dan Pas

 

• Membersihkannya dengan rutin

Cara yang selanjutnya adalah dengan membersihkan plafon dengan rutin. Plafon ketika dibiarkan begitu saja sudah pasti akan tetap kotor karena debu. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, pastinya juga akan sangat mengganggu karena kurang sedap untuk dipandang dan bisa membuat plafon menjadi rusak. Untuk itu penting bagi Anda secara rutin membersihkan plafon menggunakan sapu.

• Memilih kualitas plafon

pemilihan plafon juga sangat penting. Hal ini karena kualitas plafon yang bagus juga bisa menentukan seberapa awet dan juga bagusnyalah plafon tersebut untuk Anda gunakan. Jadi perhatikan mengenai kualitas plafon PVC yang akan Anda beli.

• Cara memasang dengan benar

Terakhir adalah mengenai cara pasang plafon PVC rangka kayu yang benar. Pemasangan plafon PVC yang baik benar juga bisa menentukan seberapa awetnyakah plafon yang Anda gunakan tersebut. Jika pemasangannya kurang baik maka bisa saja plafon Anda menjadi lebih mudah rusak. Jadi jika Anda tidak yakin untuk memasangnya sendiri, akan lebih baik meminta bantuan pada jasa pemasangan plafon yang sudah berpengalaman.

Kelebihan plafon dari bahan PVC

Saat ini penggunaan plafon PVC memang banyak digunakan dibandingkan dengan plafon dari bahan kayu, gypsum atau tripleks. Hal ini dikarenakan plafon ini memiliki cukup banyak kelebihan:

1. Bobot yang ringan

Kelebihan pertama dari plafon ini adalah memiliki bobot yang ringan. Bobot yang ringan tersebut akan sangat membantu agar Anda tidak perlu menggunakan banyak rangka hollow. Dimana sekaligus juga bisa lebih menghemat biaya. Walaupun plafon tersebut memiliki bobot yang ringan, tapi tetap bisa menahan beban dengan baik seperti kucing, tikus hingga gempa bumi.

2. Anti rayap dan anti air

Kelebihan yang selanjutnya adalah bahan PVC tersebut lebih anti rayap dimana hal ini tidak dimiliki oleh plafon dengan bahan kayu. Dikarenakan bahan tersebut anti rayap maka juga akan lebih awet.

Bahan tersebut juga anti air, jadi ketika ada hujan Anda juga tidak perlu takut plafon menjadi bocor. Akan tetapi bukan berarti Anda bisa membiarkan kebocoran tersebut. Tetap perbaiki atap yang bocor karena ketika plafon PVC terlalu sering menampung air maka juga lebih mudah untuk rusak.

3. Lebih mudah dibersihkan

Plafon PVC juga memiliki kelebihan dimana bahan ini akan lebih mudah untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya Anda hanya perlu menggunakan sapu atau kain bersih yang kering saja. Hal ini karena plafon PVC biasanya hanya kotor karena debu yang sudah lama bersarang. Plafon PVC tersebut tidak perlu Anda bersihkan dengan air atau bahan yang lainnya. Jadi secara tidak langsung juga akan lebih efisien dan juga lebih praktis.

4. Varian warna menarik

Banyak juga yang tidak mengetahui bahwa bahan plafon PVC ini memiliki berbagai macam warna yang menarik. Berbagai macam warna ini tentunya akan bis Anda manfaatkan sebagai bagian dari dekorasi interior. Pilihlah warna yang memang sesuai dengan konsep dari ruangan Anda. Misalnya untuk konsep ruangan yang minimalis dan modern maka warna putih akan lebih cocok Anda gunakan.

Sedangkan jika Anda ingin mencoba kesan atau tampilan yang berbeda. Maka Anda bisa menggunakan warna-warna yang kontras seperti kuning, cream, biru, hijau dan berbagai macam warna lainnya.

Demikian artikel mengenai cara pasang plafon PVC rangka kayu yang mungkin berguna untuk Anda. Semoga artikel Bintoro Build ini bermanfaat.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini