cara pasang rangka plafon pvc

4 Cara Pasang Rangka Plafon PVC Sendiri Agar Rapi dan Pas

Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bagaimana cara pasang rangka plafon PVC yang baik dan benar. Padahal pemasangan yang baik dan benar juga akan menentukan apakah plafon tersebut bisa bekerja dengan baik atau tidak.

Kebanyakan orang memang akan memilih jenis plafon ini karena memiliki banyak keunggulan. Bahan plafon ini termasuk bahan yang ringan, lentur, dan juga memiliki daya tahan cukup lama. Selain itu plafon ini bahkan memiliki berbagai macam desain yang unik sehingga cocok untuk Anda yang ingin memberikan kesan yang menarik pada ruangan. Simak cara pasang rangka plafon pvc sendiri agar rapi ala Bintoro Build.

cara pasang rangka plafon pvc

Cara pasang rangka plafon PVC

 

1. Menyiapkan bahan yang dibutuhkan

Pertama ketika Anda akan memasang plafon maka penting untuk menyiapkan terlebih dulu bahan yang akan digunakan. berikut adalah beberapa bahan yang bisa Anda gunakan:

    • Rangka plafon yang bisa Anda pilih antara menggunakan besi hollow atau menggunakan material kayu.
    • Plafon PVC dengan kualitas yang bagus.
    • Paku. Untuk jenis pakunya Anda bisa menggunakan paku biasa daripada menggunakan paku beton.
    • Untuk memasang rangka hollow maka Anda membutuhkan sekrup.
    • Bor dengan ukuran 10 mm untuk memasang sekrupnya
    • Pemotong
    • Siku dan grinder
    • Kebal dan stop kontak
    • Mata bor yang nantinya akan digunakan untuk memasang sekrup dan
    • Meteran dan palu

 

2. Memasang kerangka plafon

Langkah yang selanjutnya adalah cara pasang rangka plafon PVC di rumah dengan memasang kerangka plafonnya terlebih dulu. Beri tanda dulu pada ketinggiannya. Akan lebih baik untuk memasangnya tidak terlalu tinggi atau melebihi ring balok.

Hal ini karena ring balok adalah bagian tembok yang keras dimana Anda juga akan lebih kesulitan saat memasangnya nanti. Untuk ketinggian plafon sebaiknya juga tiga meter karena semakin tinggi plafon maka juga akan semakin baik.

 

Baca Juga : 9 Cara Paling Ampuh Memasang Keramik dengan Hasil Bagus

 

3. Memasang list profil PVC

Setelah rangka plafon PVC sudah dipasang, maka selanjutnya adalah memasang bagian list profil PVC tersebut. Anda bisa memasangnya pada sekeliling tembok tepat pada bagian bawah rangka plafon yang sudah Anda buat sebelumnya.

Ketika Anda akan memotongnya, maka lakukan pada bagian sudutnya. Gunakan gerinda atau gergaji untuk memotong bagian tersebut. kemudian pasangkan list tersebut menggunakan sekrup bor. Untuk jarak sekrup yang satu dengan yang lainnya bisa sekitar 30 sampai 50 cm.

4. Memasang papan PVC

Jika list profil PVC sudah terpasang maka selanjutnya Anda bisa memasang dan meletakkan papan PVC tersebut. Untuk memasangnya Anda bisa menggunakan sekrup dan bor yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Ketika memasangnya Anda bisa melakukan pemasangan secara satu per satu. Anda bisa mulai memasang pada satu sisi bagian temboknya terlebih dulu. Kemudian masukkan sisi papan PVC tersebut pada list profil yang sudah Anda pasang. Jika satu sisi papan sudah terpasang, maka selanjutnya Anda bisa menyambungkan kembali papan yang lainnya hingga selesai.

Cara pasang rangka plafon PVC dengan mudah dan agar tetap kuat adalah sekrup lagi pada bagian sisi papan PVC nya agar lebih kuat. Pastikan juga untuk memasang sekrup tersebut dengan baik agar tidak mudah terlepas. Terakhir adalah rapikan sisa sampah pemasangan tersebut.

Kelebihan dan kekurangan penggunaan plafon PVC

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan plafon PVC di dalam rumah, akan lebih baik jika Anda mengetahui kekurangan dan juga kelebihan dari plafon PVC. Plafon PVC merupakan plafon dengan bahan polyvinyl chloride yang banyak digunakan dalam proses pembuatan pipa.

Berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaannya:

1. Motifnya yang beragam

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan plafon ini adalah plafon ini memiliki motif yang beragam. Hal ini tentu saja berbeda dengan plafon pada umumnya yang biasanya tidak memiliki motif. Motif tersebut tersedia mulai dari bunga hingga motif batik.

Anda bahkan tidak perlu lagi menggunakan jasa desain untuk menampilkan kesan yang berbeda pada plafon. Namun tips agar tampilannya tetap bagus adalah jangan sampai menggunakan morif yang berbeda karena bisa terlihat norak dan kontras.

2. Mudah untuk dibersihkan

Kelebihan yang selanjutnya adalah plafon ini lebih mudah untuk dibersihkan dan perawatannya juga lebih mudah. Jika Anda ingin membersihkannya cukup menggunakan sapu lembut atau menggunakan kain setengah basah. Untuk mengeringkannya Anda bisa mengangin-anginkannya saja hingga kering.

3. Lentur dan ringan

Plafon dengan bahan PVC ini lebih lentur dan ringan jika dibandingkan dengan plafon dari bahan yang lainnya seperti tripleks atau gypsum. Bahannya yang lebih lentur dan ringan tersebut akan lebih mudah dalam hal pemasangannya. Inilah yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan plafon dengan bahan PVC.

4. Pemasangannya lebih cepat

Proses pemasangan dari plafon ini relatif lebih cepat dan mudah. Hal ini karena cara pasang rangka plafon PVC yang benar hanya dengan bongkar pasang atau knock down saja. Jadi juga akan memudahkan Anda ketika pemasangan.

5. Lebih awet

Semua orang pasti akan memilih untuk menggunakan bahan material yang lebih awet dan tahan lama. Selain karena lebih menghemat pengeluaran, Anda juga lebih menghemat tenaga karena tidak perlu repot mengganti plafon dengan yang baru lagi.

Bahan PVC ini termasuk bahan yang tahan lama karena adanya kandungan berupa polimer isosianat yang membuatnya bisa bertahan sampai puluhan tahun. Selain itu bahan ini juga dikenal dengan anti rayap dikarenakan pori-porinya yang rapat.

Kekurangan plafon bahan PVC

 

1. Terlalu ringan

Bobot yang ringan dari bahan PVC tersebut selain menjadi kelebihan ternyata juga bisa menjadi kekurangan. Bobot yang ringan ketika pemasangan tersebut bisa membuat plafon menjadi berjarak atau renggang. Jika pemasangan tersebut renggang maka bisa menyebabkan plafon yang roboh dikarenakan tidak bisa menahan beban jika ada tikus yang lewat.

2. Pemasangan list yang kurang rapat

Kekurangan selanjutnya adalah ketika pemasangan list-nya yang kurang rapat. Hal ini dikarenakan model atau bentuk dari sekrupnya yang mengikuti bentuk kerangka hollow. Untuk itu penting jika Anda memperhatikan dengan teliti mengenai setiap cara untuk pemasangannya. List yang tidak rapat biasanya juga bisa mengurangi keindahan langit-langit rumah Anda.

3. Penggunaan lem plafon

Dalam pemasangan plafon biasanya menggunakan lem perekat. Anda bisa menggunakan lem terang. Tujuannya agar hasil dari lem yang kering tersebut bisa lebih bersih. Jadi hindari untuk menggunakan jenis lem yang ketika kering justru bisa mengurangi estetikanya.

Dalam pemasangan plafon PVC sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar agar nantinya hasilnya bisa bagus dan lebih rapi. Demikian cara pasang rangka plafon PVC untuk Anda yang mungkin belum pernah memasang plafon PVC sendiri.

Jika masih bingung cara pasangnya, maka akan lebih baik serta terjamin untuk meminta bantuan langsung pada jasa kontraktor interior pasang rangka yang sudah berpengalaman. Anda bisa cari jasa pasang rangka khusus plafon PVC seperti di atas.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini