cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

9 Cara Paling Ampuh Memasang Keramik dengan Hasil Bagus

Untuk pemasangan yang lebih efektif Anda wajib memakai cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus. Cara yang tepat juga akan menghasilkan keramik yang bagus dan juga lebih awet dari pemasangan biasanya. Hal-hal ini perlu Anda perhatikan terutama bagi yang memilih memasang keramik dengan cara mandiri.

Sebenarnya secara umum hal-hal ini sangat sederhana namun jika dilakukan dengan telaten meskipun membutuhkan waktu lebih banyak untuk melakukannya.

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Inilah cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

 

1. Pasang di tahap akhir

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan semua pembangunan rumah sampai selesai. Barulah bisa memulai pemasangan untuk keramiknya. Jika dilakukan pada tahap pembangunan setengah jadi nantinya khawatir keramik akan kotor atau bahkan rusak sebelum rumah siap huni.

Banyak orang yang tidak mengerti soal ini dan memasang keramik pada saat rumah belum selesai dengan harapan ketika rumah selesai keramiknya juga terpasang dengan sempurna. Keramik yang terlanjur terpasang dan rusak justru akan merugikan karena mengharuskan Anda untuk menggantinya.

2. Pastikan semuanya siap

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus dan benar kedua adalah memastikan semuanya siap sebelum memulai pemasangan. Anda wajib memastikan lantai, dinding maupun benda lainnya dalam kondisi bersih, kering dan rata agar memudahkan dalam proses pemasangannya.

Kondisi tempat yang kotor, basah dan tidak rata akan membuat pemasangan keramik menjadi terganggu. Dengan pemasangan yang seperti ini akan membuat keramiknya bisa terpasang dengan baik. Kondisi yang terlalu berair ini juga sangat bahaya karena membuat keramiknya susah kering.

 

Baca Juga : 5 Cara Pasang Keramik Dinding dan Pemilihan Keramik Terbaik

 

3. Perhitungkan setiap tata letak ruangan

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Untuk pemasangan keramiknya jangan lupa menetapkan bentuk tulang untuk menghitung tata letak ruangan yang tepat. Tergantung penggunaannya baik untuk lantai ataupun dinding ruangan harus tetap sama. Pengadaan bentuk tulang ini berguna untuk membuat pemasangan menjadi lebih rapi dari pada tidak menggunakannya.

4. Rendam keramik

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Dalam pemasangan keramik Anda harus melakukan perendaman terlebih dahulu pada keramiknya. Perendaman ini memiliki fungsi yang sangat banyak seperti membuat pori-porinya lebih lebar untuk penyerapan air yang lebih baik. Perendaman ini juga memiliki fungsi untuk membuat keramiknya cepat kering.

Waktu perendaman ini juga tidak lama hanya membutuhkan beberapa menit saja sebelum ditiriskan. Anda juga wajib melakukan pengeringan terlebih dahulu karena keramik yang terkena air cenderung lebih licin ketika dipegang.

5. Usahakan memasang dengan rapi

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus untuk pemula kelima adalah mengusahakan pemasangan keramik selalu rapi dan lurus. Anda wajib melakukannya baik untuk pemasangan bagian dinding maupun lantai. Pemasangan yang lurus dan rapi akan memberikan nilai keestetikaan yang lebih baik.

6. Perhatikan adukan semen

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Jangan lupa untuk mengadukkan semen dengan penuh baik untuk badan keramik maupun tumpuannya. Dengan begitu keramik bisa melekat dengan baik tanpa takut terjatuh maupun pecah saat dipasang. Terlebih untuk pemasangan bagian dinding karena permukaan yang miring.

7. Perhatikan lebar nat

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Jangan lupa juga untuk memperhatikan ukuran dari nat yakni sekitar 5 mm untuk kebutuhan lantai dan 2 mm untuk kebutuhan dinding. Ukuran nat yang tepat mampu memberikan nilai estetika yang lebih baik dan keserasian yang menarik.

8. Jangan lupa finishing

cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus

Dalam finishing ini Anda wajib melakukan pembersihan secara mendalam mengenai ssia keramik dan juga noda yang berada di pinggiran keramik agar tidak menempel sampai kering. Bekas dari noda pemasangan ini sangat mengganggu tentunya jika tidak langsung dibersihkan.

9. Pilih keramik

Anda juga wajib memilih keramik sesuai dengan keinginan mulai dari motif, warna sampai dengan kesesuaian fungsinya. Jangan lupa juga mengenai kualitas dari keramiknya agar tetap awet ketika sudah selesai dipasang.

Tips memilih keramik yang tepat

Anda bisa menggunakan beberapa kriteria di bawah ini untuk mendapatkan kriteria keramik yang sesuai keinginan.

• Kualitas

Cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus dan mudah adalah memilih keramik yang berkualitas. Kualitas dari keramik menentukan dalam beberapa segi hal seperti kemudahan pemasangan dan juga keawetan ketika sudah dipasang. Kualitas ini juga memberikan penampilan keramik yang lebih menyala baik motif maupun warnanya.

Kualitas keramik yang bagus secara umum berupa tidak licin, anti noda dan juga tahan air jika digunakan. Sementara untuk kualitas detail lainnya bisa disesuaikan dengan fungsi ruangan masing-masing. Seperti halnya untuk keperluan dapur harus keramik yang anti minyak ataupun kamar mandi yang tidak licin jika dipijak.

• Tekstur

Saat ini model dan tekstur keramik sangat beragam mulai dari bentuk yang satin, mengkilap sampai dengan tekstur kasar dan matte. Untuk memilih tekstur dari keramik ini sebenarnya bebas saja namun Anda harus memperhatikan hal penting sesuai fungsi utama dari keramiknya.

Semakin mengkilap menandakan bawah keramik tersebut memiliki kelicinan yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk penggunaan ruang tamu maupun keluarga. Untuk kebutuhan dapur Anda bisa menggunakan tipe matte ataupun bertekstur yang mampu mengantisipasi adanya kecelakaan pada kamar mandi.

Biasanya untuk tekstur yang mengkilap sampai satin cocok untuk kebutuhan dinding dengan motif atau corak yang menawan. Dinding lebih mengutamakan hiasan dan keindahan sementara untuk kebutuhan keramik lantai harus mengedepankan keamanan ketika dipijak.

• Pemilihan corak dan warna

Anda juga jangan lupa untuk memilih warna dan corak yang sesuai. Keramik ini juga menentukan gelap tidaknya sebuah ruangan karena berfungsi untuk memberikan pantulan dari cahaya matahari di dalam ruangannya. Untuk ruangan yang terlalu gelap Anda bisa memancing datangnya cahaya dengan menggunakan keramik warna terang dan mengkilap.

Namun untuk kebutuhan ruangan yang sudah terang Anda lebih bebas menggunakan warna keramik yang lebih gelap. Anda wajib memaksimalkan kebutuhan cahaya untuk ruangan utama seperti ruang keluarga, ruang tamu maupun kamar tidur.

• Sesuaikan ukurannya

Anda bisa menggunakan ukuran keramik sesuai dengan fungsi ruangannya. Keramik yang berukuran besar biasanya cocok digunakan untuk ruangan yang sempit agar terlihat lebih luas dari ukuran aslinya. Sementara untuk ruangan yang luas bisa menggunakan ukuran keramik yang kecil-kecil.

Biasanya untuk kebutuhan ruangan yang memiliki fungsi umum dan besar Anda bisa menggunakan keramik dengan ukuran besar dan mengkilap seperti halnya ruang tamu, ruang keluarga maupun kamar. Sementara untuk kamar mandi Anda bisa menggunakan ukuran keramik kecil untuk menghindari perkembangan lumut.

Harus pas dengan budget

Hal yang terpenting terakhir adalah Anda harus menyesuaikan semuanya dengan budget yang ada. Anda wajib menyesuaikan segala sesuatu dengan porsi yang tepat namun jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan. Keramik yang mahal memang menarik namun pastikan Anda bisa memenuhi kebutuhan untuk pemasangan dalam ruangannya.

Jangan lupa juga untuk selalu membeli keramik dalam jumlah lebih untuk menghindari adanya kerusakan atau kesalahan saat pemasangannya.

Itulah beberapa hal mengenai cara paling ampuh memasang keramik dengan hasil bagus dan pemilihan keramik yang pas. Untuk hasil yang lebih baik dan dijamin rapi, minta bantuan jasa kontraktor Bintoro Build.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini