5 Tips Membangun Rumah Dengan Biaya 20 Juta

Ingin membangun rumah namun budget sangat minim? Nyatanya pengguna tetap bisa membangun rumah dengan biaya 20 juta, tentunya jumlah ini cukup sedikit dibandingkan harga rumah yang seharusnya. Namun untuk bisa melaksanakannya tentunya pengguna membutuhkan perincian yang lebih tepat dan pas terlebih untuk RAB-nya.

Adapun yang perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan pembangunan rumah dengan budget tersebut bisa dilihat di bawah ini. Simak tips membangun rumah dengan biaya 20 juta ala Bintoro Build.

 

cara menghitung biaya bangun rumah

 

5 Tips membangun rumah dengan biaya 20 Juta

 

1. Gunakan tenaga profesional dan ikut terjun ke lapangan

Memakai jasa kontraktor memang membuat semuanya menjadi lebih mudah dan praktis namun untuk pembuatan rumah dengan budget yang minim tentunya kurang sesuai. Tenaga kontraktor membutuhkan biaya yang besar dan juga banyak hal yang perlu disiapkan nantinya meskipun cocok untuk pengguna yang sibuk.

Untuk mewujudkan mimpi pengguna untuk membangun rumah dengan budget ini yang perlu dilakukan adalah memakai jasa tenaga profesional dan melibatkan diri sendiri untuk mengawasi kinerja mereka secara langsung. Tips membangun rumah dengan biaya 20 juta yang satu ini nyatanya sangat berpengaruh untuk menekan RAB pengeluaran.

Tanpa adanya kontraktor tentunya menuntut pemilik rumah sebagai pemandu dalam setiap pekerjaan tenaga profesional yang disewa tersebut. Pengguna harus cerdas dalam memberikan pengarahan dan juga solusi akan masalah yang mungkin terjadi saat pembangunan ini berlangsung.

Sebagai pemilik rumah juga harus wajib ikut terlibat dalam menentukan desain rumah yang tepat nantinya. Harga desain ini cukup mahal sehingga dengan mengasah pikiran sendiri tentunya bisa menekan biaya yang harus dikeluarkan.

2. Pemilihan material bangunan

membangun rumah dengan biaya 20 juta

Tidak hanya dalam hal pemilihan tenaga profesional dan biaya untuk mereka namun pengguna juga harus mampu memutar otak dalam memutarkan uang dua puluh juta yang dimiliki untuk pembangunan rumahnya. Jangan berharap bisa mendapatkan rumah yang besar dengan biaya seminim ini.

Biaya ini mampu menciptakan rumah super minimalis dengan jumlah ruangan yang terbatas juga. Biasanya terisi satu kamar tidur, satu kamar mandi dan ruang untuk menonton televisi. Nah untuk pemilihan materialnya sendiri juga harus melakukan survei yang terperinci sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Pastikan pengguna telah menemukan jasa material yang menawarkan harga semurah mungkin dengan kualitas yang menawan. Carilah yang banyak bonus dan pelayanan yang bagus untuk melancarkan proses pembangunan agar tidak terkendala dengan pemasokan bahan baku yang mungkin terhambat.

Bukan hanya mengenai bahan baku dan harganya namun pengguna juga wajib memikirkan dengan seksama material apa yang akan digunakan untuk membuat kerangka rumah. Kerangka rumah adalah bagian yang krusial dimana hal ini menentukan kekuatan sebuah rumah.

Proses pembangunannya pun juga tidak boleh asal-asalan dimana pengguna wajib memilih bagian mana dahulu yang harus jadi sebelum menyentuh pembangunan untuk ruangan lainnya.

3. Perhitungan yang tepat

membangun rumah dengan biaya 20 juta

Cara membangun rumah dengan biaya 20 juta berikutnya adalah pengguna wajib melakukan perhitungan yang tepat. Uang yang minim ini harus digunakan sebaik mungkin dan tidak boleh mengalami kesalahan pendistribusian sedikit pun karena akan membuat dananya menjadi membengkak.

Lakukan perhitungan secara cermat mulai dari pembelian material bangunan sampai dengan upah untuk tenaga profesionalnya. Bukan hanya itu saja dengan uang yang minim ini juga pengguna wajib menganggarkan biaya untuk pengeluaran yang tak terduga.

Pastikan setiap perhitungan dilakukan secara rinci dan mendetail sehingga tidak ada satu komponen pun yang tertinggal saat proses pembangunannya dilakukan. Dahulukan uang untuk kebutuhan yang mendesak sementara kebutuhan lain yang bisa dibeli nanti disimpan terlebih dahulu.

4. Konsep rumah minimalis

membangun rumah dengan biaya 20 juta

Sesuai dengan yang sudah dibahas di awal poin dimana rumah dengan budget ini tentunya akan mengantarkan pengguna dalam bentuk rumah yang minimalis. Rumah konsep ini cocok untuk keluarga yang baru menikah atau bahkan yang tinggal sendirian nantinya.

Bahkan setiap sekat tembok dan ruangan yang nantinya ada di dalam rumahnya juga harus dipikirkan bagaimana baiknya. Ada yang menyiasati dengan mengganti tembok dengan partisi saja untuk pembatas antara ruang satu dengan lainnya. Rumah dengan budget ini cocok untuk pengguna yang ingin memiliki rumah sendiri tanpa takut adanya cicilan di belakang sebagai tanggungannya.

5. Pilih tanah yang murah

Bukan hanya dalam segi harga yang harus terjangkau dimana tanah ini juga harus mudah dijangkau untuk kebutuhan pendistribusian bahan bangunan nantinya. Pilih tanah yang kecil jangan terlalu besar namun cukup strategis dalam menjangkau semua kebutuhan hidup penggunanya.

Semakin luas tanah yang dibeli maka akan membutuhkan material yang banyak pula. Pengguna tidak boleh lupa dengan budget minim yang dimilikinya.

Cara menghitung RAB pembangunan rumah yang minim

Bingung harus memulai anggaran darimana ketika memiliki modal sebesar dua puluh juta dalam membangun rumah ini?

Pengguna tidak perlu khawatir di bawah ini ada gambaran yang bisa diterapkan oleh pengguna. Proses membangun rumah dengan biaya 20 juta yang awal adalah membuat RAB yang jelas dalam setiap transaksi yang akan dilakukan. Isi perhitungan RAB yang bisa dilakukan yaitu:

1. Waktu pembangunan

Hal pertama yang harus dirancang adalah waktu lamanya pembangunan yang akan digunakan. Waktu ini sangat mempengaruhi biaya untuk upah tukang dan juga kebutuhan lainnya sehingga perkiraan selesainya juga tidak boleh sembarangan. Waktu yang dipilih harus pas tidak boleh terlalu lama atau justru terlalu dekat.

Secara umum untuk rumah yang minimalis dan kecil sesuai dengan budget ini untuk menyelesaikannya pengguna membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua bulan. Diambil saja pada satu setengah bulan.

2. Banyaknya pekerja yang dibutuhkan

Hal kedua yang perlu dirancang berikutnya adalah mengenai jumlah pekerja yang dibutuhkan. Pengguna wajib memperkirakan berapa tukang yang sanggup mengerjakan tipe rumah milik Anda dengan waktu yang telah ditetapkan tersebut. Contohnya ambil saja dua tukang untuk ini.

3. Upah tukang

Upah tukang mudah dihitung harian saja dimana setiap harinya untuk satu tukang mendapatkan upah Rp 75.000,- sehingga untuk dua tukang membutuhkan uang Rp 150.000,-.

Dari penjabaran di atas bisa dilihat bahwa uang yang dibutuhkan untuk membayar upah pekerja dalam kurun waktu satu bulan setengah adalah 45 x Rp 150.000,- maka hasilnya adalah Rp 6.750.000,-. Biaya ini dihabiskan ketika pengguna tidak ikut turun ke lapangan.

Namun ketika pengguna ikut membantu maka anggap saja pengeluaran tukang ini bisa dikurangi sepuluh hari, maka hitungannya menjadi 35 x Rp 150.000,- = Rp 5.250.000,- untuk upah pekerja keseluruhan.

Kemudian lanjut dalam hal material yang akan dibeli dimana untuk pembelian material fondasi dan sejenisnya akan menghabiskan uang Rp. 10.000.000,-. Lalu material untuk genteng dan kayu sebagai ventilasi menghabiskan Rp. 2.500.000,-.

Selanjutnya ada biaya untuk pemasangan listrik yang menghabiskan Rp 1.500.000,-. Maka ketika ditotal secara keseluruhan adalah Rp 19.250.000,- untuk biaya pembangunannya. Kemudian dari modal Rp 20.000.000,- yang dimiliki maka masih ada sisa Rp 750.000,- yang nantinya digunakan untuk biaya tak terduga.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal membangun rumah dengan biaya 20 juta juga contoh perhitungan RAB-nya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini