Cara Membangun Rumah Secara Bertahap Dari Nol

Saat ini sudah banyak yang menerapkan pembangunan rumah dengan bertahap. Terlebih untuk Anda yang memiliki budget minim tentu cukup membantu. Namun untuk melakukan cara membangun rumah secara bertahap ini juga membutuhkan beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi.

Untuk membuat proses pembangunan bertahap ini dapat memperhatikan beberapa hal yang harus diterapkan untuk rumahnya seperti berikut.

Cara membangun rumah secara bertahap dengan budget terbatas

1. Gunakan partisi ruangan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan untuk penggunaan partisi ruangan. Partisi dalam ruangan nyatanya cukup membantu dalam menekan biaya dalam pembuatan tembok sebagai pembatas yang paten. Partisi ini juga mudah sekali dipindahkan jadi bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Partisi yang mudah dipindahkan ini cukup menjadi solusi untuk pembangunan rumah bertahap. Partisi ini bisa digunakan sebagai pembatas antar ruangan yang masih belum jadi sepenuhnya. Bahkan partisi ini juga bisa menjadi solusi untuk rumah yang minimalis sehingga mengurangi pembangunan tembok.

2. Gunakan skala prioritas

Cara membangun rumah dari nol secara bertahap berikutnya adalah dengan membuat skala prioritas dimana Anda bisa mendahulukan bagian mana yang harus dibangun dan diselesaikan terlebih dahulu. Pengguna bisa menentukan ruangan mana dahulu yang akan dijadikan untuk fungsi yang krusial.

Sebagai contohnya tentu Anda harus menyelesaikan pembangunan kerangka rumah secara keseluruhan. Dengan begitu bisa langsung membagi antar ruang yang akan difungsikan untuk kebutuhan krusial. Kebutuhan krusial yang dimaksud bisa berupa kamar mandi, kamar tidur dan juga ruang tamu.

Skala prioritas ini bisa membantu Anda untuk bisa memaksimalkan uang yang ada terlebih dahulu. Jadi Anda bisa menempati rumah tersebut meskipun pengerjaannya belum selesai sepenuhnya.

3. Beli material sesuai kebutuhan

Pengguna harus lebih pasti dalam membeli material sesuai dengan kebutuhannya. Pengguna harus menjaga iman dan keinginan dalam dirinya untuk tidak membeli material di luar RAB dan kebutuhannya. Pembangunan ini harus diutamakan dalam hal kebutuhan kerangka dan pembenahan ruang khusus terlebih dahulu.

Jaga diri Anda dalam membeli barang-barang bagus yang sekiranya kurang dibutuhkan untuk pembangunan bertahap yang satu ini. RAB yang telah dibuat susah payah harus dipatuhi dengan benar agar pengeluarannya tidak sampai membengkak. RAB ini tidak boleh diingkari oleh penggunanya.

4. Gunakan konsep yang tepat

Hal yang satu ini cukup krusial untuk membantu dalam menyesuaikan jumlah kepemilikan budget dengan konsep rumah yang dimiliki. Konsep yang pas juga menyelamatkan Anda dari budget yang terlalu membludak, jadi Anda bisa menahan diri.

Pengguna harus memikirkan dengan seksama jenis konsep rumah dengan desain yang bagaimana dan harus menyesuaikan dengan uang yang ada. Desain yang simpel juga memberikan keuntungan tersendiri yakni dalam hal kecepatan selesainya pengerjaan dan bisa segera ditempati/

5. Pemilihan lahan

Selanjutnya yang bisa dipertimbangkan adalah mengenai pemilihan lahan rumah. Cara membangun rumah tumbuh dari nol yang satu ini harus dipikirkan sekaligus dengan desain rumah yang akan digunakan. Selain menentukan luas tidaknya tanah yang akan dibeli, Anda juga harus memilih jenis tanah untuk memudahkan proses pembangunannya.

Jenis tanah ini akan mempengaruhi tentang jenis fondasi rumah yang akan digunakan untuk rumahnya. Tanah keras, tanah lunak dan gembur tentu membutuhkan jenis pemilihan lahan yang tepat untuk mengecilkan budget untuk pembuatan fondasinya. Jadi tanah yang sudah mampu mencengkeram dengan kuat tidak membutuhkan material yang terlalu banyak untuk pembuatan fondasi.

6. Buat RAB

Hal keenam yang perlu dirancangkan dengan seksama adalah mengenai RAB yang akan digunakan untuk pemutaran uangnya. RAB ini harus dibuat senyata mungkin dengan perhitungan dan perkiraan yang tepat. Sehingga dengan begitu Anda bisa langsung membayangkan ke mana saja uang yang dimiliki akan berputar.

Yang perlu dimasukkan ke dalam RAB ini bukan hanya perihal material saja melainkan juga biaya untuk tenaga ahli sampai dengan biaya yang tak terduga. Jadi uang yang ada bisa lebih maksimal penyebarannya.

7. Perencanaan

Hal yang satu ini juga tidak boleh tertinggal sebelum melakukan pembangunan rumah secara berkala. Perencanaan ini bisa dimulai dari pemilihan lokasi lahan, material yang digunakan sampai dengan jasa kontraktor yang diinginkan. Dengan begitu Anda bisa membayangkan kesesuaian budget dengan total harga yang dibayarkan.

Kelebihan bangun rumah bertahap

Selain memudahkan Anda yang memiliki budget minim untuk pembangunan rumah, nyatanya rumah tumbuh ini juga memiliki kelebihan lain untuk penggunanya. Adapun kelebihan yang akan didapatkan bisa dilihat di bawah ini:

  • Penanganan kerusakan yang mudah

Selain mengetahui cara membangun rumah dari nol budget kecil ternyata kelebihan dari rumah tumbuh ini adalah dalam hal kemudahan penanganan kerusakannya. Rumah tumbuh ini tentu memiliki spot-spot kecil yang mudah dijangkau oleh pemiliknya, sehingga ketika mengalami kerusakan langsung bisa ditemukan dengan mudah.

Penanganan kerusakan ini juga tidak memerlukan biaya yang terlalu banyak karena kerusakan kecil yang bisa diantisipasi biasanya cukup dibenahi saja. Pengerjaan bangunan yang bertahap juga membuat Anda lebih memaksimalkan ruang prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu termasuk jika ada kerusakan di dalamnya.

  • Tidak masalah dengan pertambahan keluarga

Hal kedua yang menjadi kelebihannya adalah memudahkan Anda ketika mengalami pertambahan keluarga. Rumah yang sudah paten jadi dari awal akan menyulitkan Anda untuk merenovasinya. Namun untuk rumah tumbuh tentu akan lebih mudah jika ingin menambah kamar atau ruang lainnya.

Rumah tumbuh ini memiliki akses bongkar yang lebih aman tanpa merusak bagian rumah yang lain. Rumah jenis yang satu ini juga membuat Anda lebih bisa mengatur pengeluarannya lebih bagus. Pertambahan keluarga yang mendadak sebanyak apa pun bisa diatur dengan cukup baik.

  • Keterbatasan dana yang bisa diatasi

Hal ketiga yang bisa didapatkan adalah dengan kemudahan mengenai keterbatasan data yang bisa diatasi. Rumah tumbuh ini pada awalnya hanya digunakan untuk penggunaan seorang diri atau berdua. Dengan begitu Anda bisa membangun rumah ini terlebih dahulu dengan dana yang mepet sekalipun.

Jadi bila nanti Anda memiliki dana yang lebih banyak baru bisa membangun ruangan lain sesuai dengan kebutuhannya. Pengguna bisa melakukan penambahan ruangan sesuai dengan budget yang dimiliki jika nanti sudah ada. Rumah bentuk ini sangat mudah untuk dibongkar baik ditambah ruang atau direnovasi.

  • Desain yang bebas

Hal keempat yang menjadi kelebihannya adalah rumah yang satu ini bisa dipasang menggunakan desain yang bebas. Kebebasan desain ini membantu Anda untuk mewujudkan rumah yang diinginkannya meskipun dananya sangat minim. Pengguna bisa melakukan pembangunan secara bertahap.

Sebagus apa pun desain yang diinginkan tetap bisa untuk diwujudkan hanya saja Anda harus bersabar untuk melakukan pembangunan secara bertahap. Dengan begitu tidak terasa pembangunan akan selesai.

Itulah beberapa hal mengenai cara membangun rumah secara bertahap yang sekiranya dapat membantu khususnya bagi yang memiliki budget atau anggaran terbatas. Semoga artikel Bintoro Build ini bermanfaat.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini