biaya bangun rumah type 36

Beberapa Jenis Biaya Yang Dimasukkan dalam Biaya Bangun Rumah Type 36

Dalam melakukan perkiraan biaya bangun rumah type 36 harus memperhatikan beberapa hal penting. Rumah ini memiliki ukuran lebih minimalis dibandingkan jenis lainnya sangat cocok untuk tinggal sendiri atau keluarga kecil. Bukan hanya fokus untuk biaya bahan bangunan saja namun ada banyak komponen yang harus diperhatikan.

 

Beberapa Jenis Biaya Yang Dimasukkan dalam Biaya Bangun Rumah Type 36

1. Biaya tidak terduga

Biaya yang banyak dilewatkan ketika proses pembangunan rumah adalah biaya tidak terduga. Banyak yang menyepelekan biaya yang satu ini karena dianggap tidak perlu dan membuat uang rumah menjadi membengkak. Padahal biaya ini sangat penting hukumnya saat proses pembangunannya.

Pada proses pembangunannya tidak selalu lancar sesuai harapan bisa jadi harus tertunda atau adanya kerusakan bahan bangunan. Jadi biaya yang bisa mengkover semua itu ada diambil dari biaya tak terduga. Bahkan jika terjadi kecelakaan kerja atau bencana alam lainnya juga tidak bingung lagi mencari dana tambahan.

 

2. Tenaga ahli

Dalam pembuatan rumah yang berpengaruh besar dalam pembengkakan biaya bangun rumah type 36 2021 ini adalah mengenai tenaga ahli. Ternyata berbeda ahlinya mereka menerima gaji dengan jumlah yang berbeda juga. Inilah pentingnya memperkirakan kebutuhan tenaga kerja dengan rumah yang akan dibangun.

Jumlah tenaga kerja yang banyak membuat proses pembangunannya menjadi lebih cepat. Sementara tenaga kerja yang sedikit tentu membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan bangunannya. Perkirakan dengan baik sesuai jobdesk mereka masing-masing. Biasanya biaya untuk tenaga kerja harian mulai 70 ribuan sampai 200 ribuan per harinya.

Untuk rumah type 36 ini cenderung memerlukan tenaga ahli yang lebih sedikit mengingat rumah yang dibangun juga sempit. Jadi jika memiliki budget lebih bisa menggunakan tenaga harian saja. Hal ini menjamin proses pembangunan yang lebih detail dan terpercaya. Namun tidak ada salahnya juga mencoba tipe borongan untuk lebih hemat dan cepat.

 

3. Material

Yang penting dalam pembangunan adalah material untuk pembentukan bangunannya. Dalam hal ini Anda memerlukan biaya yang cukup banyak untuk menyelesaikan rumah type 36. Jadi pastikan memilih material bangunan dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya bagus.

Pilih material kerangka yang akan digunakan seperti halnya besi, kayu atau fondasi lain yang dikehendaki. Detail kecil ini akan mempengaruhi keseluruhan biaya yang harus dibayarkan oleh pembangunan ini.

 

4. Luas bangunan

Hal penting keempat dalam perhitungan biaya bangun rumah type 36 termurah ini adalah mengenai luas bangunannya. Harga dari setiap bangunan tentunya akan beragam tergantung beberapa aspek yang mempengaruhinya. Seperti halnya untuk rumah yang berada di pinggir jalan maka harganya akan lebih mahal.

Cari tahu terlebih dahulu harga pasaran yang diberikan seperti halnya jika per meternya dijual 2 jutaan maka cukup kalikan dengan 36. Total dari 2 juta dikalikan dengan 36 adalah 72 jutaan rupiah. Harga ini menjadi patokan untuk jumlah biaya yang dihabiskan dalam membeli bangunannya.

Beda lagi jika membeli hanya berupa tanah saja. Anda harus menghitung berdasarkan luas dan harga per meterperseginya. Ambil saja luas lahan yang digunakan adalah 70 meter persegi sementara harga tanahnya adalah 4 jutaan. Maka kalikan saja 4 juta dengan ukuran tanah 70meterpersegi ini. Hasilnya adalah sekitar 280 jutaan saja untuk tanahnya.

 

Baca juga: Yang Harus Diperhatikan Saat Menghitung Biaya Bangun Rumah Sederhana

 

Inspirasi Desain Dan Penataan Ruang Rumah Type 36

Setelah mengenal perkiraan biaya untuk tipe rumah tersebut Anda bisa memilih desain impian. Adapun rekomendasi desain untuk rumah 36 bisa dilihat sebagai berikut:

1. Lantai 2

Tidak ada salahnya untuk mengubah konsep rumah minimalis ini menjadi bentuk rumah dengan lantai dua. Rumah ini cocok digunakan untuk memberikan wadah ruangan yang lebih banyak. Anda cukup membagi dua lantai ini menjadi kelompok ruangan yang diinginkan.

Seperti contohnya untuk lantai dua banyak digunakan untuk kamar dan area privasi lainnya. Sementara untuk lantai pertama untuk keperluan operasional seperti dapur maupun ruang tamu. Selebihnya bisa diatur sendiri untuk mendapatkan pengaturan ruangan yang lebih baik.

 

2. Teras rumah

Memiliki rumah minimalis dengan teras tentu bukanlah menjadi hal yang baru lagi. Anda tetap bisa mendapatkan teras rumah dengan mengorbankan sedikit dari luas rumah untuk terasnya. Ada banyak yang bisa ditambahkan untuk teras ini agar tetap terlihat menarik untuk digunakan.

Teras rumah ini banyak digunakan untuk tempat bersantai, bercengkerama maupun digunakan untuk taman. Tentunya bisa diberikan bantuan dari pot bunga agar tanaman bunga menjadi lebih tertata rapi. Banyak juga yang memberikan ruang untuk memelihara burung agar rumahnya terlihat lebih ramai.

 

3. Warna abstrak

Banyak yang bilang dalam biaya bangun rumah type 36 terbaru jika menggunakan warna ramai akan membuatnya menjadi sempit. Namun nyatanya tanggapan ini belum sepenuhnya benar tergantung penggunaan dan penataannya. Anda tidak perlu melakukan blocking pada keseluruhan ruangan dengan warna ini.

Anda bisa fokus pada beberapa titik ruangan yang menjadi point utamanya saja. Hal ini justru akan meningkatkan keindahan dari ruangan yang diinginkan. Seperti halnya sebagai hiasan untuk ruang tamu dan ruang tidur. Cara ini justru akan memberikan sisi unik dari masing-masing ruangannya.

 

4. Kamar mandi kering

Banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan kamar mandi dengan konsep kering. Anda tidak perlu banyak memberikan komponen di dalamnya hanya perlu bak mandi dan juga kran air. Gunakan closet duduk agar ruangannya terlihat lebih estetik. Umumnya mereka memakai warna putih untuk warna utamanya.

Sementara untuk warna paduannya adalah hitam dengan tekstur. Hal ini mampu memberikan perpaduan yang lebih seimbang untuk digunakan. Warna hitam dengan tekstur ini banyak dipakai untuk menutupi kotoran atau lumut yang bersarang dalam kamar mandinya.

 

5. Dapur terbuka

Untuk memberikan efek ruangan yang lebih besar memang harus banyak akal yang dimasukkan dalam pengaturan ruangan type 36 ini. Seperti halnya untuk penataan dapurnya, direkomendasikan untuk memilih tipe dapur yang terbuka. Dapur terbuka tidak memerlukan penyekat dan ruangan yang lebar.

Anda hanya perlu kitchen set yang menempel pada dinding dan furnitur kecil untuk menampung beberapa alat masaknya. Dapur ini bisa diletakkan di pojokan ruangan untuk memanfaatkan ruang yang masih longgar.

 

6. Kamar tidur

Anda tidak perlu berharap banyak untuk kamar tidurnya. Kamar yang biasa digunakan untuk type rumah 36 ini hanya mampu menampung single bed dan meja saja. Anda tentu tidak bisa menaruh meja besar hanya berupa lemari kecil. Terkadang jika dibuat sedikit lebar mampu membuat lemari baju masuk ke dalamnya.

Gunakan perpaduan warna yang cerah untuk membuat ruangan terlihat lebih luas dari sebelumnya. Hindari juga pemilihan furnitur untuk kamar yang terlalu ramai.

Biaya bangun rumah type 36 ini umumnya memang lebih ringan untuk dilakukan. Rumah type ini cukup nyaman untuk sendirian maupun pasangan baru. Rumahnya terlihat lebih estetik karena penataan yang lebih simpel untuk digunakan. Untuk membangunnya Anda bisa menggunakan Jasa Bangun Rumah Bintoro dengan menghubungi kami di (021) 2179 8956 atau 0813 4000 8080 serta melalui email di [email protected] sekarang juga.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini