Biaya Bangun Rumah Sederhana

Yang Harus Diperhatikan Saat Menghitung Biaya Bangun Rumah Sederhana

Dalam membangun sebuah rumah komponen yang harus diperhatikan salah satunya adalah biaya bangun rumah sederhana. Rumah sederhana biasanya diartikan dalam ukuran yang sempit dan tidak banyak ruangannya. Rumah ini juga tidak membutuhkan banyak biaya dalam proses pembangunannya. Banyak dipilih untuk pembangunan rumah dengan budget yang minim.

 

Yang Harus Diperhatikan Saat Menghitung Biaya Bangun Rumah Sederhana

1. Rincian kasar biaya

Hal pertama yang perlu dipahami dalam pembangunan rumah sederhana ini mulai dari 2 jutaan saja. Namun ada juga yang mematok budget sampai dengan 5 jutaan tergantung banyaknya variasi yang digunakan. Anggaran rincian kasar ini biasanya dihitung dari kebutuhan yang terlihat dengan jelas.

Anggaran ini bisa dilihat dari menggabungkan beberapa kebutuhan seperti proses persiapan yakni kebutuhan lahan dan pembersihannya. Kemudian keperluan dalam bentuk pondasi rumah, biasanya berupa pemasangan dan galian tanah. Terakhir ada struktur pembangunan rumah seperti dinding dan lainnya. Semua komponen itu nantinya akan dijumlah dan ditemukan rincian untuk biaya kasar.

 

2. Biaya selain pembangunan

Hal kedua yang perlu dimengerti dari biaya bangun rumah sederhana termurah ini juga berkaitan dengan biaya luar pembangunannya. Biaya ini banyak yang menyepelekan padahal jumlahnya juga cukup banyak. Sehingga banyak yang keteteran dengan adanya biaya selain pembangunan ini.

Umumnya biaya di luar pembangunan ini adalah biaya untuk IMB, pembayaran pajak untuk rumah dan biaya administrasinya. Belum lagi untuk keperluan dekorasi dan penataan perabot dalam rumahnya. Nyatanya Anda harus memiliki budget yang lebih di luar kebutuhan untuk pembangunan rumahnya.

 

3. Perhatikan hunian yang akan digunakan

Hal ketiga yang tidak kalah penting adalah pahami dengan jelas hunian yang akan dibeli. Cara ini membuat Anda lebih real dalam mengenal ukuran dan harga asli dari bangunan impiannya. Yang pertama kali harus dihitung adalah berkaitan dengan ukuran rumah. Sekilas Anda bisa melihat luas atau sempitnya rumah yang akan digunakan. Hanya saja untuk rumah yang sederhana biasanya menggunakan ukuran yang sempit.

Kemudian mengenai harga permeter yang dijual dari bangunan atau tanah tersebut. Pertama pastikan mengetahui ukuran panjang dan lebar dari bangunan yang dipilih. Kemudian jumlahnya harus dikalikan lagi dengan pembiayaan pembangunan permeter perseginya. Diambil contoh saja jika luas dari bangunan adalah 400 m2 maka dikalikan dengan harga pembangunan sekitar 4 juta. Maka hasil perkalian dari keduanya adalah 1,6 miliar.

 

4. Ketahui keuntungan anggaran yang nyata

Banyak orang yang menyepelekan juga dalam pembuatan anggaran biaya bangun rumah sederhana terbaru. Hal inilah yang perlu dipahami agar tidak sampai salah mengartikannya. Membuat anggaran berarti Anda harus merinci semua biayanya dengan jelas sampai dengan biaya tidak terduga.

Sehingga dengan membuat anggaran ini jumlah yang harus dikeluarkan hampir mendekati atau sama persis. Uang yang dimiliki untuk menutupi kebutuhan pembangunan rumah dan lainnya menjadi lebih terjamin. Inilah rahasia seseorang membangun rumah tanpa melebihi budget yang dimilikinya.

 

5. Catat dan pertimbangkan

Hal penting kelima yang tidak boleh ditinggalkan adalah Anda boleh mencatat ide apa saja untuk pembangunan rumahnya. Namun jangan semuanya digunakan apalagi jika konsep yang digunakan adalah rumah sederhana. Pertimbangan ini akan menyelamatkan Anda dari budget yang melebihi batas.

Ketika menemukan konsep yang bagus catat saja kemudian pilih yang sekiranya cocok digunakan untuk rumahnya. Sementara yang terkesan terlalu mewah dan mahal harus dipikirkan lagi.

 

Baca juga: Hal Yang Mempengaruhi Biaya Bangun Rumah 3 Lantai Yang Harus Dipertimbangkan

 

Strategi Penataan Ruangan Rumah Sederhana Dengan Konsep Terbaik

Dalam menggunakan biaya pembangunan ini juga harus diimbangi dengan pemikiran konsep yang tepat. Untuk rumah yang sederhana Anda bisa menggunakan beberapa strategi sebagai berikut:

1. Penataan ruangan yang pintar

Strategi pertama yang bisa digunakan untuk menata rumah sederhana adalah berkaitan dengan menata ruangan dengan pintar. Pertama kali pikirkan ruangan yang memiliki fungsi hampir sama dan ketika disatukan tidak masalah.

Seperti halnya penggunaan ruang tamu dan ruang keluarga. Hindari penggunaan sekat untuk membuat ruangannya terlihat lebih luas walaupun menyatu. Pemikiran ini tentu sangat tepat untuk membuat ruangannya tidak boros.

Penataan cermat lainnya yang bisa digunakan adalah penggabungan ruang dapur dan ruang makan. Keduanya hampir memiliki fungsi yang sama dan lebih efisien jika digabungkan tanpa sekat.

 

2. Perabot senada

Strategi kedua yang cocok untuk rumah sederhana adalah dengan memilih perabot yang senada. Penataan perabot senada ini akan membuat penataan ruangannya menjadi lebih berkelas. Umumnya menggunakan bahan dari kayu atau pemilihan warna cokelat karena bisa membuat ruangannya lebih penuh.

Sangat cocok ketika memiliki ruangan yang terlalu kosong namun bingung harus diisi dengan furnitur apa. Pertimbangkan dekorasi yang dibutuhkan agar tidak terlalu ramai atau terkesan aneh karena tidak senada. Perhatikan juga penataan perabot dalam ruangan agar tetap senada dan tidak menghalangi aksesnya.

 

3. Ruang tidur estetik

Selain memperkirakan biaya bangun rumah sederhana terupdate ini juga harus memikirkan desain untuk kamarnya. Perlu dipahami bahwa kamar adalah tempat yang banyak digunakan untuk menghabiskan waktu. Sehingga dalam segi penataannya memang harus bagus dan nyaman.

Hanya saja banyak yang berpikiran untuk mendapatkan kamar seperti ini pasti menghabiskan uang banyak. Anda hanya perlu bermain dalam pemilihan perabot dan penataan dalam ruangannya. Penataannya bisa fokus dalam pemilihan lampu yang estetik dan model tradisional. Kemudian untuk dindingnya bisa memilih wallpaper dinding yang cantik. Hal ini akan menghemat budget untuk pembangunan rumahnya.

 

4. Dapur modern

Anda tentu pasti tahu saat ini penggunaan dapur gaya modern banyak dipilih karena lebih hemat tempat. Dapur modern ini cenderung hanya menggunakan kitchen set sebelah saja. Kemudian untuk penempatan kebutuhan dapur bisa menggunakan lemari atau rak kecil saja.

Bahkan ada juga yang memanfaatkan tipe dapur terbuka untuk membuat space ruangan lain menjadi lebih lebar. Hanya saja hal ini menuntut Anda untuk lebih cekatan dalam membersihkan setiap kotoran setelah memasak.

 

5. Plafon kayu

Ketika masih ingin menggunakan sekat yang tidak paten Anda bisa menggunakan plafon kayu. Plafon ini mampu memberikan aksen yang alami namun tetap kokoh untuk digunakan. Bahkan bentuknya juga cocok digunakan untuk penambahan dekorasi pada dinding agar lebih estetik.

Bahan yang digunakan dalam plafon kayu ini juga tidak banyak memakan ruangan ketika digunakan. Sekat dari kayu ini anti memberikan rasa sumpek jadi tetap nyaman untuk digunakan.

 

6. Maksimalkan fungsional dari setiap ruangan

Anda juga harus paham dalam pembuatan setiap ruangan harus mengedepankan fungsionalitasnya. Jadi fokus untuk membuat ruangannya sampai bisa berfungsi dengan baik. Jangan hanya memikirkan dekorasi apa yang akan digunakan nantinya. Cara ini mampu menekan budget pembangunan yang terlalu mahal.

Dengan adanya perhitungan biaya bangun rumah sederhana yang jelas tentu sangat menguntungkan. Anda tidak perlu lagi ketakutan ketika budget yang dimiliki kurang atau budget yang membengkak dari rencana awal. Untuk membangunnya Anda bisa menggunakan Jasa Bangun Rumah Bintoro dengan menghubungi kami di (021) 2179 8956 atau 0813 4000 8080 serta melalui email di [email protected] sekarang juga.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini