Biaya Bangun Rumah 3 Lantai

Hal Yang Mempengaruhi Biaya Bangun Rumah 3 Lantai Yang Harus Dipertimbangkan

Salah satu jenis rumah yang banyak dipilih untuk tanah yang sempit adalah tipe 3 lantai. Namun yang menjadi masalahnya adalah perkiraan biaya bangun rumah 3 lantai. Banyak yang menganggap biaya untuk pembangunan rumah tipe ini cukup mahal sehingga sulit untuk dijangkau meski kenyataannya tidak demikian. Berikut beberapa hal yang bisa mempengaruhi biayanya yang harus Anda pertimbangkan saat ingin membangun rumah.

 

Hal Yang Mempengaruhi Biaya Bangun Rumah 3 Lantai Yang Harus Dipertimbangkan

 

1. Lantai 3 mewah minimalis

Tipe pertama yang bisa digunakan untuk jenis rumah tiga lantai adalah konsep minimalis mewah. Tipe yang satu ini banyak dikerjakan dengan menyewa seorang kontraktor untuk mempermudah pengerjaannya. Bentuknya yang kecil namun cukup mewah ketika digunakan.

Perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan untuk tipe yang satu ini adalah sekitar 5 miliar rupiah. Harga ini bisa saja bertambah banyak tergantung jenis material dan beberapa detail lain yang dibutuhkan selama pembangunannya. Jumlah ini sudah termasuk tanah dan juga keperluan lain untuk membuat bangunan ini siap dihuni.

 

2. Luas tanah dan bangunan

Hal kedua yang perlu dipahami dalam biaya bangun rumah 3 lantai terbaru adalah berkaitan dengan tanah dan bangunannya. Untuk keperluan mewah dan minimalis umumnya ukuran yang dibutuhkan dalam hal ini adalah sekitar 600 meter persegi. Sementara untuk bangunannya harus lebih besar sedikit, biasanya ditambah 20 meter persegi.

Rumah dengan bentuk tiga lantai ini jarang digunakan untuk keperluan pribadi saja. Kebanyakan dipakai untuk membuat sebuah penginapan seperti villa. Entah nantinya untuk kepentingan komersial atau memang digunakan untuk keluarga saja. Garasi yang ada di dalam rumah ini juga cukup longgar. Kira-kira sekitar 5-6 mobil bisa masuk ke dalamnya.

 

3. Garansi untuk konstruksi selama proses pembangunannya

Informasi ketiga yang harus dipahami selain biaya pembangunan dan juga tanah yang harus dibeli adalah garansinya. Umumnya konstruksi memberikan garansi selama 3 bulan untuk mengukur kekuatan hasil pembangunannya. Jangan lupa pada masa garansi ini harus benar-benar dipastikan kekuatannya.

Anda harus meneliti bagian kerekatan tembok, kran, kebocoran pipa dan  hal lainnya yang mungkin saja bisa terjadi. Perhatikan juga biaya lainnya untuk kepentingan pembangunan rumah seperti biaya air, pajak, serta surat perizinan terkait. Nyatanya uang yang disiapkan untuk pembangunan rumah harus lebih dari perkiraan.

 

4. Tahan gempa

Mengingat kondisi Indonesia yang memang rawan gempa maka disarankan untuk rumah baru menggunakan konsep tahan gempa. Tentunya material yang dibutuhkan akan menjadi bertambah. Anda perlu memperkirakannya ketika menggunakan biaya bangun rumah 3 lantai terupdate yang satu ini.

Umumnya kontraktor akan mengerti proses pembangunan sesuai standart SNI yang berlaku. Diskusikan saja desain rumah impian namun masih bisa bertahan terhadap gempa dengan cukup baik. Utamakan komunikasi dengan pihak yang terlibat dalam proses pembangunannya agar bisa berlangsung dengan baik.

 

5. Desain rumah

Nyatanya Anda juga butuh sebuah desain rumah untuk membuat konsep lebih real dan memudahkan proses pembangunannya. Untuk desain 3D ini juga memerlukan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang diberikan sudah termasuk biaya revisi yang terjadi sampai dengan 3 kali.

Disarankan agar proses pembuatan desain ini berjalan lebih cepat Anda juga harus memiliki gambaran sendiri. Anda bisa melakukannya dengan sketsa sederhana atau bercerita ketika tidak bisa menggambarnya. Cara ini cukup membantu para designer mewujudkan desain rumah impian tersebut.

 

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

 

Rekomendasi Desain Untuk Rumah 3 Lantai

Setelah paham mengenai perkiraan harga untuk biaya pembangunan rumah tersebut Anda bisa menggunakan desain yang banyak dipakai. Adapun inspirasi desain yang bisa digunakan bisa dilihat sebagai berikut:

1. Rustic

Inspirasi pertama yang bisa digunakan adalah tipe rustic untuk lantai 3. Model ini cocok untuk fasad karena modelnya cukup sederhana. Sehingga bisa melengkapi desain minimalis dalam rumahnya. Disarankan memang untuk menggunakan desain yang simple saja mengingat meskipun tingkat 3 namun tidak begitu luas

Rustic sendiri bisa didapatkan dari bahan-bahan yang sitetis maupun yang langsung alami. Modelnya meliputi bahan dari batu, rotan maupun kayu. Anda bisa memilih salah satu yang sekiranya lebih menarik untuk digunakan.

 

2. Natural

Untuk memberikan desain yang satu ini Anda harus membawa warna utama alami dalam ruangannya. Biaya bangun rumah 3 lantai termurah ini juga harus dipertimbangkan untuk bisa membuatnya natural. Umumnya yang bisa digunakan dalam rumah tipe natural adalah warna putih dan hijau.

Sementara untuk perabot dan desain lainnya bisa dibuat dari bahan alami seperti kayu maupun rotan. Umumnya mereka menggunakan rotan untuk perabot sementara kayu untuk lantai dan ragangan rumah. Dengan begitu suasana rumah menjadi lebih adem untuk digunakan.

 

3. Scandinavian

Rekomendasi ketiga dari desain untuk rumah lantai tiga adalah tipe scandinavian. Tipe ini menggunakan permainan cahaya dan gelap terang. Anda yang suka dengan penataan rumah modern cocok juga menggunakan tipe ini. Tipe ini juga banyak menggunakan warna yang kalem seperti putih, cream dan abu-abu,

Namun lambat laun ada juga yang menggunakan sentuhan lebih terang seperti baby blue atau pink muda. Dengan warna ini ruangan tentu terlihat lebih hangat dan nyaman untuk digunakan. Perpaduan warna dengan cahaya lampu juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu mencolok.

 

4. Modern

Untuk yang satu ini cukup bagus digunakan untuk tipe rumah pinggir jalan. Anda bisa menggunakan banyak hal kekinian untuk membuat rumahnya semakin nyaman. Umumnya mereka menggunakan warna putih untuk membuat ruangannya terlihat lebih luas. Dipadukan juga dengan warna putih dari lampunya agar terlihat lebih longgar untuk digunakan.

Tipe modern ini banyak juga digunakan untuk tipe perumahan yang simpel namun memberikan mode yang elegan. Padukan juga dengan perabot yang lebih mewah sehingga membuat perbandingannya menjadi lebih baik. Ketika ruangannya sudah terlalu sepi maka harus diimbangi dengan perabot yang sedikit ramai.

 

5. Tradisional

Tipe yang satu ini juga cukup nyaman untuk digunakan. Anda tentu sudah sering melihat tipe rumah zaman dahulu yang banyak menggunakan lantai ubin. Rumah ini mampu memberikan efek ruangan yang lebih dingin. Sangat cocok untuk lingkungan rumah yang panas.

Banyak hal mengenai bentuk lampu sampai dengan perabot ruangan yang menggunakan tipe zaman dahulu. Tipe tradisional ini juga sudah banyak yang diubah menjadi semi modern. Seperti halnya penambahan aksen pada pagar maupun lantai 3 untuk keperluan loteng.

 

6. Minimalis

Tidak suka dengan model rumah yang terlalu ramai maka desain yang satu ini adalah rekomendasinya. Tipe minimalis ini membuat ruangannya terlihat lebih luas dan tidak banyak penambahan perabot di dalamnya. Bahkan pemilihan warna di dalamnya juga sangat penting. Diutamakan untuk memilih tipe warna-warna netral ataupun pastel untuk membuatnya lebih serasi.

Dengan adanya rincian biaya bangun rumah 3 lantai tentunya membuat estimasi biaya yang harus dibayar menjadi jelas. Anda tidak perlu lagi menerka-nerka atau menebak biaya yang harus dikumpulkan untuk membangun rumahnya. Jangan lupa untuk memilih desain yang sesuai agar lebih nyaman untuk ditempati. Untuk membangunnya Anda bisa menggunakan Jasa Bangun Rumah Bintoro dengan menghubungi kami di (021) 2179 8956 atau 0813 4000 8080 serta melalui email di [email protected] sekarang juga.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini