Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar

Ketika akan membangun rumah, hal yang penting untuk diperhatikan adalah biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Hal ini diperlukan agar Anda bisa dengan mudah memperkirakan estimasi biaya yang mungkin harus dikeluarkan ketika proses pembangunan rumah. Dengan begitu Anda juga tidak kaget dengan jumlah biaya yang Anda keluarkan karena sudah diperkirakan dari awal. Berikut adalah beberapa rincian biaya yang bisa Anda hitung sendiri ala Bintoro Build.

 

 

Menghitung Biaya bangun rumah minimalis 3 kamar

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar
(Sumber : google.com)

 

1. Ongkos tukang bangunan

Hal yang penting juga adalah ongkos dari tukang bangunan yang akan membantu mengurus atau membantu membangun rumah Anda. Oleh karena itu penting untuk Anda memutuskan jumlah tukang yang akan membantu membangun rumah Anda. Jumlah tukang sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan rumah Anda. Jika Anda ingin membangun rumah dengan konsep 3 ruang kamar tidur, jumlah tukang yang dibutuhkan bisa 3 orang saja.

Selain itu pastikan juga tukang yang Anda gunakan ahli dibidang untuk membangun rumah dengan desain yang Anda inginkan. Sehingga bentuk dari bangunan yang Anda inginkan juga bisa sesuai. Untuk biaya tukang sendiri juga berbeda setiap orang. Biasanya juga disesuaikan dengan bidang pekerjaannya. Kisaran biaya per harinya sekitar Rp 80 – 150 ribu.

2. Bahan bangunan atau material

Biaya yang juga penting untuk diperhatikan adalah mengenai biaya material atau bahan bangunan tersebut. Hal ini karena bisa saja pemilihan bahan dengan biaya yang tidak disesuaikan dan tidak dianggarkan terlebih dahulu bisa membuat pembengkakan biaya yang jauh lebih banyak. Berikut adalah beberapa rincian biaya per jenis bahan yang biasa digunakan saat pembangunan rumah.

  • Semen

Bahan material yang pertama adalah semen. Semen adalah bahan yang juga utama dalam proses pembangunan rumah. Hal ini dikarenakan hampir semua bagian dari rumah menggunakan semen sebagai bahan bangunannya seperti membuat fondasi, dinding, tembok, dan lain sebagainya. Jumlah bahan semen yang dibutuhkan sendiri memang bergantung pada jumlah atau komposisi bangunan yang diinginkan, apakah luas dengan banyak kamar atau kecil namun berlantai lebih dari 1. Harga semen sendiri 50 kilogramnya sekitar Rp 50 ribu, Anda hanya perlu mengalikan dengan jumlah semen yang dibutuhkan. Dalam hal ini Anda bisa bertanya pada tukang.

  • Pasir

Pasir juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam perhitungan biaya bangun rumah minimalis 3 kamar. Pasir di sini akan digunakan sebagai bahan campuran dengan semen untuk membangun dinding. Untuk harga pasir sendiri sekitar Rp 200 ribu per meter kubik.

  • Batu bata merah

Bahan selanjutnya adalah batu bata merah. Batu bata merah cukup sering digunakan dalam proses pembangunan rumah. Untuk menentukan jumlah dari batu bata merah yang dibutuhkan, Anda harus bisa menghitung luas bangunan per meternya kemudian menghitung estimasi yang dibutuhkan. Untuk harga dari bata merah sekitar Rp. 800 rupiah per batangnya.

  • Besi atau baja

Besi atau baja digunakan untuk membangun konstruksi rumah seperti fondasi. Harga dari besi atau baja tersebut sekitar Rp. 15 ribu hingga Rp. 100 ribu per batangnya. Untuk jumlah yang diperlukan tentunya Anda harus bertanya pada tukang.

  • Kayu

Kayu biasanya digunakan untuk kusen pintu dan jendela dan juga kerangka dari komponen atas untuk membuat atap rumah. Harga dari kayu sendiri sekitar Rp. 75 hingga Rp. 100 ribu per meternya.

 

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Minimalis

 

3. Biaya finishing

Menghitung biaya untuk membangun rumah dengan 3 kamar tidur tidak hanya selama proses pembuatan rumah saja melainkan juga proses finishing. Proses finishing ini seperti untuk pembelian cat, ubin lantai, gorden, dan lain sebagainya. Selain itu juga perhatikan biaya untuk pemasangan instalasi listrik dan air di rumah Anda.

4. Biaya lain-lain

Untuk menghindari biaya yang membengkak, penting untuk Anda juga menghitung biaya lain-lain. Biaya lain-lain ini seperti biaya tak terduga yang bisa terjadi seperti untuk membeli bahan tambahan, biaya makan tukang dan lain sebagainya.

Beberapa orang memang memilih membangun rumah sendiri dibandingkan dengan membeli rumah yang sudah jadi. Hal ini karena biaya yang dikeluarkan terkadang bisa diukur sendiri sehingga akan lebih hemat. Agar ketika membangun rumah bisa menghemat pengeluaran, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

 

Tips membangun rumah 3 kamar dengan biaya yang hemat

Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar
(Sumber : google.com)

1. Perencanaan pembangunan rumah

Rencana awal ketika ingin membangun rumah adalah merencanakan pembangunan tersebut seperti mengenai anggaran biaya, ukuran rumah yang diinginkan, hingga waktu atau target penyelesaian. Rencana ini sangat diperlukan agar rencana pembangunan Anda tidak melenceng dari yang seharusnya seperti pembengkakan dana atau waktu pembangunan yang molor.

2. Menggunakan desain yang minimalis

Salah satu untuk hemat biaya bangun rumah minimalis 3 kamar adalah dengan menggunakan desain minimalis. Rumah dengan desain minimalis saat ini bisa dikatakan sedang menjadi tren. Selain itu desain minimalis juga bisa menghemat biaya untuk membangun rumah. Hal ini dikarenakan konsep rumah ini memanfaatkan ruang dan juga luas dari ruangan sebaik mungkin. Rumah dengan desain minimalis ini akan lebih hemat ruang sehingga tidak membutuhkan banyak bahan bangunan. Rumah dengan desain minimalis juga masih sangat modern dan terlihat elegan.

3. Riset harga bahan bangunan

Hal yang juga penting dilakukan untuk mengetahui berapa biaya bangun rumah minimalis 3 kamar adalah dengan mengetahui harga bahan bangunan di pasaran. Harga bahan bangunan yang mahal bisa menjadi salah satu faktor biaya pembangunan yang besar. Oleh karena itu penting untuk Anda melakukan riset atau mengetahui kisaran harga bahan bangunan di pasaran.

Bahkan jika perlu Anda juga bisa membandingkan harga dari satu toko dengan toko yang lain guna mengetahui toko mana dengan harga bahan bangunan yang bagus. Namun penting juga untuk diperhatikan mengenai kualitas dari bahan bangunan tersebut. Hindari untuk memilih bahan bangunan dari segi harga saja tanpa mengetahui kualitas dari bahan tersebut.

4. Membangun secara bertahap

Untuk membangun rumah, tidak selalu harus dilakukan secara langsung atau menunggu semua dana terkumpul. Anda juga tetap bisa membangun rumah minimalis 3 kamar secara bertahap. Misalnya mulai dengan membangun fondasi, membuat bangunan hingga pembuatan atap bisa Anda lakukan secara bertahap dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Namun pembangunan dengan cara ini memang akan memakan waktu yang cukup lama, akan tetapi dengan begitu Anda bisa lebih fokus pada setiap proses pembangunannya. Bahkan Anda juga bisa memantau pengeluaran dan mengumpulkan kembali biaya untuk membangun rumah.

5. Ruangan yang multifungsi

Cara menghemat biaya bangun rumah minimalis 3 kamar yang terakhir adalah dengan membuat ruangan yang multifungsi. Misalnya ruang makan yang menjadi satu dengan dapur. Dengan begitu biaya yang Anda keluarkan juga akan lebih hemat.

Leave a comment

Klik Disini
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum,

Ada yang bisa kami bantu Pak/Bu?