biaya pembuatan rumah kayu sederhana

Biaya Pembuatan Rumah Kayu Sederhana

Memiliki rumah kayu tentu merupakan keinginan banyak orang apalagi jika dibangun di daerah yang jauh dari keramaian. Namun sebelum eksekusi wajib hukumnya bagi Anda untuk melakukan perincian mengenai biaya pembuatan rumah kayu sederhana. Perincian biaya yang tepat akan mendukung keberhasilan pembangunan rumah kayu dengan cepat.

Perhitungan rincian ini harus dibuat dengan sebenar-benarnya agar membantu pemilik untuk membayangkan ke mana saja uang akan dibelanjakan dengan seksama. Simak biaya pembuatan rumah kayu sederhana ala Bintoro Build.

Cara hitung biaya pembuatan rumah kayu sederhana

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

  • Perhitungkan biaya lain-lain

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

Biaya yang perlu diperhitungkan pertama adalah untuk kebutuhan lain-lain. Biaya yang satu ini banyak tertinggal dari perhitungan utama padahal fungsinya cukup krusial untuk menunjang keberhasilan pembangunan rumahnya. Biaya yang satu ini biasa dikenal juga dengan biaya yang tak terduga.

Biaya ini banyak dipakai untuk menambal terjadinya suatu kecelakaan, bencana alam atau kejadian lain yang membutuhkan tambahan biaya di luar anggaran utama. Biaya ini juga bisa digunakan untuk cadangan ketika pembelian material atau kebutuhan lain mengalami kenaikan.

Dengan memiliki anggaran untuk perhitungan biaya yang tepat Anda tidak akan risau lagi jika dirasa biaya utama sudah menipis. Sebagai rekomendasi biaya yang satu ini harus dianggarkan minimal 10 persen dari biaya untuk anggaran utama. Bahkan ketika tidak digunakan biaya yang satu ini bisa kembali untuk disimpan sebagai uang tabungan.

  • Biaya untuk tenaga ahli

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

Daftar biaya pembuatan rumah kayu sederhana berikutnya adalah untuk pembayaran tenaga ahli. Biaya untuk tenaga ahli ini juga harus dianggarkan sebaik mungkin karena tenaga pekerja ini berperan cukup penting dalam pengerjaan materialnya. Jadi harus diimbangi dengan pekerja yang berkualitas untuk menghasilkan bangunan rumah kayu yang bagus.

Untuk anggaran biaya tenaga ahli ini yang pertama kali diperkirakan adalah jumlah tenaga ahli yang diperlukan dalam penyelesaian rumah kayu. Berapa lama rumah ini selesai untuk dibangun dengan jumlah tenaga tersebut. Perhitungkan juga tingkat kesulitan dari desain rumah kayu yang akan dikerjakan.

Pastikan semua hal yang dianggarkan ini cukup realistis untuk dilakukan. Jadi antara banyaknya tukang pekerja, fasilitas yang diberikan dan juga pekerjaan yang harus diselesaikan seimbang. Perkirakan dengan seksama proporsionalitas kinerja dan juga gaji untuk para pekerjanya.

Lebih baik Anda menunjuk seorang pimpinan pekerja untuk memudahkan proses koordinasi pada semua pekerja yang melakukan tugasnya. Rancangan biaya ini tidak boleh asal-asalan dibuat dan harus sesuai dengan budget yang dimiliki. Sistem yang digunakan untuk tenaga ahlinya juga bebas bisa harian atau borongan.

Untuk saran yang pas bagi Anda yang memiliki budget mepet namun menginginkan rumah kayu yang elegan bisa memakai sistem borongan. Kelebihan dari sistem borongan ini adalah biaya yang dihabiskan lebih murah, pengerjaan lebih efisien dan memenuhi keinginan desain yang diharapkan.

 

Baca Juga : Cara Membangun Rumah Secara Bertahap Dari Nol

 

  • Biaya untuk perlengkapan

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

Tips membuat rumah kayu terakhir adalah membuat anggaran untuk biaya perlengkapan. Biaya yang satu ini merupakan biaya inti yang membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan biaya untuk keperluan lainnya. Semua kebutuhan perlengkapan mulai dari material dan dekorasi rumah harus masuk dalam anggaran yang satu ini.

Pembeliannya mulai dari pembuatan kerangka rumah, tembok, cat dinding dan hiasan rumah untuk finishing-nya. Jangan lupa untuk membuat perkiraan yang rasional dengan ukuran yang pas. Harga yang harus dimasukkan juga harus sesuai dengan harga yang ada di lapangan untuk memudahkan penganggarannya.

Jadi dalam pembuatan anggaran untuk yang satu ini harus diiringi dengan survey dalam beberapa toko material. Temukan toko dengan harga dan kualitas yang tepat sesuai dengan kemampuan budget Anda. Jangan sampai terlalu fokus dengan harga yang murah namun mengesampingkan untuk kualitas yang diberikan.

Biaya perlengkapan ini adalah biaya yang membutuhkan perhatian khusus untuk menunjang keberhasilan dalam pembangunan rumah kayunya. Jangan sampai lupa untuk memasukkan perlengkapan yang dibutuhkan ke dalam anggaran bahkan dengan harga yang murah sekalipun karena memiliki pengaruh yang besar.

5 Kelebihan membangun rumah kayu

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

 

Selain cukup nyaman untuk ditempati ternyata rumah kayu juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis rumah lain untuk ditempati. Adapun kelebihan yang didapatkan bisa dilihat di bawah ini:

1. Nilai estetika yang tinggi

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

Bukan menjadi rahasia lagi kalau rumah kayu memiliki nilai estetika yang cukup tinggi dibandingkan dengan rumah dari bahan lainnya. Material yang dekoratif dengan perpaduan warna yang tepat akan membuat tampilan rumahnya menjadi lebih cantik dan nyaman untuk ditempati.

Desain yang tepat untuk rumah kayu yang digunakan akan menunjang sisi komersial jika memang rumah yang dibangun untuk kebutuhan komersial. Penempatan rumah yang tepat di lokasi yang menunjang hunian rumah kayu untuk ditempati.

2. Lebih kokoh dan kuat

biaya pembuatan rumah kayu sederhana

Kelebihan rumah kayu kedua yang bisa didapatkan adalah memiliki struktur yang lebih kuat dan kokoh. Rumah kayu ini terbuat dari bahan kayu yang sudah mengalami perawatan khusus agar tidak mudah keropos saat digunakan untuk pembangunan rumah kayunya.

Kayu bisa menopang beban rumah lebih bagus dibandingkan dengan bahan lainnya. Jenis kayu tertentu nyatanya memang memiliki kekuatan yang cukup baik seperti tempat-tempat olahraga. Rumah kayu juga cenderung tidak membutuhkan perawatan yang terlalu banyak karena tidak mudah keropos.

Bahkan jika rumahnya membutuhkan reparasi maka reparasi yang bisa dilakukan adalah reparasi manual saja. Bahkan untuk rumah yang menggunakan bahan campuran seperti hanya menggunakan kayu untuk dinding dan lantai saja cukup populer digunakan. Lantai dan dinding dari kayu memberikan efek yang cukup dingin untuk penghuni rumahnya.

3. Hemat Energi

Kelebihan berikutnya yang bisa didapatkan dari penggunaan kayu ini adalah lebih hemat energi. Rumah kayu cenderung memiliki suhu yang lebih baik dan nyaman. Setiap energi yang dialirkan dalam rumah akan cepat sampai karena kayu bisa lebih mudah menyerap suara dan energi lain.

4. Ekonomis

Kelebihan selanjutnya yang diberikan dari rumah kayu ini adalah biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau sesuai dengan budget yang dimiliki. Perawatan dari rumah kayu ini tidak akan menghabiskan uang untuk proses perencanaan sampai rumahnya sudah siap untuk ditempati.

Pembangunan rumah ini bisa berlangsung cukup cepat bahkan tidak memerlukan proses pengecatan yang maksimal. Yang perlu dilakukan hanya melapisi bagian kayunya yang sudah siap huni tanpa harus menambah warna lain. Justru warna kayu dan serat bentuk alami ini akan menunjang keindahan dari rumah kayu itu sendiri.

5. Ramah lingkungan

Kelebihan terakhir yang diberikan adalah kayu merupakan bahan yang ramah lingkungan untuk digunakan. Bahkan sisa pembangunan dari kayu ini tidak akan merusak lingkungan dan tetap aman. Struktur kayu yang ada di rumah bisa membantu anggota keluarga di dalamnya terhindar dari karbon dioksida sehingga pengadaan oksigen semakin banyak untuk digunakan.

Itulah beberapa hal mengenai biaya pembuatan rumah kayu sederhana yang perlu diketahui untuk Anda yang ingin membangun rumah kayu.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini