Cara Memasang Keramik Lantai 40×40 Sendiri Dengan Rapi dan Pas

Untuk mendapatkan keramik yang awet Anda wajib tahu mengenai cara memasang keramik lantai 40×40 yang tepat. Untuk proses pengerjaannya ada beberapa langkah yang perlu dilalui dan tidak boleh dilewati satu langkah pun. Keawetan sebuah keramik lantai biasanya juga didukung dari jenis keramik dan juga penanganannya.

Era saat ini membuat perkembangan motif dan jenis keramik lantai semakin berkembang. Anda bisa memilih jenis bahan keramik dan juga motif yang disesuaikan dengan tema ruangan yang akan dipasang.

cara memasang keramik lantai 40x40

Bagaimana cara memasang keramik lantai 40×40?

 

1. Persiapan

Pada tahapan ini yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan waktu eksekusi. Persiapan pertama yang bisa dikerjakan adalah mencari keramik dengan motif dan ukuran yang dikehendaki. Anda harus memperkirakan kebutuhan keramik yang akan dipasangkan.

Untuk tips saja dimana ketika membeli sebuah keramik Anda harus membelinya dalam jumlah yang dilebihkan. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi adanya keramik yang pecah ataupun tidak sempurna sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi bahkan bisa jadi stok keramik yang ada habis.

Lanjutkan dengan melakukan persiapan lainnya yakni nat untuk keramik, aplikator bentuk papan dan juga semen sebagai perekat keramiknya. Jangan lupa lengkapi peralatan dengan pensil, meteran dan benang wol untuk memudahkan proses pengukuran serta pemasangan keramiknya.

2. Ukur dan tandai luas lantai

Setelah selesai dengan tahap persiapan langkah kedua dalam cara memasang keramik lantai 40×40 yang benar ini adalah melakukan pengukuran dengan menggunakan pensil untuk menandai dan meteran untuk menentukan ukurannya. Cara pengukuran ini bisa dimulai dengan menarik meteran dari arah kiri menuju kanan dilanjut dengan atas ke bawah.

Jangan lupa ikuti dengan pemasangan benang wol yang mengarah pada ukuran yang telah dibuat menggunakan pensil dan meteran sebelumnya. Buatlah ukuran yang senada dengan proporsional yang pas. Hindari pemasangan benang yang miring karena mempengaruhi keberhasilan proses pemasangannya.

Keberadaan benang ini sangat penting untuk acuan pemasangan instalasi keramik nantinya. Jadi mengenai ukuran dan kelurusan pemasangannya harus diperhatikan dengan seksama.

 

Baca Juga : Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Yang Nyaman Dan Menarik

 

3. Lakukan perendaman keramik

Banyak yang tidak tahu bahwa sebelum dieksekusi keramik yang sudah dibeli harus melewati proses perendaman terlebih dahulu. Perendaman keramik ini cukup menggunakan air di dalam wadah. Dalam perendamannya juga harus hati-hati jangan sampai berbenturan dan pecah.

Ada tujuan dibalik perendaman keramik ini yakni tingkat elastisitas pada keramik akan semakin meningkat dan keramik bisa mudah menempel ketika dipasang menggunakan semen nantinya. Keramik ini memiliki kelebihan ketika sudah direndam yakni tidak mudah terlepas ketika sudah dipasang.

Anda yang menemui keramik yang mudah terlepas atau kurang elastis ketika dipasang biasanya tidak melewati proses perendaman. Meskipun memang harus sabar dan memerlukan waktu lebih untuk melakukannya namun cara ini bisa meningkatkan kualitas dari keramik yang dipasang.

4. Pemilihan keramik

Dalam pemilihan kualitas keramik juga harus dipertimbangkan dibalik pemilihan motif yang menarik dari keramiknya. Keramik yang memiliki kualitas kurang bagus juga akan memberikan kesulitan tersendiri ketika dipasangkan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang kurang presisi dan cenderung tidak rata.

Dalam pemasangannya juga harus diberikan jarak yang tepat dan tidak boleh terlalu berdekatan. Selisih yang dianjurkan untuk memasang keramik ini adalah mulai 0,2 sampai dengan 0,5 mm. Selisih ini bertujuan agar keramik tidak saling menempel satu sama lain dan hasilnya juga lebih rapi.

5. Pemasangan keramik

Mulailah dengan mengoleskan air semen pada keramik untuk memasangkannya pada lokasi yang telah dibuat menggunakan benang sebelumnya. Lakukan proses ini sampai batas yang ditentukan. Cara pengolesannya juga cukup mudah hanya dengan mencampur semen dengan air kemudian dioleskan pada bagian bawah keramiknya.

Kemudian perhatikan dengan seksama kondisi keramik yang sudah terpasang atau yang masih dalam proses pemasangan. Jangan sampai keramik ini kotor dan segera bersihkan ketika terlihat kotor sebelum noda tersebut sulit untuk dihilangkan. Lihatlah juga bagian permukaan bawah keramiknya dan bersihkan jika ada kerikil atau benda lain yang mengganggu.

Cara memasang keramik lantai 40×40 dengan mudah selanjutnya adalah dengan memadatkan keramik. Pemadatan ini bisa dilakukan dengan mengetuk-ngetuk  bagian keramik yang telah terpasang. Ketukan ini juga bisa digunakan untuk memantau adanya keramik yang kurang menempel ataupun kopong.

Jangan lupa juga untuk memeriksa ketinggian dari keramiknya agar selalu seragam dan sama rata. Anda harus benar-benar jeli dalam melakukan pemasangan keramik ini untuk menghindari kesalahan yang kecil sampai fatal. Terakhir dilanjut dengan pemasangan nat atau pelindung keramik sampai benar-benar kering.

Daftar jenis keramik dan karakteristiknya

• Keramik motif

Jenis keramik pertama yang saat ini banyak digunakan adalah tipe keramik motif. Keramik model seperti ini menyajikan banyak sekali pilihan motif yang menawan seperti abstrak, bunga dan juga tema kekinian yang cukup klasik untuk digunakan. Anda bisa memadukan warna dan motif yang berbeda-beda dari keramiknya ataupun fokus menggunakan satu gambar saja.

Menggunakan teknologi film dalam mencetak gambar untuk keramiknya sehingga hasil gambarnya semakin tajam dan tidak mudah luntur ketika digunakan. Banyak digunakan untuk keperluan keramik kamar mandi pada bagian dinding maupun lantainya.

• Keramik mosaik

Keramik ini terkenal dengan bentuknya yang kecil-kecil seperti pecahan kaca. Modelnya memang rinci namun ketika dirangkai menjadi satu kesatuan akan menampilkan gambar utama yang ingin disajikan. Kombinasi dan pilihan motifnya sangat banyak sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Biasanya jenis keramik ini banyak dipasang pada area lantai yang luas seperti ruang tamu, ruang keluarga maupun ruangan lain yang memungkinkan. Banyak juga yang menggunakan keramik ini untuk dinding kamar mandi.

• Keramik batu alam

Cara memasang keramik lantai 40×40 sendiri adalah memilih bentuk keramik yang sesuai. Salah satu jenis keramik yang direkomendasikan adalah bentuk batu alam. Konsep batu alam ini mampu memberikan sentuhan yang lebih adem untuk rumah, cocok untuk rumah yang ada di area panas.

Motifnya memang tidak banyak detailnya bahkan warna yang disajikan hanya satu jenis yakni warna putih gelap ala batu alam. Namun jika digunakan secara seragam bentuknya akan mengesankan.

• Keramik teraso

Keramik ini memadukan jenis bahan yang sengaja dipecahkan sehingga terlihat sangat estetik ketika melekat pada keramiknya. Keramik ini cocok untuk konsep ruangan yang estetik dan tidak banyak menggunakan hiasan. Cocok untuk dipasang pada area dinding menggantikan penggunaan wallpaper.

Keramik ini bebas saja bisa digunakan untuk eksterior ataupun kebutuhan interior sesuai dengan konsep yang ingin ditampilkan menggunakan keramik tersebut.

• Keramik biasa

Memiliki harga yang lebih murah dan warna yang cenderung satu jenis adalah ciri dari keramik biasa ini. Anda bisa memilih warna putih untuk mendapatkan kesan elegan meskipun budget yang dimiliki sangat minim.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ketahui mengenai cara memasang keramik lantai 40×40 sendiri. Namun apabila Anda tidak bisa memasang sendiri, silahkan cari bantuan dari jasa kontraktor bangun rumah terpercaya yang siap membantu pemasangan lantai keramik.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini