tips memilih keramik dinding dapur

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Yang Nyaman Dan Menarik

Sedang membangun rumah pada bagian dapur tentunya Anda wajib tahu tips memilih keramik dinding dapur untuk menemukan desain yang tepat. Ada beberapa hal penting yang wajib dipenuhi agar keramik dinding dan lantai dapur sesuai dengan konsepnya. Pemilihan keramiknya harus sesuai dengan kondisi dapur yang rentan kotor dan lembap. Pemilihan desain dan warna yang tepat juga bisa menunjang tingkat kenyamanan dari dapur ketika digunakan.

 

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Yang Nyaman Dan Menarik

 

1. Sesuaikan dengan Budget

tips memilih keramik dinding dapur

Tips pertama yang wajib dipenuhi adalah kesesuaian budget dengan keramik yang akan dibeli. Kriteria yang satu ini memang harus diutamakan agar tidak memberatkan Anda dan pemasangan keramik bisa segera dilakukan. Targetkan dana dan anggaran yang tepat agar tidak salah memilih.

Untuk budget ini juga bisa dilakukan dengan survey pada beberapa toko keramik dengan membandingkan tiap harganya. Kemudian Anda bisa memilih harga yang sesuai berdasarkan budget yang ada. Survey harga ini bisa membantu Anda menemukan kualitas yang bagus berdasarkan budget yang ada.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

tips memilih keramik dinding dapur

Tips memilih keramik dinding dapur yang bagus kedua yang bisa digunakan adalah kesesuaiannya dengan ukuran ruangan. Biasanya untuk ruangan yang kecil bisa menggunakan keramik berukuran besar untuk memberikan efek ruangan lebih besar. Kemudian untuk ruangan yang besar bisa memakai keramik berukuran kecil.

Ketimpangan ukuran yang digunakan dalam dinding ruangan dapur ini ternyata juga membuatnya tidak enak untuk dilihat. Pemilihan keramik untuk dapur umumnya direkomendasikan menggunakan keramik dengan ukuran besar. Ukuran besar dalam keramik ini membuat celahnya semakin sedikit.

Perlu diketahui bahwa dapur merupakan tempat yang banyak menimbulkan lemak dan minyak. Sehingga ketika cipratannya terkena cela keramik justru akan semakin sulit untuk dihilangkan. Namun jika nodanya terkena keramik saja proses pembersihannya lebih mudah.

 

Baca Juga : Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Yang Sempit Agar Terlihat Luas

 

3. Pemilihan Warna

tips memilih keramik dinding dapur

Tips ketiga yang bisa dilakukan adalah memilih warna yang tepat untuk keramik dapurnya. Pemilihan warna ini juga harus seimbang antara semua komponen yang ada di dapurnya. Lebih baik menggunakan warna yang serasi dan senada baik untuk keramik maupun area cat dinding dan plafonnya.

Jika plafon dan cat dindingnya cenderung menggunakan warna cerah atau terang lebih baik menggunakan keramik terang. Sementara untuk ornamen lain yang berwarna gelap bisa juga dipadukan dengan keramik berwarna gelap. Perpaduan yang pas akan membuat dapur terlihat lebih estetik.

Anda juga bisa memilih warna keramik sesuai dengan apa yang sudah dirancangkan. Ada juga yang memilih perpaduan warna yang mencolok untuk desain yang lebih abstrak dan kekinian.

4. Motif Keramik

tips memilih keramik dinding dapur

Tips memilih keramik dinding dapur minimalis keempat yang bisa dilakukan adalah memilih motif dan desain yang tepat. Selain pemilihan warna yang tepat ternyata salah memilih motif atau desain juga merupakan kesalahan yang fatal. Saat ini sudah banyak motif yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pemilihan motif ini harus disesuaikan dengan gaya ruangan dapur yang digunakan. Jika gaya ruangannya lebih fokus pada minimalis maka pilihlah motif yang lebih simple dan elegan. Sementara untuk desain dapur yang mewah bisa juga memadukan motif yang sedikit estetik dipadukan dengan pemilihan perabot dapur yang lain.

5. Material yang Digunakan

Tips kelima yang dibutuhkan adalah pemilihan material yang digunakan. Pemilihan material yang tepat ini bisa membantu dalam proses pembersihan noda yang menempel di ruangan dapurnya. Pilih permukaan yang bertekstur seperti dari bahan batu alam atau vinyl.

Pastikan keramik ini juga memiliki ketahanan terhadap uap dan panas dari kompor. Keramik yang tidak tepat pemilihan bahannya biasanya lebih mudah retak dan tidak menempel pada dinding. Pilihlah juga keramik yang memiliki permukaan mengkilat agar mempermudah pembersihan terhadap nodanya.

6. Kreasikan Secantik Mungkin

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah Anda wajib mengkreasikan keramik dapur sesaui impian Anda. Ruangan dapur yang cantik juga membuat seseorang lebih nyaman memasak dan berkreasi di rumah. Padukan beberapa warna cantik atau pastel dengan warna natural untuk membuatnya terkesan tidak monoton.

Tips memilih keramik dinding dapur terbaik yang ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan ornamen dapur yang senada dengan kitchen setnya. Anda bisa menambahkan walpaper dinding atau lukisan yang bergambar buah atau sayuran. Tapi jangan sampai memasang terlalu banyak ornamen karena akan merusak keindahannya.

Tips Memilih Keramik untuk Lantai Dapur Yang Menarik

 

Selain memilih keramik untuk bagian dinding Anda juga wajib memilih keramik yang digunakan untuk bagian lantainya. Ada beberapa kriteria yang perlu dipenuhi untuk bisa mendapatkan keramik lantai yang tepat.

1. Kekuatan Keramik dan Kemudahan Pembersihannya

Kriteria pertama yang wajib dipenuhi untuk pemilihan keramik lantai ini adalah memilih berdasarkan kekuatan dan juga kemudahan dalam pembersihannya. Keramik yang tidak mudah rusak juga akan meminimalisir budget untuk pembenahannya. Di dapur juga banyak gelas dan piring serta barang pecah belah lainnya.

Sehingga tidak menutup kemungkinan benda pecah belah ini akan jatuh ke lantai. Jika keramiknya tidak kuat maka akan menyisakan lecet. Hindari juga memilih lantai yang bertekstur licin karena jika terkena kotoran minyak dan lemak akan sulit untuk dibersihkan.

Jangan menggunakan jenis keramik yang memiliki motif timbul karena hal ini bisa membuat noda minyak lebih susah untuk dibersihkan.

2. Gunakan Unsur Alam

Untuk menambah keindahan dari lantai dapur Anda bisa memasukkan unsur alam di dalamnya. Salah satu unsur alam yang paling cantik untuk digunakan adalah unsur kayu. Unsur kayu ini bisa memberikan sentuhan super klasik bagi dapur Anda sehingga menarik untuk dinikmati.

Pemilihan warna dari motif ini juga harus diperhatikan untuk memilih warna yang sedikit gelap namun jangan yang netral. Warna yang netral cenderung membuat lantai lebih cepat kotor. Dipadukan juga dengan kitchen set yang berbahan kayu atau furniture yang senada.

3. Sesuaikan Budget

Tips memilih keramik lantai dapur ketiga yang bisa digunakan adalah memilih keramik lantai sesuai dengan budget yang dimiliki. Ukur dengan pasti berapa banyak keramik yang dibutuhkan untuk ruangan dapurnya. Kemudian hitungkan berapa banyak biaya sesuai dengan harga keramiknya.

Anda bisa juga sekaligus melakukan survey sama halnya ketika memilih keramik untuk dinding dapurnya. Dengan begitu Anda bisa menemukan harga dari beberapa toko untuk memilih yang paling pas dengan kantong. Perhatikan pemilihan ukuran keramik karena semakin besar juga harganya berbeda.

4. Warna dan Motif

Tips berikutnya adalah pemilihan warna dan motif. Anda bisa memilih warna yang terang dengan motif abstrak untuk menyamarkan noda di lantai. Perpaduan yang tepat antara warna dan motif ini bisa membuat dapur menjadi lebih estetik untuk dipandang. Jangan lupa sesuaikan dengan keramik pada bagian dinding.

Itulah beberapa hal mengenai tips memilih keramik dinding dapur dan lantai yang bisa digunakan ketika membeli keramik dapur untuk renovasi atau membangunnya. Semoga artikel Bintoro Build ini bermanfaat.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini