tips memilih keramik kamar mandi yang sempit

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Yang Sempit Agar Terlihat Luas

Anda butuh tips memilih keramik kamar mandi yang sempit untuk mendapatkan sisi estetik yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membeli keramik yang cocok dengan ruangan yang sempit ini. Meskipun banyak disepelekan, kamar mandi merupakan tempat yang sering dikunjungi sehingga dalam segi keselamatan juga harus diutamakan.

Sehingga dalam pemilihan keramiknya bukan hanya fokus pada segi keindahan dan kesesuaiannya namun juga keamanannya saat dipijak.

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Yang Sempit Agar Terlihat Luas

 

1. Keramik Porselen dan Bebatuan

tips memilih keramik kamar mandi yang sempit

Jenis keramik pertama yang bisa digunakan adalah keramik porselen dan bentuk batuan. Jenis porselen yang satu ini memiliki ukuran yang beragam sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhannya. Bahan keramik ini memiliki struktur yang kuat sehingga tahan terhadap kelembaban air terutama dalam area shower.

Anda juga bisa memberikan tambahan lapisan untuk membuatnya semakin kuat. Permukaannya yang kesat juga menjadi nilai plus tersendiri selain karakteristiknya yang mampu membuat kamar mandi terlihat estetik. Untuk ruangan yang sempit bisa menggunakan perpaduan ukuran dari keramik besar dan kecil.

2. Porselen yang Mudah Dibersihkan

tips memilih keramik kamar mandi yang sempit

Tips memilih keramik kamar mandi yang sempit terlihat luas kedua yang bisa dipilih adalah porselen yaitu tipe yang mudah dibersihkan. Kamar mandi adalah area yang lembap dan sering terkena air sehingga dalam keramiknya pasti banyak lumut dan kotorannya.

Porselen dengan tipe yang menyerap noda dan susah dibersihkan tentu menyulitkan ketika ingin menggosok kamar mandi. Terlebih jika keramik yang digunakan memiliki motif yang timbul sehingga kotorannya akan tersangkut pada sela-selanya. Alternatifnya adalah memilih porselen dengan permukaan datar dan tidak banyak motif.

 

Baca Juga : Tips Memilih Keramik Lantai Dapur

 

3. Pentingkan Kualitas

tips memilih keramik kamar mandi yang sempit

Tips ketiga yang harus diperhatikan adalah mengenai kualitas dari porselen yang digunakan. Kualitas memang menjadi acuan bagus tidaknya sebuah keramik untuk dipasang. Keramik dengan kualitas bagus juga lebih awet dan tidak mudah pecah ketika digunakan terus menerus.

Keramik yang bagus akan memiliki kerapatan yang cukup baik dan mudah menempel ketika dipasangkan. Dengan begitu tidak akan terjadi masalah lepasnya keramik meskipun banyak terkena cipratan air. Pilihlah keramik kualitas bagus dengan rongga padat agar tidak mudah tergenang oleh air.

4. Pemilihan Warna Keramik

tips memilih keramik kamar mandi yang sempit

Untuk keperluan kamar mandi biasanya direkomendasikan menggunakan warna-warna cerah untuk membuatnya lebih estetik. Warna cerah ini juga memudahkan seseorang untuk memantau bersih tidaknya keramik kamar mandi. Warna yang cerah juga membantu mengenali noda-noda yang menempel sehingga bisa segera dibersihkan.

Namun ada juga warna gelap yang cocok digunakan untuk area kamar mandi ini. Beberapa warna seperti cokelat, merah gelap dan juga hitam ternyata cocok untuk membuat kamar mandi lebih elegan. Hanya saja ketika menggunakan warna yang gelap akan memberikan sisa plak putih yang mengganggu ketika digunakan mandi berkelanjutan.

5. Utamakan Fungsinya

Tips memilih keramik kamar mandi yang sempit dengan benar kelima adalah memilih keramik berdasarkan sisi fungsi yang dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan pemasangan keramik kamar mandi yakni untuk lantai atau dinding kamar mandinya. Biasanya berbeda tempat juga membutuhkan karakteristik tertentu.

Untuk keperluan keramik lantai Anda bisa mengutamakan tekstur yang kasar agar tidak mudah licin ketika dipijak. Sementara untuk keramik bagian dinding bisa menggunakan tekstur yang licin dengan motif yang menarik. Sehingga meskipun dalam keramik lantai tidak banyak hiasan yang digunakan namun sudah diwakilkan untuk area dindingnya.

6. Utamakan Garansi

Perhatikan dalam memilih sebuah keramik yang akan dipasangkan Anda harus memilih keramik yang disertai garansi. Jadi diskusikan terlebih dahulu dengan tempat toko yang menjualnya adakah garansi yang diberikan. Garansi ini bisa membantu Anda untuk terhindar dari kerugian.

Umumnya garansi ini menawarkan pergantian uang kembali atau penggantian keramik yang baru ketika dalam waktu yang disepakati keramik tersebut sudah rusak. Garansi bisa juga didapatkan ketika keramik yang didapatkan tidak sesuai dengan yang dibeli sebelumnya.

Anda bisa juga menanyakan proses pengiriman keramiknya apakah mendapatkan jatah pengiriman atau harus diangkut sendiri. Keramik yang ditumpuk biasanya akan mengalami kerusakan beberapa sehingga harus mendapatkan perlakuan khusus saat dibawa ke lokasi pemasangannya.

7. Sesuaikan dengan Tema Kamar Mandi

Tips berikutnya yang harus diperhatikan adalah mengenai kesesuaian pemilihan keramik dengan tema ruang kamar mandi yang dibutuhkan. Keramik ini harus dipilih berdasarkan corak dan juga warna yang pas agar tidak terlalu berlebihan ketika dipasang.

Tentukan terlebih dahulu warna utama yang akan digunakan untuk ruangan kamar mandi, barulah kemudian memasangkannya dengan keramik yang senada. Jadi dengan begitu nilai estetik dan keserasiannya akan tetap terjaga untuk dinikmati. Anda bisa memadukannya dengan warna netral untuk membuatnya tidak monoton.

8. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Cara dan tips memilih keramik kamar mandi yang sempit adalah pemilihan ukuran keramik yang tepat. Hal ini juga bisa membantu menekan pengeluaran untuk membeli keramik dan menghindari pembelian berlebih atau bahkan kurang. Anda bisa mengukur terlebih dahulu semua bagian yang akan dipasangi keramik beserta kemiringan ruangannya.

Untuk ukuran lantai yang kecil bisa dipilih agar aliran air menuju salurannya. Tidak terhambat. Sementara untuk keramik berukuran besar cocok digunakan bagi ruang kamar mandi yang kecil. Ilusi dari keramik besar ini bisa membuat ruang kamar mandi terlihat sedikit longgar dari ukuran aslinya.

9. Tipe Kamar Mandi yang Digunakan

Kamar mandi saat ini memiliki dua tipe dan karakteristiknya yang berbeda-beda yakni kamar mandi tipe basah dan kering. Banyaknya keramik yang sudah berkembang di pasaran juga harus dipilih sesuai dengan fungsi dan karakteristik dari kamar mandinya, agar tetap nyaman dipijak dan tidak membahayakan.

Keramik yang banyak dipilih untuk keperluan kamar mandi berupa glossy, mengilat dan model satin. Untuk kamar mandi yang basah utamakan permukaan keramik yang tidak licin dan cenderung kesat. Terlebih jika kamar mandi tersebut digunakan juga untuk anak-anak.

Sementara untuk kamar mandi kering Anda bisa lebih bebas dalam mengkreasikan jenis lantai yang akan digunakan. Kamar mandi kering ini biasanya digunakan untuk peletakan wastafel atau tempat untuk berganti pakaian jadi tidak ada unsur lembap di dalamnya.

10. Jangan Lupakan Budget

Ada satu hal yang banyak dilupakan oleh orang yang ingin memasang keramik kamar mandi, yakni kesesuaiannya dengan budget yang dimiliki. Anda juga wajib melakukan survey pada beberapa toko untuk melihat harga yang ditawarkan untuk keramik yang akan dibeli.

Kemudian Anda bisa membandingkan masing-masing harga dengan keramik yang sama. Barulah akhirnya bisa mendapatkan harga paling murah namun kualitasnya tetap bagus. Cara ini memang membutuhkan waktu yang lama namun memberikan hasil yang menguntungkan untuk budget.

Itulah beberapa tips memilih keramik kamar mandi yang sempit ala Bintoro Build yang bisa digunakan untuk mendapatkan keramik yang tepat sesuai ukuran kamar mandi agar terlihat lebih luas.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini