tips memilih keramik lantai dapur

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur

Anda yang masih awam mengenai material lantai dapur yang bagus wajib tahu tips memilih keramik lantai dapur yang sesuai. Dalam memilih keramik untuk dapur membutuhkan beberapa kriteria yang bisa memenuhi tugasnya sebagai alas lantai. Banyak yang tidak tahu juga masing-masing jenis keramik memiliki fungsi untuk ruangannya sendiri.

Beberapa desain keramik yang ada bisa dipilih untuk dijadikan referensi penggunaan lantai dapur yang tepat. Berikut ini cara-cara terbaik untuk memilih lantai dapur dari material keramik terbaik.

Tips memilih keramik lantai dapur yang tepat dan terbaik

tips memilih keramik lantai dapur

1. Penyesuaian ukuran keramik

tips memilih keramik lantai dapur

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih ukuran keramik yang sesuai. Secara umum ukuran keramik ini ada dua macam yakni besar dan kecil. Kedua ukuran ini bebas saja sebenarnya untuk dipilih sesuai selera. Hanya saja dampak yang diberikan juga akan berbeda.

Direkomendasikan untuk dapur yang kecil lebih baik menggunakan lantai keramik dengan ukuran besar. Ukuran ini bisa memberikan efek ruangan dapur yang lebih luas dibandingkan ukuran aslinya. Bahkan keramik yang besar bisa memberikan ilusi ruang yang lebih banyak.

Sementara untuk ruangan dapur yang besar bisa memilih menggunakan keramik ukuran kecil. Keramik ukuran kecil ini bisa memberikan kesan yang rapi dan padat. Terlebih jika ruangan dapur yang besar ini tidak terisi banyak perabot di dalamnya.

2. Sesuaikan dengan budget

tips memilih keramik lantai dapur

Hal kedua yang bisa digunakan untuk memilih model keramik lantai dapur yang tepat adalah mengenai kesesuaiannya dengan budget pengeluaran. Biasanya keramik dengan motif dan warna yang rumit tentu memiliki harga yang mahal persatuannya. Jika budget yang ada cukup tipis lebih baik menghindari penggunaan keramik yang ramai ini.

Direkomendasikan untuk menggunakan keramik putih polos dengan struktur yang tipis. Keramik model ini memiliki harga yang terjangkau dan selalu cocok untuk dipasang sebagai lantai keramik dapur. Warna keramik putih ini juga mampu memberikan ilusi ruangan dapur yang selalu bersih setiap saat.

 

Baca Juga : Cara Membangun Rumah Secara Bertahap Dari Nol

 

3. Motif yang sesuai

tips memilih keramik lantai dapur

Hal ketiga yang juga krusial untuk dipertimbangkan adalah mengenai pemilihan motif yang akan digunakan. Ada banyak motif yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai lantai dapur. Model lantai abstrak dengan tema warna cerah bisa menjadi pilihan yang sesuai untuk memberikan sentuhan kekinian pada dapur.

Anda juga bisa memilih desain motif dengan tema alam seperti kayu. Selain lebih aman desain kayu ini juga cocok saja jika dipadukan dengan konsep lain di dalam ruangan dapur. Pemilihan tema-tema klasik dengan warna yang tidak gelap sangat cocok untuk membuat dapur menjadi lebih elegan.

4. Warna yang terang

Bersamaan dengan pemilihan motif dimana warna yang wajib dipilih untuk ruangan dapur adalah warna terang. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa dapur yang lekat dengan kotor bisa memilih lantai dengan warna gelap untuk menutupi kotoran. Namun kenyataannya dapur dengan lantai yang gelap justru memberikan kesan yang dekil dan sempit.

Warna terang ini bebas saja bisa memilih warna pastel maupun netral. Warna terang ini bisa membuat ruangan dapur menjadi lebih bersih dan terang daripada biasanya. Pemilihan warna terang ini juga memudahkan Anda untuk mengetahui kotor tidaknya dapur, sehingga bisa dibersihkan secepat mungkin.

5. Permukaan Lantai

Sebagai inspirasi keramik lantai dapur yang harus dipenuhi maka poin kelima ini adalah mengenai pemilihan dari tekstur permukaan lantai. Untuk keperluan dapur pilihlah permukaan yang kesat dan tidak licin. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi tumpahan minyak dan makanan yang jatuh di lantai.

Tekstur makanan dan minyak selalu licin dan cukup bahaya jika terinjak. Ketika didukung dengan permukaan lantai yang kesat maka kejadian tidak diinginkan juga bisa dihindari. Tekstur yang kesat ini juga cukup membantu untuk proses pembersihan keramik lantai dengan mudah

Rekomendasi desain keramik dapur yang tepat

Masih merasa kesulitan untuk mendapatkan desain dapur yang tepat ternyata Anda wajib melihat beberapa rekomendasi bentuk keramik yang sering digunakan. Beberapa di antaranya bisa dibayangkan pemilihannya untuk dipasang pada dapur rumah Anda.

• Lantai Model Catur

Referensi pertama yang bisa digunakan untuk ruangan dapur adalah lantai dengan motif catur. Tentunya motif ini sudah bukan menjadi motif baru lagi untuk dikenal. Lekat dengan perpaduan dua warna netral yakni putih dan hitam yang disatukan dalam satu penggunaan.

Pemasangan yang tepat dan teratur bisa memberikan pemandangan yang lebih estetik untuk ruangan dapur. Cocok dipadukan juga dengan kitchen set dan perabot dapur lain dengan warna salah satunya yakni putih atau hitam.

• Keramik Jadul

Rekomendasi desain keramik lantai dapur kedua yang bisa digunakan adalah keramik dengan model jadul. Pastinya Anda pernah melihat keramik-keramik yang biasa digunakan untuk rumah zaman dahulu dengan warna merah dan kesan yang vintage. Untuk keramik yang satu ini cocok digunakan sebagai pelengkap desain dapur yang vintage.

• Lantai Hitam Putih

Meskipun terdengar cukup sama dengan desain catur sebelumnya namun lantai dengan warna hitam putih ini juga cocok untuk dicoba sebagai lantai dapur. Untuk pemilihan motifnya bebas saja asalkan dua warna utama yang digunakan adalah hitam dan putih. Kedua warna ini mampu memberikan kesan dapur yang lebih luas dan klasik.

• Keramik Segi enam Warna Terakota

Rekomendasi keempat yang bisa dicoba untuk lantai keramik dapur adalah model keramik segi enam dengan warna terakota. Warna yang satu ini sudah semakin familier untuk dicoba karena keunikan dan kesan vintage yang tidak bisa dipisahkan oleh warnanya.

Warna ini merupakan warna yang aman namun tidak begitu gelap. Sehingga kotoran dari percikan minyak, sisa makanan dan noda lain yang ada di lantai tidak begitu terlihat dengan jelas. Bahkan tipe lantai ini juga mudah untuk dibersihkan.

• Motif Lantai Keramik Salju

Motif keramik berikutnya yang bisa digunakan adalah motif bentuk keramik salju. Keramik ini memberikan kesan yang lebih cantik untuk dapur. Terlebih jika dipadukan dengan motif keramik alam seperti kayu dan bebatuan. Penataannya perlu diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan sisi estetika yang tepat.

• Keramik Hijau dan Putih

Selain bisa dipadukan dengan warna hitam ternyata warna netral putih ini juga cocok digunakan untuk pasangan warna hijau. Anda bebas saja memilih untuk menggunakan lantai putih di beberapa sisi dengan keramik hijau atau sebaliknya. Bahkan untuk penggunaan keramik dengan perpaduan kedua warna ini juga sangat cantik.

• Keramik Biru Tua

Tentunya Anda banyak melihat juga bangunan rumah modern klasik yang banyak memadukan warna biru untuk penggunaan keramiknya. Ternyata pemilihan warna biru tua untuk keramik dapur juga pilihan yang tepat. Warna biru tua ini banyak dipadukan dengan warna putih maupun fokus dengan satu warna biru saja.

Sementara untuk perabot masaknya bebas namun masih dalam satu warna yang seragam agar lebih enak untuk dilihat. Seperti contohnya jika kitchen set menggunakan warna putih maka semuanya harus menggunakan warna putih.

Itulah beberapa hal penting mengenai  tips memilih keramik lantai dapur ala Bintoro Build yang bisa dilakukan.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini