Blog

Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru

Desain rumah minimalis merupakan salah satu desain rumah yang paling banyak diminati beberapa tahun ini. Menariknya, hanya sedikit orang yang tahu jika desain minimalis sudah ada sejak tahun 1940-an dan mendunia di akhir 80-an. Menciptakan rumah bergaya minimalis tidak bisa sembarangan, meski visualnya mudah tetap saja butuh proses yang panjang. Simak serba-serbi tentang membangun rumah minimalis ala Bintoro Build berikut.

Contoh inspirasi desain rumah minimalis

 

1. Denah disesuaikan dengan kebutuhan

Pengertian minimalis kerap kali terpaku pada konsep simpel padahal daripada simpel, konsep minimalis lebih menekankan pada penyesuaian denah rumah sesuai kebutuhan penggunanya. Otomatis seluruh area bermanfaat, tidak ada ruang yang tidak terpakai.

Bagi masyarakat awam membuat denah rumah minimalis bukan hal mudah, oleh karena itu konsultasikan pada arsitek Anda. Jangan lupa pula untuk merancang denah yang mampu dikembangkan apalagi jika rumah tersebut terdiri dari beberapa lantai.

Source : dekoruma.com
 

2. Membangun sesuai ciri khas minimalis

Dak beton, tanpa ornamen, menyesuaikan bentuk dasar merupakan beberapa ciri khas dari konsep minimalis. Anda yang sejak awal sudah konsisten ingin memakai konsep ini harus mengikuti dasar tersebut dengan baik. Sehingga rumah tidak akan kehilangan unsur minimalis ketika selesai dibangun.

Mayoritas konsep minimalis menekankan pada kesederhanaan, detailnya harus presisi dan jujur. Sementara unsur dekorasi berlebihan sangat bertolak belakang dengan ciri khas konsep rumah minimalis.

Source : dekoruma.com

Baca Juga : Biaya Bangun Rumah Minimalis



3. Variasi pilihan cat rumah minimalis

Memasuki tahun 2020, masyarakat Indonesia berlomba-lomba untuk memilih cat warna yang cocok dengan desain rumah minimalis 2020 mereka. Padahal memilih cat warna bukan suatu hal yang sulit karena teorinya rumah minimalis tidak bisa dijauhkan dengan warna-warna monokrom.

Baik furnitur, warna cat dinding, bahkan warna tirai jendela semua harus tampak natural dan memiliki harmoni antara satu serta lainnya. Pastikan pula memilih cat warna yang mampu membuat rumah tampak lebih luas.

Source : gambardesainrumah.co
 

4. Taman minimalis sentuhan alam

Anda yang suka bercocok tanam atau memiliki ketertarikan pada keindahan bisa menambahkan konsep taman minimalis dengan mengusung tema alam. Taman basah merupakan pilihan terbaik untuk bercocok tanam, Anda bahkan bisa menanam rerumputan untuk memberikan kesan alami. Sementara untuk taman kering bisa mengaplikasikan kerikil kecil sebagai pengganti rumput. Dan mayoritas tanaman yang ada tumbuh di dalam pot.

Source : gambardesainrumah.co
 

5. Dekorasi sederhana

Simpel tapi bermakna mendalam merupakan daya tarik utama rumah bergaya minimalis. Pada umumnya, rumah minimalis tidak menggunakan banyak furnitur sebagai syarat menciptakan suasana yang lebih tenang dan sederhana. Agar konsep minimalis melekat kuat pada hunian Anda, pastikan pilih jumlah furnitur yang dibutuhkan dengan gaya yang simpel. Pemilihan warna pun ikut berpengaruh baiknya pilih warna pastel atau natural untuk menceriakan suasana.

Source : pinterest.com
 

6. Penekanan penggunaan cahaya alami

Dari sekian banyak konsep rumah berbentuk minimalis, unsur pencahayaan alami termasuk yang paling penting. Agar mendapatkan efek ini, seorang arsitek akan memilih jendela yang mampu dibuka tutup dengan mudah sebagai ventilasi udara sekaligus mempermudah jalan masuknya cahaya matahari. Bahkan tidak jarang, rumah minimalis memiliki jendela berukuran besar yang tidak hanya membuat rumah tersinari sinar matahari langsung tapi turut memberikan pemandangan luar yang indah.

Source : julizar.com
 

7. Material ramah lingkungan

Desain rumah minimalis modern tidak serta merta melupakan pentingnya pemakaian material ramah lingkungan pada beberapa aspek. Sebut saja furnitur atau bahkan dinding rumah. Pada umumnya, rumah minimalis menggunakan dinding batu bata atau dinding beton. Material kayu juga ditambahkan entah pada unsur utama denah rumah minimalis atau pada dekorasi.

Source : coretan-hampa.blogspot.com
 

Cara mendesain rumah minimalis

Menghadirkan rumah minimalis merupakan idaman generasi modern karena sifatnya yang sangat praktis tapi tetap memberikan unsur keindahan. Simak bagaimana cara mendesain rumah tipe minimalis berikut ini:

1. Bentuk dasar dibuat geometris

Hampir semua rumah bergaya minimalis memaksimalkan bentuk dasar geometris di mana arsitek tidak akan merekomendasikan penambahan bentuk atau hiasan rumah bila tidak benar-benar membutuhkannya. Sehingga tampilan rumah benar-benar sangat simple dan terkesan bersifat fungsional.

Source : rumahkuunik.com
 

2. Simpel namun tetap dinamis

Meski dasarnya adalah geometris bukan berarti tidak bisa menciptakan bangun ruang yang tampak lebih dinamis. Arsitek akan bekerja sebaik mungkin untuk menciptakan suatu hunian yang nyaman dan simpel tapi terkesan sangat dinamis.

Source : jagobangunan.com
 

3. Ruang rumah tipe minimalis tampak senggang

Bukan hal yang aneh jika menemukan nuansa kenyamanan dan senggang saat memasuki hunian minimalis. Kesederhanaan dan pemilihan furnitur menjadi modal utama menciptakan unsur ini. Setiap material dan furnitur yang digunakan harus ada fungsinya karena bila tidak berfungsi, artinya furnitur tersebut tidak lagi dibutuhkan di dalam rumah.

Source : builder.id
 

4. Menghilangkan sekat dinding

Beberapa rumah umumnya sengaja dibangun sekat dinding untuk menciptakan privasi. Namun untuk menciptakan hunian minimalis alangkah baiknya jika Anda menghilangkan pemakaian sekat. Konsep keterbukaan justru akan memberikan kesan yang lebih baik dan kuat meskipun antara ruang tamu dan dapur tidak ada penghalangnya sama sekali.

Source : homify.co.id
 

5. Optimalisasi pencahayaan matahari

Anda yang sedang merencanakan menggunakan desain rumah minimalis terbaru hendaknya tidak melupakan unsur pencahayaan matahari saat membangun rumah. Pencahayaan yang optimal sangat penting, bukan hanya sebagai alternatif cara menghemat sumber daya listrik tapi juga efektif untuk menciptakan suasana kehangatan di dalam rumah. Agar pencahayaan lebih optimal baiknya Anda menambahkan jendela atau bahkan pintu kaca yang bisa dibuka tutup dengan mudah. Model pintu dan jendela tersebut banyak dijual di toko mebel.

Source : rihants.com
 

6. Didominasi padanan garis horizontal maupun vertikal

Hampir keseluruhan hunian minimalis akan mengusung konsep harmonisasi dari garis horizontal dan vertikal. Baik dari fasad rumah, bentuk massa bangunan, bahkan seluruh furnitur yang digunakan. Anda wajib memahami bagaimana cara memadu padankan antara kedua garis tersebut hingga menciptakan unsur estetika.

Source : sumbercenel.com
 

7. Sedikit atau tidak menambahkan ornamen

Jika Anda tertarik untuk membuat rumah dan mengisinya dengan berbagai ornamen maka itu bukan ciri khas rumah bergaya minimalis. Minimalis artinya sederhana dan simpel, tidak terkecuali pada pemakaian ornamen-ornamennya. Alih-alih menambahkan banyak ornamen, Anda justru diajarkan untuk menggunakan lebih sedikit ornamen. Pilih ornamen yang benar-benar dibutuhkan saja bagi masing-masing ruang. Jangan sampai membiarkan ada ornamen yang tidak fungsional berdiri di dalam rumah.

Source : phillycinema.org
 

8. Warna Monokrom

Dominasi warna rumah tipe minimalis umumnya memakai kombinasi warna-warna monokrom yang kuat seperti warna hitam, putih atau grey. Jadi tidak perlu merasa heran jika desainer interior Anda mengusulkan tiga warna tersebut sebagai warna dasar cat dinding atau furnitur.

Meskipun ketiganya tampak membosankan karena terlalu monokrom namun bila dikombinasikan dan diatur dengan baik akan menghasilkan gaya minimalis yang modern dan cantik.

Melakukan desain rumah minimalis faktanya membutuhkan banyak ilmu pengetahuan terutama di bidang arsitektur dan desain interior. Sehingga rumah yang Anda bangun benar-benar mengaplikasikan konsep tersebut bukan keluar dari jalur amannya. Pastikan Anda sudah memilih desain dan model rumah minimalis terbaik yang kemudian disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Source : blog.rumahdewi.com
 

Deskripsi: Ada banyak hal yang harus dipelajari ketika ingin membangun rumah baru dengan konsep desain rumah minimalis. Cari tahu informasi lengkapnya di sini.

Leave a comment

× Whatsapp Kami Disini Available from 08:00 to 18:00