Blog

Model Rumah Minimalis Terbaru

Model rumah minimalis semakin banyak seiring bergantinya tahun. Bukan hal aneh mengingat konsep ini termasuk konsep yang sangat disukai terutama oleh generasi muda. Saat Anda memilih konsep minimalis artinya Anda siap merancang rumah yang proporsional dan kreatif dengan berbagai batasan-batasan tertentu. Simak model rumah minimalis terbaru ala Bintoro Build berikut.

Kreasi desain eksterior unik model rumah minimalis

Mencari inspirasi mendetail tantang model rumah bergaya minimalis sebenarnya bukan hal yang sulit apalagi jika Anda menyewa jasa arsitek. Cukup minta arsitek untuk menunjukkan detail desain rumah minimalis buatannya dan Anda pilih desain yang disukai.

Tapi bila tertarik membuat rancangan rumah minimalis seorang diri, beberapa inspirasi model hunian minimalis ini mungkin bisa membantu Anda:

1. Didominasi Cat Tembok Warna Putih

 

Tiga warna dasar yang mewakili konsep minimalis di antaranya adalah putih, abu-abu dan hitam. Artinya sah-sah saja bagi seseorang untuk menggunakan cat tembok warna putih ketika mewarna dinding bagian depan rumahnya. Meskipun terkesan membosankan atau terlalu sederhana, rumah minimalis ini tetap memiliki keunikan tersendiri. Apalagi jika Anda menggunakan elemen kayu sebagai salah satu unsurnya seperti pintu kayu misalnya.

Source : rumahminimalisnews.blogspot.com
 

2. Pemakaian Panel Jendela Minimalis

 

Sama seperti warna monokrom, minimalis juga identik dengan pencahayaan optimal yang bisa diaplikasikan jika seseorang menggunakan panel jendela minimalis. Model jendela ini tidak hanya membuat tampilan rumah terlihat lebih indah tapi juga berfungsi dengan baik untuk pencahayaan alami. Agar terkesan lebih asri, Anda bisa menambahkan beberapa elemen seperti taman minimalis atau pintu gerbang dari kayu teralis.

Source : id.nic08.biz.id
 

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru



3. Penggunaan Elemen Kayu Sebagai Pemanis

 

Kayu merupakan unsur penting yang hampir ada di seluruh konsep rumah termasuk hunian minimalis. Pemakaian unsur kayu tidak hanya memberikan kesan kehangatan keluarga tapi juga menciptakan harmonisasi sehingga rumah tampak lebih cantik dan manis. Untuk menonjolkan sisi natural, ada baiknya jika Anda menggunakan elemen kayu dengan kombinasi warna putih. Namun, jika rumah Anda benar-benar minimalis dalam artian tidak memiliki taman, maka cukup tempatkan pot sebagai penghias depan rumah.

Source : rukita.co
 

4. Konsep Jenga yang Unik dan Artistik

 

Blok tersusun menjadi konsep rumah minimalis mungkin bisa menjadi ide yang unik dan menyegarkan. Tidak banyak orang yang berani menggunakan desain model rumah minimalis terbaru tersebut. Padahal bila diaplikasikan dengan baik akan menghasilkan visual yang sangat cantik dan mewah.

Membangun rumah minimalis konsep jenga harus memperhatikan beberapa unsur salah satunya lokasi. Rumah ini baiknya dibangun di atas lokasi yang masih sepi sehingga orang lain bisa mengidentifikasinya dengan mudah. Pemakaian rerumputan di bagian depan juga sangat penting sehingga daripada disebut rumah, hunian ini lebih cocok dikatakan sebagai vila minimalis.

Source : Arsitag.com
 

5. Penambahan Sentuhan Konsep Kontemporer

 

Mengolaborasikan dua konsep bukanlah hal aneh dalam dunia arsitektur, namun dari sekian banyak konsep rumah yang ada dan cocok dengan minimalis baiknya Anda pilih kontemporer. Kedua konsep ini efektif menghasilkan hunian yang kalem dan elegan. Selain memilih warna yang tepat, Anda juga dituntut untuk menyesuaikan komposisi desain pintu depan rumahnya. Sementara untuk unsur natural, Anda bisa memberikan sentuhan tanaman rambat atau tanaman hias di beberapa sisi rumah.

Source : emporioarchitect.com
 

6. Kaca Minimalis Pengganti Jendela Kayu

 

Anda yang suka menunjukkan kehangatan rumah atau ingin memiliki akses mudah ke luar rumah, mengapa takut menggunakan kaca sebagai pengganti jendela kayu. Belakangan ini jendela kaca sangat populer di Indonesia dan bukan hanya digunakan oleh kantor perusahaan saja. Banyak rumah minimalis dengan unsur kaca yang kental untuk memberikan kesan menyenangkan dan mewah secara bersamaan.

Source : rumahkutop.blogspot.com
 

Cara mengaplikasikan model hunian minimalis kreatif

Bicara tentang rumah tentunya kita mengenal dengan baik istilah interior dan eksterior. Berikut ini tata cara aplikasi eksterior rumah bergaya minimalis:

1. Memilih skema warna terbaik

 

Warna memberikan banyak visi bagi sebuah rumah, salah pilih warna artinya Anda harus bersiap-siap untuk mengganti cat rumah agar tampil lebih indah dan eye catching. Agar citra minimalis tidak hilang, baiknya pilih skema warna minimalis. Meskipun hanya terdiri dari 3 warna, tapi dengan pengaturan dan permainan warna yang tepat tiga warna tersebut akan menghasilkan tampilan eksterior rumah yang menawan dan unik.

Source : arsitag.com
 

2. Pemakaian material bangunan yang harmonis

 

Selain memperhatikan komposisi dan skema warna, Anda juga wajib memperhatikan harmonisasi tiap material bangunan rumah. Beberapa material terbaik yang cocok untuk eksterior rumah di antaranya adalah beton ekspos, baja sampai elemen alam seperti batu alam maupun kayu.

Source : gudangbangunan.com
 

3. Elemen kayu sebagai unsur kehangatan

 

Pada dasarnya ada banyak sekali contoh model eksterior hunian minimalis termasuk yang menonjolkan elemen kayu. Elemen kayu berbeda dari material besi, stainles steel atau logam karena mampu memberikan unsur kehangatan. Unsur ini paling sesuai jika Anda tertarik membuat hunian minimalis untuk keluarga. Selain menggunakan pintu kayu, beberapa orang bahkan tertarik untuk memakai jendela kayu atau pagar kayu. Biasanya elemen kayu ini akan diselaraskan dengan warna cat dinding rumah minimalis.

Source : interiordesign.id
 

4. Ciptakan karakter dengan satu warna

 

Siapa bilang menggunakan satu warna pada fasad bangunan minimalis akan membuat rumah terlihat membosankan? Buktinya banyak orang yang tertarik untuk membuat rumah minimalis dengan single warna monokrom seperti putih atau hitam. Saat memilih warna hitam sebagai dasar warna rumah minimalis gunakan pintu kaca sebagai elemen pendukung. Pintu kaca akan membuat tatanan rumah minimalis single warna tidak rusak justru terkesan lebih menonjol.

Source : sejasa.com
 

5. Menonjolkan tema monokrom

 

Tidak sulit menghasilkan eksterior rumah minimalis yang cantik dengan warna-warna monokrom. Model dan desainnya banyak ditampilkan di majalah desain rumah minimalis atau internet. Penerapan tema monokrom dengan komposisi yang tepat akan membuat seseorang merasa tertarik untuk melihat hunian tersebut. Pemakaian jendela kaca terkadang memberikan sentuhan elemen unik pada rumah minimalis dengan penggunaan dua warna monokrom.

Source : desainrumahasobat.blogspot.com
 

6. Menciptakan unsur bayangan

 

Sengaja atau tidak menggunakan tatanan tanaman tinggi pada rumah terkadang memberikan unsur bayangan yang unik. Di luar negeri ide desain ini banyak diaplikasikan terutama untuk rumah keluarga. Selain memberikan kesan kenyamanan dan kehangatan, unsur bayangan akan menciptakan kesan baru terhadap hunian minimalis Anda. Selain menambahkan beberapa tanaman sebagai penggerak unsur bayangan, Anda juga bisa menambahkan elemen lainnya seperti hiasan patung misalnya.

Menciptakan rumah minimalis merupakan ide terbaik untuk konsep rumah simpel tapi tetap terkesan eye catching dan nyaman ditinggali. Di Indonesia, ada banyak arsitek berbakat yang mampu menciptakan tampilan eksterior rumah tipe minimalis dengan baik.

Beberapa arsitek terinspirasi dari poin-poin yang telah dijelaskan di atas karena bagaimana pun juga unsur minimalis tidak bisa dipisahkan dari elemen warna monokrom dan jendela atau pintu transparan.

Desain eksterior model rumah minimalis idaman Anda dan ciptakan hunian unik dan baru berbeda dari rumah-rumah minimalis yang ada di sekitar Anda. Jika masih sulit melakukannya sendiri, tidak perlu sungkan menggunakan jasa arsitek profesional.

Source : dekoruma.com
 

Deskripsi: Membangun rumah minimalis harus didasari pengetahuan arsitektur matang sehingga mampu menghasilkan model rumah minimalis terbaik seperti ini.

Leave a comment

× Whatsapp Kami Disini Available from 08:00 to 18:00