Blog

Gambar Rumah Minimalis Terbaru

Membuat gambar rumah minimalis bagi seseorang yang berkecimpung di dunia arsitek mungkin cukup mudah. Berbeda bagi masyarakat awam yang tidak memiliki pengetahuan tentang gambar sama sekali, tapi bukan berarti mustahil untuk melakukannya. Membuat gambar rumah cukup mudah jika Anda mau mencoba mengaplikasikan trik-trik berikut. Simak gambar rumah minimalis terbaru ala Bintoro Build berikut.

Trik jitu buat gambar rumah minimalis impian

 

1. Cari referensi dari berbagai sumber

 

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja menggali informasi dari berbagai sumber terutama majalah arsitektur atau situs arsitektur terpercaya. Semakin banyak referensi yang Anda dapatkan akan semakin mudah bagi Anda untuk membuat gambar denah hunian minimalis idaman.

Akan lebih mudah lagi bila Anda memiliki teman atau kerabat yang bekerja di bidang arsitektur. Tidak hanya menggunakan jasa mereka, Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara membuat denah gambar bangunan yang tepat dan menarik.

Ketika sudah mengetahui bagaimana cara membuat denah bangunan, selanjutnya Anda harus mencari inspirasi denah rumah minimalis yang diinginkan. Proses pencarian ini tidak sulit sama sekali, Anda bisa mencarinya di internet atau jalan-jalan ke berbagai lingkungan perkotaan dengan ciri khas rumah minimalis terbaik.

Sumber : google.com
 

2. Menentukan kebutuhan ruang dalam bentuk denah

 

Memahami berapa kebutuhan ruang yang dibutuhkan akan memudahkan Anda menggambar denah rumah. Akan terasa lebih mudah jika Anda membuat rumah untuk diri sendiri artinya tidak perlu menambahkan detail ruang milik orang lain.

Tapi bila yang Anda buat adalah rumah keluarga, pastikan untuk menambahkan tiap detailnya dengan baik. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, bahkan kamar mandi. Semua ruangan harus dituliskan pada denah gambar secara mendetail.

Source : rumahminimalisexpo.blogspot.com

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru


3. Buat sketsa mentah denah rumah minimalis

 

Jika Anda memiliki kemampuan menggambar terbaik, silahkan buat sketsa mentah rumah minimalis. Tidak perlu menggunakan aplikasi desain rumah, Anda cukup manfaatkan pensil dan kertas gambar saja. Goreskan sketsa mentah, agar lebih efisien hendaknya pilih kertas milimeter blok sehingga tiap garis yang Anda tarik tidak melebihi atau kurang dari kebutuhan.

Source : esmodec.wordpress.com
 

4. Masukkan pengaturan ruang pada denah mentah

 

Usai menggambar sketsa mentah lanjutkan dengan menambahkan seluruh ruangan yang Anda inginkan. Meskipun sifatnya hanya 2D, hendaknya perhatikan pula standar ukuran gambar ruang.

Source : mymistyland.blogspot.com
 

5. Melakukan uji coba

 

Beberapa orang tidak bisa langsung sukses saat melakukan uji coba pertama ketika memasukkan ruang dalam denah mentah. Tapi seiring berjalannya waktu dengan terus berlatih memosisikan ruang, Anda akan bisa melakukannya dengan baik dan pas.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus menghapus beberapa ruangan yang tidak begitu dibutuhkan. Dan ingatlah untuk membuat gambar rumah minimalis terbaru dengan mengedepankan unsur-unsur minimalisnya.

Source : arsitag.com
 

6. Tambahkan detail denah dan tata furnitur

 

Jika penataan ruang sudah pas, Anda bisa menambahkan beberapa detail tambahan termasuk melakukan tata furnitur. Semakin detail akan semakin baik karena artinya Anda telah menyumbang sketsa hunian minimalis 100% tidak menggunakan bantuan arsitek lagi. Perhatikan pula ketebalan dindingnya, model jendela apa yang akan digunakan termasuk pintu. Apa memilih pintu kayu atau justru kaca?

Source : sejasa.com
 

7. Lakukan evaluasi menyeluruh

 

Jika semua langkah-langkah di atas telah berhasil dilalui, langkah terakhir cukup evaluasi. Cocokkan setiap ruang yang telah Anda buat dengan selera Anda, apa sudah benar letaknya di sana? Tahapan ini bisa Anda lakukan sendiri atau bersama-sama dengan desainer interior atau arsitek profesional. Jika Anda memiliki denah rumah minimalis yang siap, artinya Anda bisa segera memproses pembangunan rumah dan mempermudah arsitek untuk berkoordinasi dengan kontraktor.

Source : wikana-arc.com
 

Cara menggambar denah rumah bergaya minimalis

Bila Anda masih belum mampu menggambar denah yang baik dan benar. Maka perhatikan tata cara gambar denah rumah tipe minimalis di bawah ini:

1. Tempatkan gambar denah pada lahan

 

Langkah awal silahkan Anda tempatkan gambar denah langsung pada lahan sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran tentang ruang. Baiknya setiap ruangan memiliki fungsi dan tampak harmonis.

Source : buatlemari.com
 

2. Lakukan penomoran

 

Melakukan proses pembangunan tanpa menggunakan sketsa gambar memang bisa dilakukan tapi hasil akhirnya tidak akan memuaskan. Maka dari itu buat penomoran tiang struktural sebagai langkah selanjutnya. Dengan melakukan kegiatan ini secara tidak langsung Anda telah membantu pekerjaan kontraktor.

Source : arsitag.com
 

3. Berikan keterangan ketinggian lantai

 

Ketika menggambar rumah di zaman sekolah, pernahkah Anda menamai masing-masing ruangannya? Dalam dunia arsitektur pemberian keterangan sangat dibutuhkan. Selain menambahkan nama pada masing-masing ruangannya, Anda juga diwajibkan untuk menuliskan besaran ketinggian lantai. Dengan cara ini, akan diketahui berapa besar perbedaan ketinggian di masing-masing ruang. Sehingga pekerja kontraktor tidak akan merasa bingung saat proses pembangunan dilaksanakan.

Source : mahasiswaarsitektur.wordpress.com
 

4. Tambahkan judul dan skala

 

Membangun rumah tanpa mengetahui berapa luas lahan merupakan hal keliru. Maka dari itu, usahakan agar Anda memahami berapa luas lahan termasuk luas lahan di lantai 1-3 (jika rumah minimalis Anda dibuat tiga lantai).

Source : denarumah.blogspot.com
 

5. Gambar pintu dan jendela

 

Dalam tahapan ini, rumah minimalis yang Anda gambar sudah mulai terlihat bentuknya. Selain menambahkan judul serta skala, Anda juga wajib menambahkan pintu dan jendela. Pemilihan pintu dan jendela akan menonjolkan konsep minimalis pada sketsa denah rumah tersebut, apa bisa disebut minimalis atau justru Industrial?

Source : designrumah.co.id
 

6. Masukkan furnitur sesuai tata letaknya

 

Sejak awal gambar denah rumah harus dibuat di kanvas yang besar sehingga saat memasukkan tahapan keenam ini, Anda bisa melakukannya dengan leluasa. Karena baik penempatan sofa, perabotan dapur, kasur, dan furnitur lainnya bisa dilakukan dengan baik.

Gambar furnitur yang sesuai untuk masing-masing ruangan, jangan sampai Anda menggambar sofa di ruang kamar mandi. Atau menambahkan kloset di ruang tamu. Pengaturan yang keliru tersebut bisa memberikan dampak negatif apalagi jika kontraktor tidak mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan Anda lantas langsung membangun rumah sesuai panduan sketsa gambar.

Source : arsitag.com
 

7. Bedakan penggambaran dinding bata

 

Ada dua variasi gambaran dinding bata yang banyak digunakan di sketsa rumah yakni dinding setengah penuh dan dinding bata penuh. Keduanya memiliki fungsi dan arti tersendiri, maka dari itu jangan sampai salah memberikan garis gambar.

Source : arsitag.com
 

8. Buat Garis Potong

 

Dan langkah terakhir tidak lain dengan memberikan garis potong untuk memudahkan orang lain memahami maksud dan tujuan gambar Anda. Karena bagaimana pun juga dari sketsa gambar mentah tersebut akan terbentuk hunian yang nantinya akan Anda tinggali setiap hari. Membangun rumah bagi beberapa orang terasa sangat menyenangkan apalagi jika memahami betul bagaimana cara menggambar denah gambar rumah. Bagi yang belum tahu, bisa simak kembali tips dan cara buat gambar rumah di atas.

Source : asdar.id
 

Semua dijelaskan secara sistematis sehingga orang awam pun memahaminya. Contoh sketsa gambar rumah minimalis bisa Anda temukan di internet, tapi jangan jadikan desain jadi tersebut sebagai patokan. Terlebih jika Anda memiliki impian untuk membangun sendiri rumah minimalis Anda tanpa menduplikasi karya desain orang lain.

Deskripsi: Merencanakan membangun rumah dalam waktu dekat membuat Anda tertarik untuk belajar cara gambar rumah minimalis yang benar. Bagaimana caranya?

Leave a comment

× Whatsapp Kami Disini Available from 08:00 to 18:00