biaya renovasi rumah per meter

Komponen Penting Yang Termasuk Dalam Biaya Renovasi Rumah Per Meter

Selain pembangunan rumah ada hal lain yang biasanya memerlukan perkiraan yang baik yakni renovasi. Dalam hal ini dibutuhkan anggaran untuk biaya renovasi rumah per meter agar tidak membengkak. Apalagi jika yang dibutuhkan untuk direnovasi cukup banyak dan memerlukan material yang mahal. Hal ini harus benar-benar diperhatikan penggunaannya.

 

Komponen Penting Yang Termasuk Dalam Biaya Renovasi Rumah Per Meter

1. Biaya tambahan

Komponen yang satu ini banyak ditinggalkan dan tidak dimasukkan ke dalam anggaran. Padahal biaya tambahan inilah yang menyelamatkan pembengkakan biaya renovasi dari tujuan utamanya. Biaya dari anggaran tambahan ini bisa mencukupi biaya di luar anggaran yang telah ditetapkan.

Sebagaimana yang diketahui bahwa dalam proses renovasi juga terkadang ada kendala yang menghambat. Seperti contohnya kecelakaan dari tenaga kerja, kerusakan material yang digunakan, keterlambatan barang baku sampai dengan bencana alam. Ketika terjadi secara tiba-tiba tentu biaya yang dibutuhkan bingung harus dari mana. Dengan adanya biaya tambahan ini menyelamatkan Anda dari hutang yang menumpuk.

2. Renovasi untuk bangunan dan tanah

Umumnya hal ini dilakukan bagi seseorang yang berniat memperluas area dari tanah dan bangunannya. Bisa juga digunakan untuk menggabungkan dua lebar tanah menjadi satu area karena sudah berubah hak milik. Untuk menghitung anggarannya Anda tidak perlu bingung.

Yang perlu difokuskan adalah menghitung ukuran dari penambahan lebar bangunan dan tanah yang digunakan. Hal ini berkaitan dengan harga murni tanah di luar dari material yang dibutuhkan untuk melebarkannya. Caranya adalah ukur terlebih dahulu tambahan tanah yang dibutuhkan. Kemudian ketahui harga pasaran dari tambahan ukuran tanah tersebut.

Seperti contohnya ukuran tambahan tanah yang dibutuhkan adalah sekitar 20 m2. Kemudian harga pasaran tanah di lokasi tersebut adalah sekitar 5 jutaan permeter persegi. Untuk mengetahui hasil akhirnya maka bisa langsung dikalikan antara keduanya. Maka diperoleh hasil akhirnya 100 jutaan untuk biaya renovasi rumah per meter terbaru.

3. Biaya material

Komponen inilah yang biasanya banyak menghabiskan anggaran yang dimiliki karena banyak yang harus dibeli. Apalagi jika renovasi yang dibutuhkan banyak digunakan untuk memperkuat kondisi rumah. Jika hanya untuk keperluan dekorasi dan penataan ruangan saja tidak akan habis banyak.

Umumnya banyak yang menggunakan sistem borongan penuh yakni menggunakan material lengkap dengan tenaga kerjanya. Cara ini dianggap lebih ringan dan praktis untuk menyelesaikan tanggungan pembangunannya. Harganya juga sudah termasuk mandor dan kontraktor yang tergabung di dalamnya.

Harga yang ditetapkan ini sudah masuk dalam standar SNI untuk membuat gedung dan bangunannya aman saat digunakan. Ukuran rumah satu lantai biasanya harga renovasinya tidak sampai dengan tarif 4 jutaan. Harga ini sudah bisa digunakan untuk renovasi rumah dua lantai. Bahkan bisa juga mencapai angka 8 jutaan jika banyak komponen yang harus diperhatikan.

4. Tenaga kerja

Hal yang menjadi komponen terakhir untuk perhitungan biaya renovasi rumah per meter termudah adalah mengenai tenaga kerja. Ada beberapa pilihan yang bisa digunakan tergantung keinginan penggunanya. Pilihan pertama adalah untuk keperluan sistem borongan penuh. Harganya antara 4 sampai 8 jutaan saja namun sudah mencakup material dan tenaga kerjanya.

Pilihan kedua berupa borongan jasa biasanya Anda bisa meminta tolong mandor untuk mencarikan borongan jasanya. Kisaran yang perlu dikeluarkan antara 600 sampai 800 ribuan. Tenaga kerja yang didapatkan juga tidak hanya satu namun sekelompok orang sehingga prosesnya jauh lebih cepat.

Pilihan terakhir adalah tukang harian, jika renovasi yang dibutuhkan hanya sekedar mengecat atau pembenaran pipa ini bisa menjadi pilihan. Anda perlu mengeluarkan budget mulai 70 ribuan sampai dengan 200 ribuan perharinya. Hitungan ini berlaku untuk satu pekerja saja kemudian jika membutuhkan lebih dari satu cukup dikalikan saja.

 

Baca Juga: 5 Tips Renovasi Rumah Type 36 Agar Terlihat Luas

 

Ide Kreatif Untuk Renovasi Rumah Sederhana

Terkadang seseorang bingung apa yang harus dilakukan untuk membuat rumahnya menjadi lebih bagus dan fungsional. Namun Anda tidak perlu khawatir cobalah lihat beberapa ide kreatif untuk renovasi rumah seperti di bawah ini:

1. Space kosong

Jika dalam rumah masih ada space kosong dan belum digunakan secara fungsional maka bisa dimaksimalkan dalam renovasi. Cobalah berpikir sejenak ruangan apa yang belum ada dalam rumah atau ruangan apa yang dibutuhkan dalam fungsi lainnya. Biasanya seseorang menggunakan space ini untuk ruang musik, ruang kerja, kamar tamu atau kamar mandi.

Selain rekomendasi space untuk fungsi tersebut Anda bebas menggunakannya sesuai keinginannya. Rumah dengan ruangan yang fungsional lebih memberikan sisi kenyamanan dan selaras. Dari pada membiarkan space tanpa fungsi yang jelas untuk digunakan.

2. Taman

Jika memang tempat space kosongnya berada di luar ruangan maka bisa juga dimanfaatkan untuk membuat taman. Taman ini bisa diisi dengan bunga cantik atau tanaman lain yang disukai. Ada juga yang menggunakan biaya renovasi rumah per meter 2021 untuk membuat kolam.

Sebenarnya pembuatan taman ini tidak banyak persiapan untuk menyiapkan tempatnya. Hanya saja untuk ke depannya membutuhkan biaya yang lebih banyak untuk perawatan bunga dan tanahnya. Jadi memang harus dipertimbangkan sisi fungsional dan juga ke depannya nanti.

3. Tanaman hias

Memiliki space yang tidak terlalu banyak tentu bingung harus diapakan untuk membuatnya lebih penuh. Renovasi yang bisa digunakan untuk space ini adalah membuatnya sebagai tempat tanaman hias. Tanaman ini tidak banyak memerlukan perawatan namun memberikan keindahan yang lebih baik saat digunakan.

Anda juga bisa memilih tipe tanaman hias apa saja baik yang asli maupun plastik. Hal ini tentu suatu yang wajar ketika menggunakan tanaman hias asli maka keasriannya akan terpancar dengan baik. Sementara tanaman hias yang palsu banyak dipakai untuk mengatasi space kecil di dalam ruangan.

4. Atap

Atap adalah bagian yang krusial dalam rumah sehingga kondisinya harus diperhatikan. Jika Anda berencana untuk melakukan renovasi maka jangan lupa untuk melihat kondisi atap terlebih dahulu. Ketika kondisinya sudah memerlukan perbaikan maka lebih baik renovasi difokuskan untuk memperbaiki atap.

Atap menentukan ada tidaknya air hujan yang menyebabkan kebocoran dalam rumah. Atap yang bocor membuat banyak serangga atau hewan lain masuk dengan mudah ke dalam rumah. Kondisi ini akan membuat rumah menjadi kumuh dan tidak nyaman untuk ditempati.

5. Lantai

Selain atap bagian lantai juga perlu diperhatikan. Ada kalanya ketika proses pembangunannya asal-asalan membuat keramiknya mudah pecah dan tidak estetik. Kondisi ini tentu mempengaruhi pemandangan rumah secara keseluruhan.

Sehingga ketika ada budget untuk renovasi bisa diganti dengan keramik yang lebih bagus dengan penataan yang benar. Apalagi jika keramiknya berada di luar rumah dan sering terjamah oleh tamu. Kondisi ini membuat keindahan rumah menjadi berkurang.

Pentingnya melakukan anggaran dalam biaya renovasi rumah per meter membantu Anda untuk mendapatkan rincian yang sesuai. Dengan begitu Anda tidak akan kalap untuk melakukan renovasi yang sekiranya belum begitu penting. Untuk renovasinya Anda bisa menggunakan Jasa Renovasi Rumah Bintoro dengan menghubungi kami di (021) 2179 8956 atau 0813 4000 8080 serta melalui email di [email protected] sekarang juga.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini