Model Pemasangan Plafon PVC yang Bisa Dicoba Sendiri

Plafon degan bahan PVC saat ini sedang banyak digunakan. Hal ini juga karena bahan PVC termasuk jenis bahan yang memiliki berbagai macam keunggulan. Namun banyak orang yang masih tidak mengerti mengenai model pemasangan plafon PVC.

Proses dan cara pemasangan plafon tersebut harus bisa dilakukan dengan baik. Tujuannya agar plafon tersebut tidak mendatangkan kerugian karena proses pemasangannya yang salah. Untuk itu berikut adalah proses memasang plafon PVC dengan baik.

model pemasangan plafon pvc

Model pemasangan plafon PVC yang bisa dicoba sendiri

 

1. Menyiapkan bahan dan alat

Pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan selama proses pemasangan. Penggunaan bahan dan alat ini termasuk wajib jadi jangan sampai ada satu bahan atau alat yang tidak Anda gunakan.

    • Kabel dan stop kontak
    • Palu
    • Meteran
    • Siku dan gerinda
    • Pemotong atau cutter
    • Mata bor untuk membantu memasang sekrup
    • Bor dengan ukuran 10 mm
    • Alat pelindung (jika diperlukan)
    • Waterpass selang
    • Sekrup yang berguna untuk memasang kerangka hollow
    • Paku biasa
    • Plafon PVC dengan kualitas yang bagus
    • Rangka plafon, bisa menggunakan bahan besi hollow atau kayu.

 

2. Pemasangan rangka

Pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemasangan rangka. Ukur dan tandai terlebih dulu ketinggian kerangka tempat plafon yang akan Anda pasang. Usahakan agar Anda tidak sampai melebihi ring balok karena bagian ini adalah bagian tembok yang paling keras dimana bisa menyebabkan paku menjadi bengkok.

Agar hasilnya bisa rata dan sejajar, Anda bisa menggunakan waterpass selang. Untuk ketinggian plafon sebaiknya bisa lebih dari 3 meter. Semakin tinggi maka juga akan semakin bagus. Pasang dengan hati-hati dan pastikan juga agar pemasangannya bisa sesuai dengan tanda yang sudah Anda buat.

 

Baca Juga : 10 Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat yang Rapi dan Kuat

 

3. Tahap list profil

Cara model pemasangan plafon PVC yang selanjutnya adalah pada bagian list profil. List tersebut nantinya akan Anda pasang pada bagian kerangka bawah yang sebelumnya sudah dibuat. Anda bisa menggunakan gergaji atau alat pemotong lainnya untuk memotong profil PVC dan lakukan pemotongan pada bagian sudut.

List yang sudah dipotong sesuai dengan ukurannya maka bisa Anda pasang menggunakan bor dan sekrup. Untuk jarak antar sekrupnya bisa sekitar 30 sampai 50 cm.

4. Tahap papan

Cara yang selanjutnya adalah memasang plafon pada tahapan papan. Dalam pemasangan papan ini harus Anda lakukan dengan teliti dan kesabaran. Hal ini karena proses pemasangannya harus dilakukan dengan cara satu persatu atau per lembar. Untuk pemasangannya bisa menggunakan bor dan sekrup yang sebelumnya sudah Anda siapkan.

Agar proses pemasangannya bisa lebih mudah, maka mulai dari satu sisi bagian tepi tembok dan masukkan pada list yang sudah terpasang. Kemudian pasang dan satukan menggunakan sekrup dan bor dengan kencang. Tujuannya agar papan tidak mudah bocor dan bisa lebih kuat.

5. Bersihkan sisa pemasangan

Jika Anda sudah selesai menutup bagian atap dengan semua lembaran plafon PVC, maka plafon sudah terpasang dengan baik dan benar. Tahap yang terakhir dalam model pemasangan plafon PVC dengan benar adalah dengan membersihkan sisa proses pemasangannya.

Biasanya selama proses pemasangan, akan meninggalkan partikel yang bisa berbahaya bila terkena mata atau terkena kaki karena biasanya partikel tersebut memiliki bentuk yang runcing.

Kelebihan dan kekurangan plafon PVC

Plafon dengan bahan PVC memang cukup banyak digunakan. Akan tetapi penting juga untuk Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan bahan plafon tersebut:

• Tahan api

Kelebihan yang pertama adalah bahan ini memiliki sifat yang tahan api. Hal ini juga dikarenakan kandungan bahannya yang menggunakan klorin. Bahan yang tahan api ini akan sangat bermanfaat guna menghindari risiko ketika terjadi kebakaran.

Kemungkinan besar plafon tersebut akan tetap bertahan walaupun terkena api. Sehingga untuk di dalam rumah juga mengurangi risiko plafon yang runtuh karena terkena api.

• Memiliki motif

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa plafon dengan bahan PVC ini ternyata juga memiliki kelebihan dimana terdapat motif. Bahkan ada berbagai macam pilihan motif yang bisa Anda gunakan. Adanya motif ini juga sekaligus bisa membantu untuk mendekorasi ruangan agar tampilannya bisa lebih menarik.

• Biaya perawatan yang hemat

Biasanya plafon bisa tetap terkena debu dan juga kotoran. Namun kebanyakan kotoran yang menempel hanya seperti debu atau sarang laba-laba. Penggunaan plafon dengan bahan ini akan lebih memudahkan Anda dalam hal perawatan. Anda hanya perlu membersihkan kotoran tersebut menggunakan sapu saja. Dengan begitu Anda juga lebih menghemat biaya untuk perawatannya.

• Anti rembes dan bocor

Fungsi dari model pemasangan plafon dengan bahan PVC untuk pemula adalah untuk membatasi agar Anda tidak secara langsung berhadapan dengan atap yang terbuka. Selain itu juga untuk mencegah tikus yang berkeliaran agar tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Penggunaan plafon dengan bahan ini memiliki kelebihan dimana bahannya yang anti bocor dan anti rembes. Hal ini tentunya sangat bagus terutama untuk kondisi cuaca seperti curah hujan yang tinggi dimana bisa meningkatkan risiko rumah yang bocor. Jadi jika Anda menggunakan plafon dengan bahan PVC maka rumah Anda bisa terhindar dari bocor.

• Tidak perlu dicat

Kelebihan yang selanjutnya adalah bahan PVC ini jika sudah Anda pasang, maka tidak perlu melakukan pengecatan kembali. Warna dari plafon PVC yang sudah putih membuat Anda tidak perlu mengecat ulang lagi. Hal ini secara langsung juga tidak akan merepotkan Anda dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi untuk membeli cat.

• Tidak berjamur

Beberapa orang mungkin akan merasa khawatir apakah plafon yang dipilih tersebut bisa menyebabkan jamur atau tidak. Namun berbeda jika Anda menggunakan plafon berbahan PVC. Plafon ini memiliki kelebihan yang anti jamur.

Hal ini juga dikarenakan bahan ini tidak mudah bocor dan tidak rembes dimana jika plafon mudah bocor maka akan meningkatkan tingkat kelembapannya. Kondisi yang lembap itulah nantinya yang akan menyebabkan plafon menjadi berjamur dan kurang tahan lama.

• Cepat panas

Di samping kelebihan, juga ada kekurangan dari bahan plafon ini. Ruangan Anda bisa terasa lebih panas jika menggunakan plafon PVC. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ruangan yang panas tersebut karena jarak pemasangan plafon yang hanya kurang dari 3 m saja.

Untuk itu sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebaiknya ketinggian untuk memasang plafon PVC tersebut bisa lebih dari 3 m. Selain lebih aman, ruangan juga tidak akan terasa lebih panas jika Anda memasangnya cukup tinggi.

Demikian artikel mengenai model pemasangan plafon PVC yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi jika Anda tetap merasa kesulitan saat pasang plafon, dapat minta bantuan jasa kontraktor Bintoro Build untuk memasangkan plafon dengan rapi dan baik terutama dengan material PVC.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini