biaya bangun rumah per meter

Rincian Biaya Bangun Rumah Per Meter Yang Harus Dipersiapkan

Dalam membangun sebuah rumah Anda harus memperhatikan biaya bangun rumah per meter agar tidak terlalu berat. Apalagi jika modal pembangunan yang dimiliki belum cukup banyak untuk mewujudkan impian rumahnya. Biaya pembangunan meliputi beberapa jenis yang nantinya digabung menjadi modal pembangunan rumahnya.

 

Rincian Biaya Bangun Rumah Per Meter Yang Harus Dipersiapkan

1. Biaya aksesoris

Pembangunan sebuah rumah jangan hanya fokus dengan biaya besarnya saja. Namun perhatikan juga biaya aksesoris yang harus dibayar dalam proses pembangunannya. Biaya ini bisanya digunakan untuk pembelian ornamen, hiasan sampai dengan dekorasi lainnya agar rumah lebih cantik.

Meskipun tidak wajib, agar nantinya tidak membengkak bisa menyisihkan paling tidak sebesar 10 persenan untuk keperluan ini. Biaya aksesoris ini juga digunakan untuk menalangi hal-hal tidak diinginkan selama proses pembangunan untuk biaya bangun rumah per meter terpercaya.

Banyak yang meremehkan keberadaan dari biaya ini dan mereka mulai kebingungan saat membutuhkan. Alhasil harus mencari modal dari sumber lainnya untuk bisa memenuhi biaya ini.

2. Tenaga kerja

Biaya berikutnya yang harus diperhatikan adalah upah untuk seluruh tenaga kerja yang andil di dalamnya. Tenaga kerja dibedakan menjadi sistem borongan dan harian sesuai dengan keperluannya. Sistem borongan paling banyak dipilih agar tidak ribet memilih tenaga ahli dan biaya lebih murah.

Untuk sistem borongan biasanya membutuhkan dana sekitar 600 ribuan sampai 5 jutaan bagi yang termahal. Harga ini murni untuk membayar pekerjaan dari tenaga tersebut tidak termasuk pembelian materi. Hitungannya adalah per meterpersegi dari garapan bangunan yang selesai.

Sementara untuk pekerja harian membutuhkan kepiawaian untuk memilih tenaga yang benar-benar ahli dalam bidangnya. Biaya per orangnya juga cukup mahal sekitar 100 ribuan sampai 200 ribuan dalam sehari. Tenaga ini cocok digunakan untuk rumah yang kecil dan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja.

Anda harus memperhatikan keperluannya sesuai banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dalam proyek rumahnya. Untuk sistem borongan jelas mampu menyelesaikan rumah lebih cepat sesuai kontrak dan bayaran yang disetujui. Sementara untuk biaya harian lebih membengkak karena tidak tentu kapan bangunan tersebut selesai dibangun.

 

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

 

3. Bangunan dan luas tanah

Biaya selanjutnya yang penting dalam biaya bangun rumah per meter terbaru adalah harga bangunan dan luas tanah. Semakin luas sebuah tanah maka bangunan yang dibutuhkan juga harus seimbang. Anda perlu juga mencari tanah dengan luas sesuai budget yang dimiliki.

Seperti contohnya ketika membeli tanah seluas 50 meter persegi sementara harga tanah pasarannya adalah 3 jutaan Anda tinggal mengalikannya saja. Jadi 50 meter persegi dikali 3 jutaan hasilnya adalah 150 jutaan. Ini masih biaya untuk pembelian tanahnya saja belum pembelian bahan untuk pembangunan rumah.

Dalam membangun sebuah rumah membutuhkan pasir, semen, bata sampai dengan cat tembok untuk finishing. Buatlah anggaran yang jelas mengenai apa yang akan dibeli dari yang terkecil sampai yang penting. Dengan begitu budget pembuatan rumahnya bisa diperkirakan dengan baik. Anggaran ini menyelamatkan Anda dari memberi barang yang sekiranya kurang dibutuhkan untuk rumahnya.

Tips Membuat Pembangunan Menjadi Hemat

Setelah mengenal beberapa biaya yang harus dibayar dalam proses pembangunan rumah, Anda bisa melihat tips menghemat biaya sebagai berikut:

1. Lakukan bertahap

Jika modal yang dimiliki untuk membangun rumah memang cukup minim maka alternatif yang bisa dilakukan adalah proses pembangunan berkala. Dalam hal ini Anda memang harus mendahulukan ruangan dan hal lain yang krusial agar rumah bisa ditempati.

Sementara hal-hal lainnya akan menyusul ketika sudah ada modal lagi. Biasanya hal ini berlaku untuk pembangunan rumah dua lantai atau satu lantai dengan banyak ruang di dalamnya.

Anda bisa mendahulukan pembangunan untuk kamar tidur, kamar mandi dan satu dapur. Sementara ruangan lainnya menunggu adanya modal lagi baru dibangun. Tahapannya juga berlaku untuk pemasangan keramik dan juga cat dinding dalam ruangan.

2. Tentukan jasa

Dalam hal ini memang memberikan dampak krusial untuk biaya bangun rumah per meter terupdate. Tidak dipungkiri dalam proses pembangunan rumah, biaya tenaga memang merupakan hal paling mahal. Jadi tentukan ingin menggunakan borongan atau harian.

Untuk tips hemat dalam membangun rumah memang disarankan menggunakan sistem borongan saja. Mereka langsung dalam jumlah banyak sehingga rumahnya bisa cepat selesai sesuai kontraknya. Sementara ketika menggunakan harian dan perorangan Anda harus membayar dengan harga lebih mahal dan kinerjanya juga lama.

Berbeda jika rumahnya kecil atau hanya perlu melakukan renovasi ringan maka menggunakan jasa harian juga boleh. Terhitung lebih murah karena cukup sehari dua hari rumah sudah bisa ditempati.

3. Bahan lokal

Untuk meminimalisir pengeluaran biaya pembangunan rumah disarankan menggunakan bahan bangunan lokal saja. Saat ini sudah banyak bahan lokal yang memiliki kualitas bagus namun harganya terjangkau.

Jadi hal ini akan membuat biaya impor Anda menjadi berkurang. Pilih saja bahan yang sekiranya memang tidak ada jadi bisa melakukan impor. Untuk hal ini jangan lupa melakukan survey pada masing-masing toko bangunan rekomendasi teman.

Kemudian bandingkan harga borongan yang diberikan dan pilihan alternatif yang memberi penawaran lebih murah. Biasanya ketika seseorang membeli dalam jumlah banyak maka harganya juga lebih murah.

Pertimbangkan juga transportasi pengangkutan material menuju lokasi pembangunan. Cari toko yang memberikan fasilitas ini dengan jarak yang mudah ditempuh. Hal ini akan mempercepat proses pembangunan rumah tanpa terkendala kurangnya bahan baku. Pastikan juga stoknya masih melimpah jadi tidak perlu khawatir jika kekurangan.

4. Diskusikan

Jangan lupa berdiskusi dengan toko material yang diinginkan. Diskusi dengan sama-sama untung akan membuat pihak toko mau bekerja sama. Ketika sudah deal mereka biasanya memberikan banyak potongan harga dan bonus untuk Anda. Apalagi jika sudah kenal dengan toko bangunannya.

Maka dari itu cari tahu testimoni orang-orang yang pernah berbelanja di toko tersebut. Jika kebanyakan memberikan respons puas dan bagus maka bisa dicoba. Namun jika kebanyakan tidak puas lebih baik mencari lainnya saja. Hal ini akan mempengaruhi proses kerja sama ke depan nantinya.

5. Minimalis desain

Alternatif berikutnya agar biaya tidak banyak adalah menggunakan rumah dengan desain minimalis. Rumah ini tidak membutuhkan banyak model bahkan ukurannya juga kecil.

Anda hanya perlu fokus untuk membangun ruangan inti dan tambahan jika diperlukan. Selain itu hiasa dalam ruangan juga tidak terlalu rinci layaknya rumah klasik atau gaya kontemporer lainnya.

6. Pertimbangkan

Dalam membuat sebuah anggaran atau keputusan dalam membangun rumah jangan lupa selalu pertimbangkan. Ikuti kata hati dan cek keuangan secara berkala. Hal ini akan membuat Anda lebih peka terhadap perputaran uang dalam pembangunannya. Keluar masuknya uang harus dicatat dengan baik agar mudah dicek nantinya.

Dalam perhitungan biaya bangun rumah per meter ini sangat membantu mengetahui biaya akhir pembangunannya. Anda tidak akan merasa terlalu berat jika sudah memiliki anggaran pasti mengenai biaya modal rumahnya.

Jika Anda sedang berniat membangun rumah dan sedang mencari kontraktor bisa langsung hubungi Bintoro Build dengan cara Klik Disini.

Leave a comment

×

Assalamualaikum!

Pilih salah satu customer service kami dibawah ini untuk chat melalui whatsapp atau kirim kami email ke [email protected]

× Whatsapp Kami Disini